5 Tempat Bersejarah di Yerusalem Ini Selalu Dibanjiri Wisatawan

Yerusalem

Kita tahu Israel, khususnya Yerusalem menjadi tempat yang unik dan ikonik. Pada lokasi tersebut ada tiga agama besar yang berkumpul yakni Yahudi, Kristen dan Islam. Ketiga-nya hidup secara bersamaan, rukun dan saling menghormati satu sama lainnya. Bagi kita orang Kristen, Yerusalem juga jadi tempat yang kudus, karena di sanalah Tuhan Yesus dilahirkan, disalib, bangkit dan naik ke Surga.

Ditakdirkan menjadi tempat yang ikonik dan bersejarah, Yerusalem menjadi tempat wisata rohani yang selalu dibanjiri oleh wisatawan lokal maupun asing. Lantas, tempat bersejarah di Yerusalem apa saja yang paling ramai dikunjungi oleh para wisatawan? Yuk simak informasi berikut ini.

Tembok Ratapan

tembok-ratapan

Tembok Ratapan atau Tembok barat merupakan bangunan tua peninggalan bait Suci ke-2 yang dibangun pada masa Raja Herodes. Tembok ini dianggap suci oleh orang Yahudi serta menjadi tempat perziarahan orang Yahudi sejak zaman kesultanan Ottoman.

Pada lokasi ini, ada banyak orang Yahudi yang berdoa sambil mengangguk-angguk kepala sebagai simbol bahwa mereka menangisi sisa reruntuhan bait Suci ke-dua, menangisi setiap dosa yang mereka buat dan berharap bahwa Allah akan membangun bait suci baru untuk mereka, yakni Bait Suci Ketiga.

Gereja Makam Kudus

gereja-makam-kudus

Gereja Makam Kudus menjadi tempat yang sangat bersejarah bagi umat Kristiani. Bagaimana tidak, Pasalnya tempat ini diyakini sebagai  Calvary atau Golgota, yakni tempat dimana Tuhan Yesus disalib dan dikubur. Gereja ini berada di kota tua Yerusalem yang selalu dikunjungi oleh ratusan ribu wisatawan setiap tahunnya.

Makam Raja Daud

makam-raja-Daud

Sesuai dengan namanya, tempat ini dipercaya sebagai tempat Raja Daud dimakamkan. Pada Awalnya, tempat ini merupakan peninggalan Hagia Zion yakni sebuah gereja Byzantium. Seperti yang kita ketahui, Raja Daud adalah salah satu Raja Israel yang sangat terkenal. Bahkan, hingga saat ini Raja Daud seringkali dijadikan simbol kekuatan iman. Itulah kenapa makam Raja Daud menjadi tempat yang sangat ikonik dan bersejarah bagi orang Yahudi, Kristen maupun Islam.

Via Dolorosa

Via-Dolorosa

Sebagai orang Kristen, tentu kita tahu bahwa Via Dolorosa atau Jalan Kesengsaraan adalah tempat yang diyakini sebagai jalur yang dilewati Tuhan Yesus saat memikul salib. Lokasi ini sudah ditetapkan sejak abad ke 18.  Jalur tersebut ditandai dengan 9 tanda salib, dimana 5 tanda lainnya berada di Gereja makam Kudus.

Masjid Al-Aqsa

masjid-Al-Aqsa

Masjid Al-Aqsa juga jadi salah satu tempat wisata yang sering dikunjungi oleh para wisatawan. Masjid Al-Aqsa atau sering disebut dengan nama Bayt al-Muqaddas, menjadi salah satu tempat suci umat islam di Yerusalem.

Lokasi Masjid ini terletak di kota tua Yerusalem. Uniknya, ada beragam umat yang tinggal di lokasi Masjid ini, tak hanya Islam melainkan ada pula umat Kristen dan umat Yahudi. Itu sebabnya, Masjid Al-Aqsa sering disimbolkan menjadi bentuk toleransi antar umat beragama.

Like This!
Berikan Komentar

Trending

To Top