Puasa bukan hanya tentang menghindari makan, minum serta menahan perbuatan-perbuatan yang dapat menimbulkan kemaksiatan. Percaya atau tidak, masih banyak orang Kristen yang belum mengerti betul makna dari puasa itu sendiri.

Sejatinya, puasa menurut iman kristiani adalah suatu metode pendekatan kita kepada Allah sehingga tercipta-lah hubungan yang intim dan harmonis bersama-Nya. Lalu apa saja sih manfaat puasa itu?

Manfaat puasa secara jasmani:

  1. Menyehatkan pembuluh darah dan jantung,
  2. Bermanfaat bagi pencernaan,
  3. Ginjal menjadi lebih sehat,
  4. Sistem imun meningkat,
  5. Mengurangi kegemukan.

Manfaat puasa secara rohani:

  1. Menenangkan hati dan pikiran,
  2. Meningkatkan iman,
  3. Jiwa sosial meningkat,
  4. Pencegah sekaligus penyembuh mental,
  5. Pencegah penyakit kronis dengan keadaan psikologis yang tenang.

Sebenarnya masih ada ribuan manfaat yang kita peroleh melalui puasa.  Kini kita tahu bahwa meski tidak wajib untuk dilakukan, puasa membawa manfaat yang begitu besar ke dalam kehidupan kita. Selanjutnya, Generasihero akan membagikan langkah-langkah agar puasa yang kita lakukan makin maksimal.

Tentukan tujuanmu berpuasa

Puasa yang kamu lakukan akan sia-sia jika kamu melakukannya tanpa memiliki satu tujuan yang jelas. Oleh sebab itu, pastikan sebelum berpuasa, kamu sudah menetapkan sebuah tujuan. Apakah kamu berpuasa untuk pengalaman spiritual, untuk penyelesaian masalah atau bahkan meminta pimpinan kuasa Roh Kudus supaya hidupmu tetap berkenan di hadapan Tuhan. Selain itu, kamu juga bisa berpuasa ketika kamu menanti jawaban dari doa-doa yang kamu panjantkan.

Bangun komitmen dengan Allah

Membuat komitmen dengan Allah akan membantumu menghindari godaan fisik dan tekanan hidup. Ketika berpuasa kamu harus berani membuat janji dengan Tuhan, tapi jangan hanya janji – janji saja. Kamu juga harus menepati janji itu. Berjanjilah bahwa hanya Dia-lah yang menjadi fokus utama puasa.

Mempersiapkan Diri

Kesiapan diri juga penting sebelum berpuasa, konsultasi-kan kondisi tubuhmu terlebih dahulu dengan dokter, terutama jika kamu memiliki penyakit kronis. Jangan terburu – buru, persiapkan matang-matang kondisi tubuh kalian. Hindari makanan berlemak tinggi dan makanan manis. Makanlah buah dan sayuran mentah selama dua hari sebelum memulai puasa.

Akhiri secara bertahap

Jangan terburu-buru makan makanan yang berat, karena setelah berpuasa tubuh mengalami dehidrasi atau kekurangan cairan, sehingga sangat disarankan untuk minum air putih terlebih dahulu saat berbuka. Kemudian lanjutkan dengan makan makanan ringan dan akhiri dengan makan makanan berat. Tapi ingat! Makanlah secukupnya, karena segala sesuatu yang berlebihan itu tidak baik.

Nikmati hasilnya

Lewat puasa Allah akan memberikan wawasan spiritual yang baru, rasa percaya diri dan iman kepada Allah yang diperkuat, serta kamu juga akan melihat jawaban adari doa-doamu. Nantikan saja!

Nah, itu tadi manfaat dari puasa serta kiat – kiat supaya puasamu maksimal. Jangan takut lapar, jangan takut lemas. Ayo belajar puasa! Tetap semangat Tuhan Yesus memberkati.