Apakah Kerokan Itu Berkhasiat Bagi Tubuh?

kerokan

Indonesia adalah negara yang unik. Keunikan yang dimiliki bangsa ini terpancar dari kebiasaan serta adat istiadat yang sampai saat ini masih terjaga dan terpelihara. Salah satunya adalah kebiasaan mengosok-gosok punggung dengan logam atau biasa disebut ‘kerokan’. Kebiasaan ini muncul ketika penyakit bernama ‘masuk angin’ kerap menyerang tubuh warga Indonesia.

Entah siapa pencipta penyakit ini, namun hingga kini mayoritas warga Indonesia percaya bahwa kerokan adalah obat paling manjur untuk mengusir angin dari dalam tubuh. Lantas apakah kerokan benar-benar berkhasiat bagi tubuh? Atau malah merusak tubuh kita? Berikut adalah pandangan ahli kesehatan mengenai hal ini.

Beberapa ahli medis ada yang pro, serta ada pula yang kontra dengan metode ini. Mereka yang tidak setuju mengatakan bahwa kerokan dapat membuka pori-pori kulit bahkan pembuluh darah manusia.

Untuk memastikan informasi ini, kami melakukan sebuah penelusuran! Dan akhirnya kami menemukan fakta menarik. Sebagaimana dilansir IDNTimes, masuk angin disebabkan karena adanya penyempitan pada pembuluh darah. Nah, ketika bagian tubuh seperti punggung digosok atau dikerok terjadi sebuah reaksi inflasmi, yakni melebarnya pembuluh darah. Hingga pada akhirnya, menimbulkan rasa hangat pada tubuh. Sebenarnya itulah yang membuat tubuh penderita masuk angin menjadi terasa lebih baik dan relax seusai dikerok.

Lalu bagaimana dengan pandangan ahli medis yang kontra akan hal ini, apakah kerokan dapat membuat pembuluh darah atau pori-pori kulit mengelupas? Jawabannya adalah iya, jika dilakukan dengan benda yang tajam dan keras.

Oleh sebab itu, ketika melakukan kerokan, ahli medis mengajurkan untuk menggunakan benda yang tidak terlalu tajam seperti koin logam 1000-an atau alat kerokan khusus serta dibantu pula dengan minyak atau lotion yang lembut di kulit agar kulit tidak tergesek dengan keras. Pada intinya, jika dilakukan dengan benar kerokan bisa bermanfaat bagi tubuh manusia. Tapi jangan terlalu sering juga ya!

Like This!
Berikan Komentar

Trending

To Top