Advertising

Breaking News

Terkait Masalah Penistaan Agama, Sidang Ahok Akan Dilakukan Secara Transparan

Setelah Demo 4 November berlangsung dan telah usai, akhirnya Kapolri Jenderal Tito Karnavian akan menggelar kasus penistaan agama Basuki T Purnama (Ahok) dan akan disiarkan secara live supaya terlihat transparan. Tujuanan utamanya, supaya masyarakat bisa melihat dan menilai kasus ini secara bijak. Jika persidangan ini memang disiarkan secara live bisa jadi persidang ini mirip dengan sidang yang terjadi pada kasus Jessica K.W lalu.

“Gelar perkara ini dilakukan secara terbuka dan melibatkan pihak-pihak terkait kemudian kita buka juga kepada publik yaitu melalui media secara live,” ujar  Tito, di Istana Negara, Jakarta Pusat, Sabtu (5/11/2016).

Kata Tito, sidang ini akan transparan dengan mengundang berbagai pihak termasuk kejaksaan, Kompolnas dan media saat gelar perkara dan meminta masukan dari Kejaksaan, Kompolnas dan Komisi III DPR RI.

Presiden Joko Widodo juga menyampaikan agar memproses hukum Ahok sesuai dengan peraturan hukum di Indonesia. Jadi jika Ahok bersalah, Ahok harus menerima hukuman yang sesuai. Namun jika terbukti tidak bersalah, masyarakat harus mau menerima keputusan itu.

“Telah disampaikan bahwa proses hukum terhadap saudara Basuki Tjahaja Purnama akan dilakukan secara tegas, cepat dan transparan,” ujar Jokowi.

Kita tunggu saja, bagaimana proses hukum ini terjadi. Namun, sebagai warga negara yang baik, kita patut menjaga keutuhan bangsa ini. Tidak perlu muluk-muluk, cukup dengan menjaga tulisan kita di sosial media. Karena kasus ini sudah menjadi sorotan dari negara negara lain.

No comments