Advertising

Breaking News

8 Cara Ampuh Buat Kembangkan Potensimu

Sebagai anak muda sering kita menghadapi berbagai masalah yang pasti identik dengan masalah anak muda. Misalnya aja nih, masalah hubungan sama lawan jenis, ortu, sahabat, bahkan dengan musuh. Sekalipun topik masalahnya sama, tapi setiap kita punya penyelesaian yang berbeda. Kalo kita orang yang sensitif, kita akan cenderung menghadapi dengan emosi yang negatif. Artinya sisi agresi kitalah yang keluar. Sisi agresi disini ngga harus selalu dengan adu fisik, tapi juga bisa adu verbal (perkataan). Ada juga yang sengaja cari “musuh” karena merasa dirinya paling benar.

Sedangkan kita yang cenderung berkepribadian lemah lembut, maka kita akan cenderung merasa mudah menerima dan mudah puas terhadap keputusan yang udah dibuat. Nah beda lagi kalo kita termasuk orang yang dinamis, maka kita ngga akan mudah puas terhadap suatu keputusan tertentu sehingga kita akan terdorong untuk melakukan sesuatu, yang lebih dari biasanya.

Nah yang terakhir ini biasanya disebut “High motivated person,” orang yang punya kegigihan dan kebutuhan pencapaian (need of achievement) yang tinggi. Kalo kita ngelihat kekurangan dan kelebihan diri sendiri, maka kita seharusnya belajar untuk mengembangkan diri supaya semua aspek dalam diri kita bisa berkembang secara maksimal.

Kemudian kita juga harus berusaha buat mengetahui apa sebenarnya yang kita butuhin. Hal apa yang pengen kita tingkatin. Nah, kalo Sobat Muda udah temuin jawabannya, sekarang ikutin tips berikut ini

1. Coba Luangkan Waktu Dalam Kegiatan Sehari-hari Untuk Diri Sendiri



Kebanyakan kita terlalu sering berikan waktu dan tenaga kita untuk orang lain. Karena itu cobalah luangin waktu buat diri sendiri yang akan bawa perubahan besar bagi diri sendiri dalam jangka waktu yang lama.

2. Pikirkan tentang sesuatu dan temuin passion kita


women-thinking

Kebanyakan dari kita, disebabkan keadaan, ngga mampu untuk mengerjakan apa yang kita inginkan. Untuk itu mulai sekarang singkirkan alasan ini-itu dan mulailah melakukan apa yang kita inginkan. Cobalah mencari sesuatau yang kamu sukai. Ciri-cirinya adalah ketika kamu melakukan hal itu kamu tidak merasa bosan dan hanya rasa capeklah yang menghentikanmu.

3. Pahami Sebuah Arti Kesalahan



Alasan paling penting yang mencegah kita untuk melakukan hal-hal untuk diri sendiri adalah pemahaman dan pandangan kita tentang kesalahan. Jangan pernah takut akan kesalahan, jangan biarin kegagalan menghentikan kita dari hal-hal yang kita pengen lakukan. Setiap orang udah belajar pada tingkat-tingkat awal hidupnya bahwa “Kegagalan adalah batu loncatan untuk meraih sukses” tapi kenyataannya ngga satu pun dari kita mengikutinya. Yuk mulai dari sekarang kita belajar untuk move on dari kegagalan.

4. Sadari Bahwa Segala Sesuatu Tidak Berjalan Sesuai Keinginan


women-thinking

Kita juga harus fleksibel untuk merubah jalan ketika sesuatu ngga berjalan sesuai dengan keinginan. Jangan mudah putus asa dan marah jika keinginan yang kita harapkan tidak tercapai. Coba ambil hikmahnya dan belajar dari kesalahan. Lalu lakukan tips nomor 3.

5. Buat Gambaran Hidup




Otak kita memberikan respon lebih banyak pada gambar dari pada kata-kata. Jadi mulailah membuat beberapa gambaran tentang sebuah tujuan-tujuan kamu dan visualisasikan itu dalam kehidupan sehari-hari.

6. Jaga Tubuh, Jaga Pikiran


membaca-alkitab

Menjaga kesehatan tubuh dan pikiran adalah cara terbaik untuk melawan setiap pikiran negatifmu. Setiap pagi hari belajarlah renungin firman Tuhan karena firmaNya sangat menyehatkan pikiran dan jiwa kita. Kemudian lakukanlah firman tersebut.

7. Catat Semua Hal Positif dan Negatif Yang Kamu Hadapi




Buatlah catatan atas semua hal-hal positif dan negatif yang kamu hadapi dalam kehidupan sehari-hari. Melihat kembali catatan-catatan tersebut akan membantumu mengukur perkembangan dan membantu kita belajar dari pengalaman.

8. Share Pengalamanmu




Kapanpun kita mencapai sesuatu, jangan menyimpannya untuk diri sendiri, berbagilah dengan teman dekat atau pasangan dan rayakanlah hal itu. Hal ini akan memotivasi kita untuk mencapai pencapaian-pencapaian yang lebih dalam hidup ini.

No comments