Advertising

Breaking News

Ininih Motivasi Yang Salah Ketika Mengikut Tuhan

Ada beberapa sikap yang dapat kita lihat dalam peristiwa ketika Tuhan Yesus memasuki Yerusalem. Yang pertama, ada banyak orang mengambil daun-daun palem dan menyongsong Dia sambil menyerukan Yesus sebagai Raja Israel. Kedua, para murid awalnya ngga ngerti bahwa Yesus menggunakan keledai muda untuk menggenapi firman-Nya. Mereka baru sadar sesudah Yesus dimuliakan.

Ketiga, orang yang bersama-sama Yesus ketika Ia membangkitkan Lazarus dari kematian bersaksi tentang-Nya sehingga banyak orang lain ikut menyongsong Yesus. Keempat, orang-orang Farisi melihat hal itu dan merasa gagal karena ternyata Yesus sangat populer.

Tapi, mari kita fast forward dan lihat ketika Yesus beberapa waktu kemudian disalibkan. Orang banyak yang mengelu-elukan Yesus sebagai Raja Israel ternyata berseru: "Salibkan Dia". Trus gimana dengan murid-murid Yesus? Mereka kecewa berat saat Tuhan Yesus ditangkap.

Meski udah selalu mendengar ajaran-Nya, termasuk nubuatan-Nya kalo Ia akan bangkit lagi, tapi mereka masih kurang ngerti. Mungkin, selama ini mereka masih ngikut aja. Ketahuan kalo selama ini ternyata mereka ikut Yesus hanya karena mukjizat yang dilakukan-Nya. Dan keempat, orang-orang Farisi. Meski sebenarnya, bisa dibilang mereka kagum pada Yesus, tetapi mereka iri pada Yesus sehingga mereka ngga percaya.

renungan kristen

Motivasi yang salah, itulah yang kemudian bisa terlihat dari keempat kelompok dalam melihat Yesus. Bangsa Yahudi menantikan Raja atau Mesias, tapi fokusnya adalah pada kepentingan diri mereka, yaitu supaya mereka dibebaskan dari Romawi. Orang Kristenpun bisa demikian.

Ikut Tuhan cuma karena ingin kebutuhan dan keinginan mereka dipenuhi. Semenatara, sama kayak para murid, ada juga yang ikut Tuhan hanya karena ikut-ikutan. Bukan karena hati yang memang terbuka bagi Dia.

Apalagi, ikut Tuhan karena ingin populer atau hanya karena ingin mukjizat. Guys, gimana dengan kamu? Apa motivasimu ikut Tuhan? Mungkinkah  ada salah satu dari empat motivasi keliru diatas yang menjadi motivasimu dalam mengikut Tuhan? Jangan sampe lah ya.

Pastikan kamu punya motivasi yang benar dalam mengikut Tuhan. Mengikut Tuhan berarti kita memasuki jalan hidup dimana karakter, bentuk dan arah tujuan adalah seturut seperti Dia yang memanggil kita. Gbu.

No comments