Advertising

Breaking News

Cara Mudah Mengampuni Orang Lain 100% Work

Mengampuni tak semudah menyakiti? Bener ngga sih? Kadang sebagai manusia secara ngga sadar kita lebih sering menyakiti orang lain ketimbang mengampuni. Padalah Tuhan ajirin kita untuk selalu mengampuni orang lain dalam segala keadaan. Tapi masalahnya mengampuni itu sulit? Bener banget guys, mengampuni itu teramat sangat sulit (bagi orang yang belum terbiasa) tapi, sesuatu yang sulit bukan berarti ngga bisa dilakuinkan.

Sebenarnya apa yang membuat kita sulit mengampuni? Hal yang membuat kita sulit untuk mengampuni adalah perasaan kita sendiri. Kita ngga mau ngebuka hati buat memberi pengampunan itu sehingga hati kita penuh dengan rasa marah, benci dan dendam. Sebelum belajar mengampuni orang lain kita harus tau beberapa fakta tentang mengampuni.

1. Fakta yang Pertama dan Utama Adalah Mengampuni itu Wajib


Sebagai manusia biasa yang ngga sempurna kita juga pasti pernah melakukan kesalahan dan membuat orang lain sakit hati. So, kita juga butuh pengampunan dari orang lain. Ampunilah orang lain dan kamu akan diampuni. Hukum ini udah paten dan ngga bisa diubah lagi. Apalagi bagi kita yang hidup di dalam Tuhan. Mengampuni itu adalah hal yang wajib karena Tuhan udah ajari hal itu dan beri teladan buat kita.

2. Fakta yang Kedua adalah Mengampuni Bukan Berarti Melupakan


Hal yang perlu kita tahu adalah mengampuni bukanlah melupakan kesalahan orang lain. Saya rasa ketika orang lain menyakiti kita pasti kita masih bisa mengingat itu kapanpun dan dimanapun. Jadi mengampuni itu adalah memberi maaf dengan setulus-tulusnya dengan kasih dan ketika kita mengingat kesalahan orang lain, kita tidak merasa sakit hati lagi.

Dua fakta diatas ngebuktikan kalo sebenarnya mengampuni itu bukanlah hal yang sukar untuk dilakukan jika kita benar benar menerapkan kasih dalam kehidupan kita. Karena menurut saya sesuatu yang sulit akan mudah dilakukan jika itu udah jadi kebiasaan kita. Jadi Gimana Cara mengampuni dengan mudah?

1. Dahulukan Kasih dari Pada Keegoismean Diri Anda




Terkadang untuk menyelesaikan masalah anda harus mau mengalah demi kebaikan bersama. Jika orang lain itu tidak mau meminta maaf terlebih dahulu kepada anda. Berarti anda harus meminta maaf terlebih dahulu, jadilah pribadi yang bijak. Mengalah bukan berarti kalah atau salah dan merendahkan harga diri anda, justru ketika anda mengalah harga diri anda lebih tinggi dari pada orang itu.

Ingatlah bahwa siapa yang menabur dia akan menuai, siapa yang memberi kasih ia akan dikasihi. Jadi, tidak ada alasan lain untuk tidak mengasihi orang lain meskipun itu adalah musuh anda sendiri.

2. Anggap Ini Kesempatan Terbaik Dalam Hidup Anda



Beberapa kesempatan tidak dapat diulang kembali, jangan sampai anda melewatkan kesempatan terbaik yang ada. Mengampuni orang lain adalah kesempatan terbaik untuk anda. Jadi ketika anda merasa sulit mengampuni orang lain, anggap ini kesempatan besar anda untuk berbuat baik dan benar untuk orang lain.

3. Hilangkan Kesombongan Diri (Rasa Bahwa Anda Yang Paling Benar)




Ini adalah hal tersulit ketika anda ingin mengampuni orang lain. Terkadang anda merasa bahwa anda yang benar dan dia yang salah. Namun, dari pada anda memusingkan hal itu lebih baik anda berpikir bagaimana hubungan anda bisa membaik dengan dia? Ingat bahwa semua orang di dunia pernah melakukan kesalahan, jadi adakah yang paling benar? Tuhan aja yang sempurna mau mengampuni anda,masakah anda yang punya banyak salah gak mau mengampuni orang lain. Padahal suatu saat nanti bisa jadi anda butuh pengampunan orang lain.

4. Berpikir Positif




Hilangkan pikiran-pikiran negatif yang meracuni pikiran anda. Fokus lah pada pemecahan masalah, jangan memperbesar masalah hanya karena pikiran negatif anda. Jika ada orang menyakiti anda, jangan terlalu dan terus menerus berpikir negatif. Coba rubah mindset anda.Contohnya , jika ada orang yang membenci anda.. Cobalah untuk bersyukur, bahwa pada kenyataannya masih ada beberapa orang yang peduli terhadap hidup anda.

 

5. Cobalah Untuk Bertindaklah Dengan Cepat dan Bijak




Kalau anda udah melakukan 4 hal diatas hal terakhir yang harus andalakukan adalah bertindak untuk memafkan orang lain itu. Karena iman tanpa tindakan hakekatnya mati. Jadi jika anda sudah melakukan 4 hal tersebut, jangan terlalu berpikir pusing pusing lagi. Langsung bertindak saja! Ampuni kesalahan orang lain dengan kasih yang tulus.



Itulah tips dan cara mengampuni orang lain dengan mudah dijamin 100% work (jika dilakukan), sebenarnya mudah tidaknya mengampuni orang lain tergantung pada diri anda juga. Seberapa besar keinginan dan kerinduan anda untuk mengampuni orang lain. So, jadilah pribadi yang selalu rindu untuk memberi pengampunan meskpiun disakiti. Karena mengampuni adalah ciri-ciri orang dekat dengan Tuhan. Nantikan artikel-artikel menarik lainnya hanya di generasihero.com.


 

No comments