Advertising

Breaking News

Si Sombong Vs Si Rendah Hati

Dalam drama Korea Big Man, dikisahkan Kim Ji Hyeok dan Kang Dong Seok adalah putra dari pemilik perusahaan top, Hyunsung. Ji Hyeok dibesarkan dalam kesederhanaan di panti asuhan sedangkan Dong Seok dibesarkan oleh ortunya dalam kemewahan. Tumbuh dari dua lingkungan yang berbeda membuat mereka juga tumbuh menjadi pribadi yang jauh berbeda.

Saat dewasa, Kim Ji Hyeok adalah pemuda periang dan rendah hati, sehingga di manapun ia berada, orang-orang suka padanya. Sebaliknya, Kang Dong Seok adalah pemuda sombong yang bergengsi tinggi sehingga ia ngga disukai oleh orang-orang di sekitarnya, termasuk para karyawan. Pada akhir cerita, Kim Ji Hyeok hidupnya berhasil sedangkan Dong Seok bangkrut.

Senada dengan kisah fiksi di atas, kisah pada bacaan hari ini pun nunjukin kalo Tuhan ngga suka dengan orang sombong, suka meninggikan diri, dan menganggap dirinya paling benar. Melalui perumpamaan pada (Lukas 18:14b) "Sebab barangsiapa meninggikan diri, ia akan direndahkan dan barangsiapa merendahkan diri , ia akan ditinggikan" ada beberapa yang hal harus kita biasain khususnya saat beribadah kepada Tuhan.

Pertama, datanglah kepadaNya dengan tidak menyombongkan diri sendiri, seolah segala pencapaian yang kita peroleh adalah karena kita. Kedua, beribadahlah kepada Tuhan dengan kerendahatian, yang ditunjukin dengan hati senantiasa menyadari kalo kita adalah orang berdosa yang dibenarkan oleh Tuhan, bukan oleh kekuatan sendiri.

Sejujurnya, ngga ada lho dasar buat kita untuk menyombongkan diri di hadapan manusia apalagi Tuhan. Karena, segala pencapaian dalam hidup kita, termasuk hidup benar sesuai firman Tuhan, itu bukanlah hasil usaha kita melainkan Roh Kudus yang memampukan kita. Jadi, jangan menilai diri sendiri lebih baik daripada orang lain, karena cuma Dia yang layak menilai kita! Ingat, roda kehidupan berputar. So, jadilah pribadi yang rendah hati.

 

No comments