Advertising

Breaking News

5 Cara Baru Rayakan Paskah Tahun Ini, Dijamin Seru!

Kebanyakan dari kita membayangkan paskah dengan keranjang penuh coklat, telur paskah, dan tentu saja baju baru untuk pergi ke gereja. Tradisi tersebut mamang menyenangkan dan dapat menciptakan memori paskah yang penuh dengan kasih sayang.  Tapi bagaimana dengan peristiwa nyata yang mestinya kita rayakan? Apakah orang-orang disekitar kita tahu mengapa kita merayakan Paskah ? Supaya paskah tahun ini makin seru, cobalah lima cara baru ini untuk membuat Paskah makin bermakna.

Ceritakan Paskah Kepada Semua Orang


ceritakan-paskah

Seringkali kita merayakan Paskah bersama teman dan keluarga dengan meriah. Berpesta dengan menghias gereja bahkan rumah penuh dengan hadiah dan telur warna-warni. Namun kerap kali,  kita melupakan fokus Paskah yang sesungguhnya , yaitu Yesus telah bangkit. Poin yang seharusnya menjadi fokus dikaburkan dengan pesta dan perayaan yang meriah.

Pernahkah kita menyadari bahwa tidak akan ada paskah tanpa ada natal? Ya, Yesus lahir di Betlehem dan diletakkan di dalam palungan. Para gembala dan malaikat berada disana untuk menyaksikannya. Bahkan, orang manjus datang dan membawa hadiah yang berharga. Namun, Yesus tidak terus menjadi bayi. Ia dibesarkan oleh Yusuf dan Maria untuk memberitakan kabar baik bagi seluruh dunia. Dia memberi hadiah terbesar bagi orang-orang yang percaya kepadanya – nyawaNya . Paskah benar-benar menjadi happy  ending dari natal. So, ceritakan paskah kepada semua orang yang kamu kenal.

Melihat Matahari Terbit Di Pagi Hari Bersama Keluarga


matahari-terbit

Hampir sebagian besar gerja di Indonesia tidak menyelanggarakan acara ini, padahal jika dilakukan hal ini sangatlah seru. Kita dapat menikmati indahnya matahari terbit dari rumah kita masing-masing. Caranya cukup mudah, atur alarm, ajak semua anggota keluarga, penuhi termos dengan teh panas, dan milikilah waktu yang berkualitas bersama keluarga kala matahari terbit. Selain seru, matahari terbit memiliki makna tentang pengorbanan-Nya, karena lewat pengorbanan-Nya lah hidup kita diperbaharui setiap harinya.

Menanam Tumbuhan Bersama Keluarga


Family-gardening

Paskah menceritakan tentang kebangkitan dan hidup baru. Ada baiknya jika kita bersama anggota keluarga menanam tanaman dan merawatnya. Kemudian, tahun demi tahun tanaman akan memunculkan tunas dan tumbuh sepanjang musim. Betapa indah dan simbolis untuk menggambarkan kematian dan kebangkitan Kristus.

Membuat Diorama


diorama

Membuat diorama dari adegan Paskah akan menjadi proyek besar yang dapat dikerjakan bersama anggota keluarga. Setiap anggota keluarga dapat membangun dari kotak sepatu atau barang yang tak digunakan.

Caranya cukup mudah. Ikuti langkah-langkah berikut :

  • Pilihlah kotak sepatu yang kuat dengan tutup yang terpasang pada kotak

  • Buka tutup menjadi latar belakang dan bagian dalam kotak

  • Tutup kotak dengan kertas warna-warni. Misalnya, kertas hijau untuk rumput, biru untuk langit, dll.

  • Gunakan tanah liat untuk membentuk sebuah makam dan batu yang terguling

  • Bentuk salib kayu dari tongkat

  • Tambahkan bunga, pohon, dan lainnya untuk mempercantik diorama


Kerajinan diorama ini bisa menarik anak-anak, sehingga mereka dapat memahami perjalanan Kristus. Selamat mencoba dan jadilah kreatif!

Menerbangkan Balon bertuliskan “Terima Kasih Yesus”


menerbangkan-balon

Banyak toko menjual balon helium. Kita dapat menggunakannya untuk memberikan ucapan terimakasih kepada Yesus atas pengorbananNya di kayu salib. Kegiatan inipun sangat menyenangkan untuk anak-anak. Buat ucapan terimakasih pada kartu ucapan dan ikatkan pada balon dan menerbangkan mereka bersama-sama.

Memang tidak ada yang salah dengan kegiatan atau tradisi yang kita lakukan saat Paskah. Namun, salah jika fokus paskah yang sebenarnya berubah.  Beberapa ide diatas dapat kita coba untuk merayakan paskah tahun ini. Tapi ingat, Keep Christ in Christmas, Keep Christ in Easter, and Keep Christ every day after! God Bless.

No comments