Advertising

Breaking News

3 Tips Tetap Gaul dan Jadi Berkat

Salah satu ciri khas anak muda adalah kemampuannya dalam hal berbahasa. Tengok aja bahasa-bahasa gaul yang beredar sekarang ini, banyak dipakai sama orang muda untuk berkomunikasi dengan lawan bicaranya. Sebagai orang mudanya Tuhan, kita ngga bisa seenaknya aja bicara dengan alasan gaul tapi omongan kita ngga jadi berkat. Nah,biar bisa gaul tapi tetep jadi berkat, baca dulu 3 tips di bawah ini.

Pegang Prinsip Firman Tuhan


Dari dulu, sekarang, sampai selamanya, standar firman Tuhan ngga pernah berubah. Kamu perlu jadiin firman Tuhan sebagai prinsip dalam bergaul, termasuk dalam hal omongan. Dua ayat berikut bisa kamu jadiin acuan. "Tetapi hindarilah omongan yang kosong yang hanya menambah kefasikan" (2 Tim 2:16); "Janganlah ada perkataan kotor keluar dari mulutmu, tetapi pakailah perkataan yang baik untuk membangun, di mana perlu, supaya mereka yang yang mendengarnya, beroleh kasih karunia" (Ef. 4 : 29). Jadi, pastiin kalo setiap omongan yang keluar dari mulutmu itu baik dan jadi berkat. Tuhan letakan otak diatas mulut, supaya kita berpikir dulu sebelum bicara.

Beri Batasan Lawan Bicaramu


Sesekali, kamu perlu juga lho mencegah lawan bicaramu menguasai sepenuhnya percakapan biar kamu ngga hanyut gara-gara ikuti irama maupun gaya bahasanya. Dalam kelompok, kalian bisa saling mengingatkan agar pembicaraan ngga lepas kontrol. Kalo perlu, alihkan pembicaraan kalo udah menjurus pada hal-hal yang negatif atau omongan yang jorok.

Carilah Teman Bergaul yang Sepadan


Dalam hal ini, kamu bisa usahakan mencari teman pergaulan yang seiman dan sepadan terutama dari segi kerohanian. Tujuaannya suapaya bisa saling menegur dan menasihati. Bergaul dengan teman yang ngga seiman juga masih boleh lho, intinya pastikan mereka berbicara dengan kata yang baik. So, pastikan tiga hal ini kamu lakukan. Selamat bergaul dan jadi berkat! GBU

No comments