Advertising

Breaking News

3 Cara Mudah Atasi Kerohanian Yang Tak Bertumbuh

Tuhan mau anak-anakNya ngalami next-level alias terus bertumbuh dalam pengenalan akan Dia. Tapi faktanya, banyak orang percaya ngalami stagnasi rohani, puas dengan kondisi yang ada, ngga mau bertumbuh lebih lagi, bahkan ada yang ngalami jatuh bangun secara rohani.

Gimana caranya biar bisa ngalami terobosan kerohanian, ninggalin stagnasi, dan terus bertumbuh dewasa dalam Tuhan? Coba tiga cara sederhana berikut ini.

Sadari Kalo Pertumbuhan Rohani adalah Tanggung Jawab Pribadi

Pertumbuhan rohani adalah respons pribadi terhadap Tuhan dan kehedak-Nya. Faktor eksternal hanya sebagai pemicu untuk menolong kita lebih bertumbuh, mengasah karakter, dan mendewasakan kerohanian kita.

Makanya, sangat aneh kalo ada orang yang menyalahkan faktor eksternal (sikap orang lain, suasana ibadah, konflik keluarga, dll) dan ngga pernah eveluasi secara pribadi. Intinya, bertumbuh atau tidaknya iman tergantung dari bagaimana kamu menyikapi setiap masalah.

Mambangun Hubungan Pribadi dengan Tuhan

Inilah hal utama yang sama sekali ngga boleh diabaikan. Miliki kehausan senantiasa untuk mengenal Pribadi Tuhan, setiap saat dalam segala keadaan, bukan hanya ketika kita memerlukan sesuatu atau sedang dalam masalah besar. Pastikan kita masih merindukan saat berjumpa secara pribadi dengan-Nya, ingin mendengar suara-Nya, dan rindu ngelakuin firman dan kehendakNya.

Menjaga Pergaulan

Pergaulan yang buruk merusakkan kebiasan yang baik (1 Kor 15 : 33). Pergaulan yang buruk juga bisa berpengaruh pada kondisi rohani. Bergaulah dengan orang-orang atau komunitas yang tepat, yang mencintai Tuhan dan rindu untuk mengenal Tuhan lebih dalam lagi. Kita boleh berteman sama siapa saja, tetapi kita perlu membatasi diri dengan siapa kita bergaul.

No comments