Advertising

Breaking News

Ternyata Tidur Siang Yang Berlebihan Bisa Meningkatkan Resiko Terkena Diabetes

Dalam penelitian sebelumnya didapati bahwa diabetes adalah penyakit yang terjadi karena keturunan. Namun saat ini ternyata banyak sekali faktor penyebab munculnya diabetes pada tubuh manusia. Gaya hidup yang tidak sehat seperti minum minuman beralkohol, merokok, jarang berolahraga dan makan yang berlebihan adalah faktor utamanya. Namun, saat ini.. setelah dilakukan penelitian yang mendalam ternyata tidur siang yang berlebihan sangat beresiko terserang penyakit yang satu ini.

"Umumnya, banyak orang yang mengeluh bahwa mereka merasa mudah lelah ketika tidur siang lebih dari 1-2 jam. Logikanya, ketika seseorang sering tidur siang maka mereka tidak bisa tidur dengan nyenyak di malam hari.

Entah itu karena insomnia, sleep apnea, atau gangguan tidur lainnya. Dan ketika seseorang tidak bisa tidur dengan layak di malam harinya, maka tubuh akan melepaskan hormon stres atau yang disebut dengan hormon kortisol," terang penelitian ini.

"Lalu saat dalam tubuh muncul lonjakan produksi hormon kortisol, maka terjadi pula peningkatan tekanan darah dan lonjakan gula darah. Sehingga itulah yang menjadi sebab kenapa tidur siang bisa dikaitkan dengan diabetes."

Selain resiko diabetes, pria ataupun wanita yang cenderung sering tidur siang akan memiliki tekanan darah dan kolestrol yang tinggi dibanding orang yang beraktifitas pada siang hari. Jadi, sebenarnya resiko diabetes terjadi pada durasi tidur siang anda. Lakukan tidur siang yang cukup dan rutinlah berolahraga.

No comments