Kita kerap menggunakan kata-kata seperti: Mahakuasa, mahatahu, berkuasa, ada dimana-mana, dan lain-lain. Kata-kata yang ada tersebut kita gunakan untuk menggambarkan seperti apa sebenarnya Allah. Namun seringkali kita tidak dapat melukiskan betapa luar biasanya Allah di dalam kehidupan kita.

Kita kerap dibuat bingung akan apa yang Allah mampu lakukan. Hal-hal yang mungkin ada diluar logika kita. Lalu, bagaimana Alkitab mendeskripsikan Allah kita yang luas biasa tersebut? 8 Ayat Alkitab ini akan menjawabnya.

Yesaya 55: 8 – 9

“Sebab rancangan-Ku bukanlah rancanganmu, dan jalanmu bukanlah jalan-Ku, demikianlah firman TUHAN. Seperti tingginya langit dari bumi, demikianlah

tingginya jalan-Ku dari jalanmu dan rancangan-Ku dari rancanganmu.”

Pada ayat tersebut diungkapkan bahwa rancangan Allah jauh melampaui pemahaman manusia. Pikiran dan cara-cara Tuhan berbeda dari pikiran dan cara-cara manusia. Dia melampaui batas ruang dan waktu. Seringkali kita tidak bisa memahami atau bahkan tidak menerima keadaan kita di dunia sebagai manusia. Namun yang perlu kita tahu, rancangan Tuhan adalah rancangan terbaik.

Yesaya 40: 28

“Tidakkah kau tahu, dan tidakkah kau dengar? TUHAN ialah Allah kekal yang menciptakan bumi dari ujung ke ujung; Ia tidak menjadi lelah dan tidak menjadi lesu, tidak terduga pengertian-Nya.”

Tuhan adalah Tuhan yang kekal.

Dialah pencipta langit dan bumi. Dan pada akhir ayat tersebut dikatakan, pengertian atau cara berpikir Tuhan tidak terduga. Saat kita sedang memiliki masalah yang begitu membelenggu, kita sering berkata bahwa Tuhan tidak memikirkan kita. Namun, kita tidak tahu pikiran Tuhan yang tidak terduga itu, jadi bagaimana kita tahu bahwa Tuhan tidak memikirkan kita? Dia Allah yang begitu peduli kepada anak-anakNya.

Ayub 26: 14

“Sesungguhnya, semuanya itu hanya ujung-ujung jalan-Nya; betapa lembutnya bisikan yang kita dengar dari pada-Nya! Siapa dapat memahami guntur kuasa-Nya?”

Tindakan-tindakan dahsyat dari Tuhan yang kita lihat hanyalah sekilas tentang kuasa yang dimiliki-Nya. Kuasa Tuhan sungguh besar dan hebat. Bahkan kita tidak mampu untuk memahami kuasaNya yang lebih dari dahsyat.

Mazmur 147: 5

“Besarlah Tuhan kita dan berlimpah kekuatan, kebijaksanaan-Nya tak terhingga.”

Dia adalah Tuhan yang besar. Tak ada satu hal kecil pun yang tidak diketahui-Nya.

Kevin Hartnett mengatakan, “Melalui firman-Nya kita bisa memahami Tuhan. Namun tidak sepenuhnya, hanya sebagian. Kita tidak akan pernah bisa mengerti kedahsyatan Tuhan dan kita tidak akan pernah bosan dengan-Nya. Sepanjang kekekalan, kita akan memandang-Nya dengan penuh kekaguman. Memandang Sang Maha Kuasa, Pencipta yang sangat kreatif, luar biasa indah, dan tak tergoyahkan”

Mazmur 8: 4 – 5

“Jika aku melihat langit-Mu, buatan jari-Mu, bulan dan bintang-bintang yang Kautempatkan: apakah manusia, sehingga Engkau mengingatnya? Apakah anak manusia, sehingga Engkau mengindahkannya?”

Jari-jari-Nya melambangkan betapa berkuasanya Allah kita. Dan dikatakan bahwa Allah selalu mengingat kita. Itu artinya, Dia selalu bersama kita. Dia selalu mengingat, memedulikan, memelihara, dan melindungi kita dalam segala kondisi.

Lukas 12: 7

“bahkan rambut kepalamu pun terhitung semuanya. Karena itu jangan takut, karena kamu lebih berharga dari pada banyak burung pipit.”

Hanya Tuhan yang dapat menghitung hal-hal yang tidak dapat dihitung oleh pikiran manusia. Awan, pasir, sungai, langit, bintang, rambut, semua elemen dalam galaxy ini dicatat dengan rapi oleh Tuhan . Dia Allah yang selalu memiliki jawaban. Saat kita dibayangi oleh banyak pertanyaan dan tidak mampu menemukan jawabannya. Datanglah kepada-Nya, sebab dialah jawaban dari semua pertanyaan.

Yeremia 1: 5

“Sebelum Aku membentuk engkau dalam rahim ibumu, Aku telah mengenal engkau, dan sebelum engkau keluar dari kandungan, Aku telah menguduskan engkau, Aku telah menetapkan engkau menjadi nabi bagi bangsa-bangsa.”

Tuhan adalah Tuhan yang mengenal setiap pribadi. Ya, Tuhan mengenal kita satu per satu. Bahkan sebelum kita terbentuk dalam rahim ibu kita, Dia sudah mengenal kita. Saat kita bingung tentang masa depan, jangan khawatir. Tuhan mengerti kemana kita akan pergi. Dan Tuhan tahu apa yang kita butuhkan untuk sampai pada tujuan.

Ulangan 10: 17

“Sebab TUHAN, Allahmu lah Allah segala allah dan Tuhan segala tuhan, Allah yang besar, kuat dan dahsyat, yang tidak memandang bulu ataupun menerima suap;”

Dia adalah Allah segala allah, Tuhan segala tuhan. Ya, Dia alah yang luar biasa. Tidak ada yang mampu menandingiNya. Dia lah Allah yang hidup, besar kuasaNya, dan Maha Besar. Luar biasa.

Itulah 8 ayat yang menggambarkan pribadi Allah. Bagaimana? Sudahkah kamu menyadari Allah yang kita sembah adalah Allah yang berkuasa, maha besar dan luar biasa. Tetap teguhkan hati untuk setia kepadaNya. Sehingga kita bisa bertemu dengan Allah dalam kekekalan yang abadi. Awesome.