Adam jatuh kedalam dosa dikarenakan terhasut dan tergoda oleh istri cantiknya Hawa. Sejak saat itulah, pikiran manusia dilingkupi dengan hal-hal negatif yang mungkin dapat dikategorikan berdosa. Pikiran negatif inilah yang kerap kali menyerang otak dan hati kita. Jika tidak dalam kontrol yang benar, kita bisa melakukan hal-hal di luar kehendak Tuhan.

Ya! polusi atau pikiran kotor yang ada di dalam hidup kita jika dibiarkan begitu saja, sejatinya akan berdampak buruk bagi kehidupan kerohanian kita. Lantas polusi apa saja sih yang berbahaya bagi kehidupan kita? Berikut ini adalah daftarnya!

Tidak Tulus

Hidupmu tidak akan pernah berarti bagi orang lain jika kamu melakukan segala sesuatu dengan sikap pamrih atau tidak tulus. Beberapa orang melakukan perbuatan baik hanya untuk dipandang orang atau ingin mendapatkan puji-pujian dari orang lain. Tentu motivasi itu sangatlah keliru. Lakukanlah segala sesuatu dengan motivasi untuk menyenangkan hati Tuhan. Jadilah tulus seperti Tuhan Yesus yang tulus.

Cinta Uang

Korupsi

Alkitab mengatakan bahwa akar dari segala kejahatan adalah cinta akan uang. Tak bisa dielak lagi, faktanya banyak orang rela meninggalkan Tuhan hanya karena uang. Yudas Iskariot jadi salah satu contoh terbesar dari sikap buruk tersebut. Ia rela menjual sesuatu yang mahal (hubungan dengan Tuhan Yesus) dengan 30 keping perak. Tentu kamu tidak ingin seperti Yudas kan? Maka dari itu, mulai sejak dini jangan jadikan uang sebagai fokus utama hidupmu. Sebab keutamaan yang sesungguhnya ada pada Yesus. Ketika kamu mengikut Yesus, hidupmu akan tercukupkan.

Iri

orang-marah

Saya memiliki dua orang tetangga yang saling bersaing satu sama lain, sebut saja tetangga a dan tetangga b. Dua tetangga saya ini berusaha keras untuk saling mengalahkan satu sama lain dalam hal materi. Misal ketika tetangga a berhasil membeli motor baru, tetangga b akan merasa iri dan memaksakan diri untuk membeli motor yang lebih bagus dari tetangga b. Hingga pada akhirnya, kedua tetangga saya tersebut terjerat hutang dengan jumlah yang cukup banyak. Sikap iri yang mereka tanam membawa mereka ke sebuah jurang kehancuran.

Menyerah

Persoalan hidup yang menyerang kadang menumbuhkan rasa kurang percaya diri dalam diri kita, yang pada akhirnya menimbulkan rasa pesimis. Polusi pikiran semacam ini wajib untuk dibasmi dengan terus menaikan pengharapan dan doa kita kepada Tuhan. Sebab Tuhan selalu bersama dengan kita dan janji-janji indah yang Dia ucapkan akan digenapi pada waktunya. Lantas, kenapa kita harus ragu?

Minder

Sebagian dari kita pasti pernah merasa rendah diri. Pikiran semacam ini justru hanya akan membuat tembok pembatas yang menghalangi kita untuk mengembangkan potensi yang sebenarnya ada dalam diri kita. Buang sikap minder. Percaya dirilah, sebab kita memiliki Allah yang sempurna.