Berdoa memang merupakan salah satu cara kita berkomunikasi kepada Tuhan. Sejatinya saat kita berdoa kita hanya bisa menyampaikan apa yang menjadi keluh kesah kita dan jarang kita menerima jawaban langsung dari Tuhan.

Lewat firman yang kita dengarkan saat beribadah, itu juga merupakan sarana Tuhan untuk menjawab setiap doa – doa kita. Saat mendengarkan kebenaran firman Tuhan, kita sebagai manusia sering mengalami gangguan yang menyebabkan kehilangan konsentrasi atau biasa disebut gagal fokus. Penyebabnya sederhana, teman mengajak ngobrol, handphone atau bahkan materi khotbah yang kurang menarik pun bisa membuat kita gagal fokus.

Gagal fokus merupakan suatu hal yang salah ya sob, dengan gagal fokus tersebut membuat kita tidak bisa mendengarkan suara Tuhan lewat kebenaran Firman Tuhan yang disampaikan pendeta. Nahh.. untuk mengatasi masalah ini, Generasihero akan bagi trik supaya kita lebih fokus saat mendengarkan khotbah.

Kokohkan niat

Niat merupakan hal terpenting yang harus kita miliki saat mendengarkan khotbah. Niat yang baik dari dalam diri akan membuat kita lebih terfokus saat mendengarkan kebenaran Firman Allah. Dengan memperkokoh niat, kita lebih nyaman dan fokus lagi saat mendengar khotbah.

Ingat Tuhan

Setiap orang percaya pasti ingat Tuhan, namun dalam konteks ini ingat Tuhan adalah selalu mengingat bahwa Tuhan selalu mengawasi kita. Saat pendeta berkhotbah tak jarang materi yang disampaikan tidak menarik sehingga membuat kita cuek dan bosan. Nah… dengan kembali mengingat Tuhan selalu mengawasi kita, kita bisa lebih taat dengan aturan Allah dan terfokus pada suara Tuhan.

Konsentrasi pada khotbah

Saat sedang mendengarkan Firman Tuhan, kurangi pandangan melihat orang lain atau sesuatu. Pusatkan telinga, penglihatan serta hati pada firman yang disampaikan. Arahkan pandangan pada satu titik dan jangan berpaling ke kiri atau kanan. Mulailah melatih konsentrasi agar tidak terusik dengan gangguan yang mungkin saja terjadi di dalam gereja.

Undang Tuhan

Saat sebelum memulai ibadah pasti ada satu sesi dimana kita harus berdoa untuk memulai ibadah. Pada kesempatan itulah kita bisa menghubungkan hati dan pikiran kepada Tuhan dan minta Tuhan untuk hadir dalam ibadah kita. Sekalipun ibadah yang kita ikuti dilayani oleh orang – orang ternama tapi kalau hati kita tidak fokus maka sama saja kita tidak beribadah dan membuang – buang waktu. Nah, maka dari itu, undang Tuhan supaya Roh Kudus memimpin jalannya ibadah serta memimpin hati kita.

Itu tadi sob empat trik supaya kita lebih fokus saat mendengarkan khotbah. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba, Tuhan Yesus memberkati…