Tidak ada seorang pun di dunia ini yang berdoa untuk meminta sebuah penyakit. Tidak ada yang mengharapkan sakit itu datang. Sakit tidak hanya membuat tubuh tidak nyaman, namun sakit bisa juga membuat kita menunda sebuah pekerjaan, tidak bisa hadir di sekolah, tidak pergi ke gereja, membuat kita hanya tidur di rumah dan tidak melakukan aktivitas apapun. Tentu saja hal ini akan membuat kita merasa tidak nyaman apabila terus berlanjut dan terjadi berkepanjangan.

Saat sakit, banyak cara yang orang lakukan untuk bisa sembuh. Ada yang datang ke rumah sakit, ada yang hanya beli obat di apotek, bahkan ada yang datang ke dukun karena putus asa atas semua usaha yang dianggap hasilnya nihil. Don’t do this guys! You still have a hope, Jesus. Ya, kita masih memiliki harapan yang begitu besar. Harapan itu ada di dalam pribadi Yesus.

5 ayat Alkitab di bawah ini akan menguatkan kita akan harapan yang besar yang hanya bisa kita gantungkan kepada Tuhan. Bukan manusia.

Bilurnya Menyembuhkan

Yesaya 53: 5 mengatakan “Tetapi dia tertikam oleh karena pemberontakan kita, dia diremukkan oleh karena kejahatan kita; ganjaran yang mendatangkan keselamatan bagi kita ditimpakan kepadanya, dan oleh bilur-bilurnya kita menjadi sembuh.”

Yup. Kita harus sangat bersyukur memiliki Tuhan sehebat Yesus Kristus. Bilur-Nya mampu menyembuhkan segala sakit-penyakit kita asalkan kita mau terus berusaha. Sekalipun saat kita sudah tidak mampu beranjak dari tempat tidur, kita pasti memiliki hati yang mampu untuk berdoa.

Tuhan Adalah Pribadi Yang Ajaib

Mazmur 31:22, “Terpujilah TUHAN, sebab kasih setia-Nya ditunjukkan-Nya kepadaku dengan ajaib pada waktu kesesakan!”

Keadaan kita memang akan selalu berubah. Tidak selalu dalam keadaan baik. Pun tidak selalu dalam keadaan buruk. Orang bilang “roda selalu berputar”. Tapi satu hal yang bisa kita yakini, bahwa Tuhan tidak pernah berubah sedikit pun. Dia tetaplah Tuhan yang berkuasa. Dia Tuhan yang ajaib. Dia mampu mengadakan keajaiban-keajaiban yang tidak pernah kita bayangkan. Tidak mustahil bahwa Tuhan mampu menyembuhkan sakit penyakit kita. Itu sangat mungkin. Jangan berhenti untuk berharap kepada Tuhan.

Rancangan Tuhan Tidak Pernah Salah

Yeremia 29:11 mengatakan “Sebab Aku ini mengetahui rancangan-rancangan apa yang ada pada-Ku mengenai kamu, demikianlah firman TUHAN, yaitu rancangan damai sejahtera dan bukan rancangan kecelakaan, untuk memberikan kepadamu hari depan yang penuh harapan.”

Dimana pun kita saat ini, apapun keadaan kita saat ini, bukan sebuah kebetulan. Tuhan sudah merancangkan kehidupan kita. Kalaupun saat ini Tuhan izinkan kita untuk menderita dengan suatu penyakit. Percayalah bahwa rancangan Tuhan bukan rancangan kecelakaan. Tuhan pasti memiliki rencana yang baik untuk kita semua. Tuhan tidak akan pernah menjerumuskan anak-anakNya yang percaya dan setia kepadaNya.

Tuhan Berikan Kekuatan

wanita-berdoa

Filipi 4:13 mengatakan “Segala perkara dapat kutanggung di dalam Dia yang memberi kekuatan kepadaku.”

Kita pasti dapat melaluinya. Sekalipun berat, Tuhan pasti akan berikan kekuatan kepada kita. Setiap sakit yang Tuhan berikan tidak akan melebihi kekuatan kita. Tidak akan melebihi porsi yang dapat kita tanggung. Saat merasa masalah yang kita tanggung semakin berat, ingatlah “God gives His hardest battles to His strongest Soldiers”. Keep your head up.

Bersukacitalah

Bahagia

“Bersukacitalah senantiasa.” ( 1 Tesalonika 5 : 16)

Tidak hanya saat keadaan baik-baik saja kita harus bersukacita. Saat sakit menghampiri, kita harus menghadapinya dengan suka cita. Suka-cita membuat beban kita akan terasa lebih ringan. Dan suka-cita yang sejati itu bisa kita dapatkan ketika kita berharap penuh hanya kepada Tuhan. Saat kita semakin mengeluh dan bersungut-sungut, sakit itu pasti akan semakin terasa berat dan kita pasti tidak mampu melakukan aktifitas apapun.

5 ayat Alkitab di atas memberikan kita harapan bahwa kita bisa melalui kehidupan walaupun ditemani rasa sakit. Karena Tuhan akan terus ada bagi kita dan memberikan kekuatan. Dialah pemegang kendali atas hidup kita.

Namun bukan berarti saat sakit tidak boleh pergi ke dokter. Pergi ke dokter dan meminum obat adalah usaha kita untuk sembuh. Juga disertai berdoa kepada Tuhan dan berharap terus kepada-Nya.

Dan jika saat ini kita masih diberikan kesehatan, yuk kita jaga kesehatan yang Tuhan beri dengan berolahraga, makan makanan yang sehat, menjaga kebersihan, dan jika perlu kita bisa mengonsumsi vitamin. Tuhan memberkati.