Advertising

Breaking News

Binatang-Binatang sebagai Simbol Iblis

Di dalam Alkitab setidaknya ada beberapa binatang yang menjadi simbol iblis. Pertama, ular. Sebelum ular dijadiin media iblis untuk menggoda manusia, ular adalah binatang darat yang paling cerdik di antara segala binatang yang dijadiin Tuhan Allah. Kecerdikannnya dipake untuk mengelabui manusia. Kemudian, sejak Iblis menggoda manusia dengan media ular, yang dipake Iblis itu, yang diidentikan dengan dirinya. Identifikasi ini bisa dirujuk ketika Yesus memberi kuasa kepada para murid-Nya untuk menginjak ular. Maksud ular di sini adalah kuasa Iblis. Yohanes juga menjelaskan bahwa ular itu adalah Iblis (Luk. 10:19).

Kedua, kalajengking. Selain ular yang diidentikkan dengan Iblis. Kalajengking juga diidentikan dengan Iblis (Luk. 10:19). Ketiga, singa. Rasul Petrus memberi tahu bahwa Iblis kayak singa yang berkeliling untuk mencari orang percaya yang bisa dijatuhin. Karena itu, kita harus sadar dan berjaga-jaga supaya tetap dalam kebenaran (1 Pet. 5:8). Iblis, yang diidentikan dengan singa ini, ngga lepas dari doa Yakub kepada Yehuda. Karena doanya itu, tongkat kerajaan ngga akan beranjak dari Yehuda (Kej. 49:9-10) Kelak, karena doanya ini, Yesus yang berasal dari silsilah Yehuda ini, menjadi rata (Mat 1:3). Dia sering disebut Singa dari suku Yehuda. Namun, Iblis juga ngga tinggal diam. Ia pengen menjadi pesaing Yesus, yang juga pengen menjadi raja, penguasa dari banyak orang yang berdosa, yang berhasil ditelannya (digoda).

Dari pemaparan di atas, gaya bahasa Metafora dipake para penulis Alkitab untuk menjelaskan maksudnya. Metafora adalah perbandingan yang implisit dari dua hal yang berbeda yang dipake sebagai kiasan untuk mempersamakan antara benda yang diganti namanya dengan benda yang menggantinya.

Sumber : RAM

No comments