Goresan luka di hati terkadang sulit untuk dilupakan. Apalagi luka tersebut berasal dari orang yang kita cintai. Sungguh sangat menyakitkan. Namun, terpuruk dengan dirundung rasa luka yang mendalam tidaklah baik untuk kehidupan kita.

Tentu kita tidak mau dikurung dalam ruangan gelap dengan perasaan sedih yang mendalam. Kita harus bangkit dan memulai kehidupan baru. Salah satu cara untuk mengobati rasa luka di hati adalah dengan mengampuni. Selain itu, kita juga harus berdamai dengan masa lalu. Lantas, mengapa kita harus mengampuni? Berikut ini adalah alasannya.

Mengampuni Meruntuhkan Rasa Sakit

memeluk-orangtua

Percaya atau tidak, mengampuni sanggup meminimalisir rasa sakit yang mendera hatimu. Banyak orang berpikir bahwa mengampuni berarti melupakan. Tapi menurut saya tidak, mengampuni bukan berarti melupakan kesalahan orang lain. Faktanya, kita akan selalu ingat kesalahan oran lain, apalagi jika itu sangat menyakitkan. Jadi, mengampuni adalah berdamai dengan kesalahan orang lain dan ketika kita mengingatnya kembali, hati kita sudah tidak sakit lagi. Dengan begitu mengampuni sanggup mengurangi bahkan meruntuhkan rasa sakit hati yang ada.

Karena Tuhan Sudah Mengampuni Kita

Tuhan-Yesus-Memeluk

Salah satu alasan megapa kita harus mengampuni adalah karena Tuhan Yesus telah mengampuni kita terlebih dahulu. Dosa yang ada dalam diri kita telah dibuang melalui kasih Tuhan dan pengorbanan-Nya diatas kayu salib. Dia telah mengampuni kita dengan kasih yang tulus. Karena Tuhan telah mengampuni kita adakah alasan kita untuk tidak mengampuni orang lain?

Kita Juga Butuh Pengampunan Orang Lain

Semenjak manusia jatuh ke dalam dosa, pikiran manusia dipenuhi dengan beragam polusi pikiran yang negatif. Dengan prinsip seperti ini, tak menutup kemungkinan kita akan membuat kesalahan yang sama di masa yang akan datang. Dengan artian, kita akan membutuhkan pengampunan dari orang lain. Oleh sebab itulah, firman Tuhan berkata bahwa kita harus lebih dulu mengampuni agar kita diampuni.

Mengampuni adalah Perintah Tuhan

Mengampuni adalah salah satu perintah Tuhan. Dan perintahnya iya dan amin. Berdasarkan prinsip inilah kita wajib melakukan setiap perintah Tuhan. Sebab hanya karena kebaikan-Nya lah kita diselamatkan. Jadi, tidak ada alasan lagi untuk tidak mengampuni. Segera lakukan mulai dari sekarang!