10 Tempat Dalam Alkitab Yang Wajib Kamu Ketahui

yerusalem

Israel telah lama dikenal sebagai “Tanah Alkitab” dan memiliki tempat yang religius serta penuh dengan sejarah. Dan berikut ini adalah sepuluh tempat yang wajib kamu ketahui, syukur-syukur kalau kamu bisa berkunjung juga. Mau tahu apa saja tempatnya? Berikut adalah ulasannya.

Tembok Barat

tembok-barat

Tembok Barat dianggap oleh banyak orang sebagai tempat tersuci dalam agama Yahudi. Tembok barat atau Kotel HaMaaravi dalam Bahasa Ibrani  adalah sisa terakhir dari kuil Yahudi kedua. Kuil ini diperluas oleh Raja Herodes, dan tembok kuno ini telah menyerap seruan dan doa dari orang-orang Yahudi.

Gereja Makam Suci

gereja-makam-suci

Sewaktu kamu melanjutkan perjalanan spiritual ke Israel, Gereja Makam Suci tak boleh terlewatkan. Tempat ini berisi Kalvari dimana Yesus dari Nazaret disalibkan, dan Makam Kristus dimana Ia dikuburkan dan bangkit dari kematian. Artistektur gereja ini begitu megah dan kokoh. Hingga sekarang gereja yang terletak di Yerusalem ini masih aktif dan ramai dikunjungi oleh masyarakat lokal maupun asing.

Gunung Tabor

gunung-tabor

Puncak Gunung Tabor ada diketinggian 575 mdpl atau bisa dibilang Gunung inilah yang menaungi Galilea. Di tempat ini juga Yesus menjalani transfigurasi dan menjadi bersinar dalam kemuliaan. Setelah mendaki gunung, tidak ada salahnya jika kamu mengunjungi Gereja Transfigurasi yang berisi mosaic indah didalamnya.

Bukit Zaitun

bukit-zaitun

Bukit Zaitun adalah situs penting dalam tradisi Yahudi dan Kristen. Gunung ini berfungsi sebagai tempat pemakaman orang-orang Yahudi selama 3000 tahun. Disana juga terdapat kuburan para nabi sperti Nabi Hagai, Zakharia, Maleakhi serta banyak tokoh rabbi terkenal lainnya. Bukit Zaitun disebutkan dalam Perjanjian Baru sebagai tempat dimana Yesus berdiri dan menangis di Yerusalem.

Lembah Elah

lembah-elah

Terletak diantara Bukit Bawah di Yehuda, disinilah pertempuran antara Daud dan Goliat terjadi. Lembah ini diberi nama sesuai pohon terebinth. Disini pengunjung bisa berjalan melewati ladang yang ditutupi anemon merah, bunga matahari, dan lupin warna-warni.

Danau Galilea

Danau Galilea

Kujungan ke Israel tidak akan lengkap jika tidak ke Danau Galilea dan terutama berlaku bagi kamu yang ingin mengenal tempat dimana sebagian besar pelayanan Yesus berlangsung. Empat rasul direkrut ditepi danau ini, dan disinilah Yesus berkhotbah kepada rasul-rasulnya. Banyak mujizat yang disebutkan dalam Perjanjian Baru, Termasuk Yesus berjalan diatas air dan saat Yesus memberi makan orang banyak.

Sungai Yordan

sungai-yordan

Danau Galilea tidak akan ada tanpa Sungai Yordan. Orang-orang Israel kuno pertama kali menyebrang dekat Yerikho dibawah kepemimpinan Yosua, dan keajaiban Naaman si kusta, Elia dan Elisa yang tercatat dalam Alkitab. Tak hanya itu saja, Yesus juga dibabtis di sungai ini.

Gunung Sodom

gunung-sodom

Pemusnahan kota Sodom, seperti yang disampaikan Alkitab, adalah sebuah cerita yang menyebabkan nama kota tersebut menjadi identic dengan dosa dan penghancuran. Gunung Sodom yang hampir seluruhnya terdiri dari garam dan batu, terletak di sisi barat daya Laut Mati. Dan jika berkujung kesini, pastikan untuk melihat ‘Istri Lot’ yang disana untuk selamanya sebagai tiang garam.

Hebron

hebron

Kota Hebron memiliki sejarah yang kaya bagi orang-orang Yahudi. Dan disinilah Daud memerintah selama tujuh tahun sebelum menjadi Raja atas Israel. Disini pula Abraham dan Sarai, Ishak dan Rebecca, Yakub dan Lea dimakamkan, tepatnya di gua para leluhur. Menurut tradisi Yahudi, para leluhur dimakamkan dalam gua karena merupakan ambang batas menuju Taman Eden.

Betlehem

bethlehem

Kota kuno Betlehem pertama kali disebutkan dalam Alkitab sebagai tempat makam Rachel saat melahirkan Benjamin. Pada Perjanjian Baru, mengindentifikasi kelahiran Yesus terjadi di Betlehem. Church of the Nativity atau Gereja Kelahiran Yesus adalah salah satu gereja Kristen tertua yang masih ada dan selalu menarik perharian peziarah Kristen selama berabad-abad. Setelah berjalan masuk melalui pintu kecil di gereja, yang dikenal sebagai Pintu Kerendahan Hati dan mengikuti jalur melewati mosaic dinding, kamu bisa menemukan gua kelahiran Yesus. Tempat yang telah dihormati dimana Kristus lahir.

Tidak ada salahnya bukan untuk mengunjungi tempat-tempat bersejarah yang banyak menceritakan tentang Yesus, Tuhan kita. Selain untuk berlibur, kita juga dapat mengetahui tempat-tempat di Israel dimana Yesus melayani. Dan tentu saja, hal itu dapat memperkuat iman dan percaya kita kepada Yesus. Setelah mengetahui beberapa situs di Israel yang menakjubkan dan memberikan kepada kita banyak pengetahuan tentang Yesus, ada yang berminat untuk pergi berlibur ke Israel ? Semoga menginspirasi!

 

Like This!
Berikan Komentar

Trending

To Top