25 Ayat Alkitab Untuk Hadapi Setiap Masalah

ayat-alkitab-untuk-hadapi-masalah

Saat keadaan baik-baik saja, kita dapat dengan mudah mengucapkan rasa syukur dan berterima kasih atas kebaikan Tuhan. Namun, ketika masalah mulai mendera dan beraneka ragam rintangan mulai menyerang, di situlah iman kita sedang diuji.

Bahkan, ada kalanya kita mengalami dehidrasi iman sampai-sampai melupakan keberadaan Tuhan dalam hidup kita. Nah, kalau sudah begini, kita harus segera datang dan meminta pertolongan Tuhan, sebab hanya Dia jalan keluar dari setiap masalah yang kita alami.

Untuk mengatasi sebuah pencobaan, Tuhan sejatinya telah membekali kita dengan “pusaka sakti” yang sanggup memberikan kekuatan untuk mengalahkan setiap masalah. Apakah itu? Ya, itu adalah Alkitab. Di dalam Alkitab kamu akan menemukan ayat-ayat penuh kekuatan dan penuh solusi, seperti halnya 25 ayat berikut ini. Kamu dapat membaca 25 ayat ini ketika kamu menghadapi masalah.

Tuhan adalah Tempat Perlindungan Kita

Masalah boleh menyerang hidupmu, tetapi Tuhan akan terus melindungimu. Ayat-ayat berikut ini akan membuktikannya.

1. Mazmur 46: 1

“Untuk pemimpin biduan. Dari bani Korah. Dengan lagu: Alamot. Nyanyian. Allah itu bagi kita tempat perlindungan dan kekuatan, sebagai penolong dalam kesesakan sangat terbukti”

2. Nahum 1: 7

“TUHAN itu baik; Ia adalah tempat pengungsian pada waktu kesusahan; Ia mengenal orang-orang yang berlindung kepada-Nya”

3. Mazmur 9: 9-10

“Demikianlah TUHAN adalah tempat perlindungan bagi orang yang terinjak, tempat perlindungan pada waktu kesesakan. Orang yang mengenal nama-Mu percaya kepada-Mu, sebab tidak Kautinggalkan orang yang mencari Engkau, ya TUHAN”

4. Mazmur 59:16

“Tetapi aku mau menyanyikan kekuatan-Mu, pada waktu pagi aku mau bersorak-sorai karena kasih setia-Mu; sebab Engkau telah menjadi kota bentengku, tempat pelarianku pada waktu kesesakanku.”

5. Mazmur 62: 8

“Percayalah kepada-Nya setiap waktu, hai umat, curahkanlah isi hatimu di hadapan-Nya; Allah ialah tempat perlindungan kita.”

Berdoa, Berdoa dan Berdoa

wanita-berdoa

Berdoa adalah cara terbaik untuk menceritakan keluh kesahmu kepada Tuhan. Jangan sungkan untuk curhat kepada-Nya.

6. Mazmur 91:15

“Bila ia berseru kepada-Ku, Aku akan menjawab, Aku akan menyertai dia dalam kesesakan, Aku akan meluputkannya dan memuliakannya.”

7. Mazmur 50:15

“Berserulah kepada-Ku pada waktu kesesakan, Aku akan meluputkan engkau, dan engkau akan memuliakan Aku.”

8. Mazmur 145: 18

“TUHAN dekat pada setiap orang yang berseru kepada-Nya, pada setiap orang yang berseru kepada-Nya dalam kesetiaan.”

9. Mazmur 34: 17-18

“Apabila orang-orang benar itu berseru-seru, maka TUHAN mendengar, dan melepaskan mereka dari segala kesesakannya. TUHAN itu dekat kepada orang-orang yang patah hati, dan Ia menyelamatkan orang-orang yang remuk jiwanya.”

10. Yakobus 5:13

“Kalau ada seorang di antara kamu yang menderita, baiklah ia berdoa! Kalau ada seorang yang bergembira baiklah ia menyanyi!”

Selalu Bersukacita

happy-woman

Hati yang gembira adalah obat yang manjur. Tetaplah bersukacita, karena masalah yang ada tidak sebanding dengan kebaikan yang Tuhan berikan. Ayat-ayat ini akan mengajakmu untuk bersukacita.

11. Roma 5: 3-5

“Dan bukan hanya itu saja. Kita malah bermegah juga dalam kesengsaraan kita, karena kita tahu, bahwa kesengsaraan itu menimbulkan ketekunan, dan ketekunan menimbulkan tahan uji dan tahan uji menimbulkan pengharapan. Dan pengharapan tidak mengecewakan, karena kasih Allah telah dicurahkan di dalam hati kita oleh Roh Kudus yang telah dikaruniakan kepada kita.”

12. Yakobus 1: 2-4

“Saudara-saudaraku, anggaplah sebagai suatu kebahagiaan, apabila kamu jatuh ke dalam berbagai-bagai pencobaan, sebab kamu tahu, bahwa ujian terhadap imanmu itu menghasilkan ketekunan. Dan biarkanlah ketekunan itu memperoleh buah yang matang, supaya kamu menjadi sempurna dan utuh dan tak kekurangan suatu apapun.”

13. Roma 12:12

“Bersukacitalah dalam pengharapan, sabarlah dalam kesesakan, dan bertekunlah dalam doa!”

14. 2 Korintus 4:17

“Sebab penderitaan ringan yang sekarang ini, mengerjakan bagi kami kemuliaan kekal yang melebihi segala-galanya, jauh lebih besar dari pada penderitaan kami.”

Ayat Pengingat

Ayat-ayat ini akan mengingatkanmu akan hal-hal yang wajib kamu percaya dan lakukan.

15. Amsal 11: 8

“Orang benar diselamatkan dari kesukaran, lalu orang fasik menggantikannya.”

16. Matius 6: 33-34

“Tetapi carilah dahulu Kerajaan Allah dan kebenarannya, maka semuanya itu akan ditambahkan kepadamu. Sebab itu janganlah kamu kuatir akan hari besok, karena hari besok mempunyai kesusahannya sendiri. Kesusahan sehari cukuplah untuk sehari.”

17. Yohanes 16:33

“Semuanya itu Kukatakan kepadamu, supaya kamu beroleh damai sejahtera dalam Aku. Dalam dunia kamu menderita penganiayaan, tetapi kuatkanlah hatimu, Aku telah mengalahkan dunia”

18. Roma 8:35

“Siapakah yang akan memisahkan kita dari kasih Kristus? Penindasan atau kesesakan atau penganiayaan, atau kelaparan atau ketelanjangan, atau bahaya, atau pedang?”

Tuhan adalah Sumber Penghiburan

Tuhan adalah kasih. Dia akan memberimu penghiburan ketika kamu merasa sedih, kecewa, marah atau apapun itu. Datanglah kepada-Nya, Dia akan memberimu kelegaan.

19. Yesaya 40: 1

“Hiburkanlah, hiburkanlah umat-Ku, demikian firman Allahmu”

20. 2 Korintus 1:3-4

“Terpujilah Allah, Bapa Tuhan kita Yesus Kristus, Bapa yang penuh belas kasihan dan Allah sumber segala penghiburan, yang menghibur kami dalam segala penderitaan kami, sehingga kami sanggup menghibur mereka, yang berada dalam bermacam-macam penderitaan dengan penghiburan yang kami terima sendiri dari Allah.”

Tuhan Tidak Akan Meninggalkan Kita

Kamu memiliki Tuhan yang begitu setia. Dia tidak pernah meninggalkanmu sedetik pun. Ayat berikut ini akan menegaskan hal itu.

21. Yesaya 41:10

“janganlah takut, sebab Aku menyertai engkau, janganlah bimbang, sebab Aku ini Allahmu; Aku akan meneguhkan, bahkan akan menolong engkau; Aku akan memegang engkau dengan tangan kanan-Ku yang membawa kemenangan.”

22. Mazmur 94:14

“Sebab TUHAN tidak akan membuang umat-Nya, dan milik-Nya sendiri tidak akan ditinggalkan-Nya.”

23. Ibrani 13: 5-6

“Janganlah kamu menjadi hamba uang dan cukupkanlah dirimu dengan apa yang ada padamu. Karena Allah telah berfirman: “Aku sekali-kali tidak akan membiarkan engkau dan Aku sekali-kali tidak akan meninggalkan engkau. Sebab itu dengan yakin kita dapat berkata: “Tuhan adalah Penolongku. Aku tidak akan takut. Apakah yang dapat dilakukan manusia terhadap aku?” ”

Teladan Alkitab

Alkitab mencatat bahwa saat menghadapi masalah, Daud selalu berseru kepada Tuhan. Kamu perlu meneladani sikap Raja Daud yang terus mengandalkan Tuhan dalam hidupnya.

24. Mazmur 34: 6

“Orang yang tertindas ini berseru, dan TUHAN mendengar; Ia menyelamatkan dia dari segala kesesakannya.”

25. Mazmur 143:11

“Hidupkanlah aku oleh karena nama-Mu, ya TUHAN, keluarkanlah jiwaku dari dalam kesesakan demi keadilan-Mu!”

Bonus

Mazmur 46:10

“Diamlah dan ketahuilah, bahwa Akulah Allah! Aku ditinggikan di antara bangsa-bangsa, ditinggikan di bumi!”

Sobat itulah 25 Ayat yang akan menguatkan imanmu ketika masalah menyerang hidupmu. Jangan takut, karena kamu punya Allah yang jauh lebih besar dari masalah. Hadapilah masalah bersama dengan Dia! Tuhan Yesus memberkati.

Like This!
Berikan Komentar

Trending

To Top