Advertising

Breaking News

5 Tipe Teman Yang Wajib Kamu Miliki, Dijamin Hidupmu Akan Lebih Baik Kalau Bareng Mereka

Nggak ada manusia di muka bumi ini yang bisa hidup sendiri tanpa butuh orang lain. Seenggaknya, seseorang yang paling introvert sekalipun pasti punya dua atau tiga teman atau sahabat yang paling dekat, teman yang biasanya diajak buat jalan bareng atau nongkrong bareng atau jadi teman curhatan bareng. Ya, apalagi kan di jaman melek internet seperti sekarang ini, pastilah lebih memudahkan kita bisa berinteraksi dan menjalin persahabatan dengan orang lain.

Pertemanan atau persahabatan itu memang penting ya. Karena dengan menjalin hubungan dengan orang lainlah kita bisa belajar soal berbagai hal yang nggak kita tahu, mengasah kita jadi sosok yang lebih baik atau juga menajamkan kita di titik kelemahan atau kelebihan kita sendiri.

Nggak perlu berlomba untuk bisa jadi seseorang yang dikenal punya banyak teman. Karena faktanya, punya banyak teman juga nggak menjamin kita bertumbuh kog. Tapi yang paling penting dari menjalin hubungan pertemanan adalah gimana satu sama lain bisa saling menajamkan dan saling mengasah. Seperti perumpamaan dalam Alkitab, besi menajamkan besi; manusia menajamkan sesamanya [Amsal 27: 17].

Itu sebabnya kita harus mengelilingi diri di sekitar orang-orang yang mau mendorong kita, menantang kita dan membuat kita lebih baik. Untuk mendapatkan teman atau sahabat-sahabat yang kasih dampak positif seperti itu, kita pun harus lebih selektif dalam bergaul. Ada lima tipe teman yang bisa jadi lebih karib dari saudara sendiri dan jauh lebih berharga daripada emas loh. Yuk simak 5 tipe teman terbaik di bawah ini.

Teman Yang Murah Hati dan Penuh Kasih


Kita sebagai manusia biasa yang punya banyak kekurangan, akan cenderung melakukan kesalahan, kekacauan dan bahkan mudah menyakiti perasaan orang lain. Tapi dengan segala kekurangan itu, tipe teman murah hati dan penuh kasih ini akan selalu menerima kita apa adanya. Dengan kemurahannya, kita bahkan sedikit-sedikit ikut berubah dan mau seperti dia.

Teman Yang Jujur


Tipe teman yang ini memang nggak akan selalu menghargai apa yang kamu lakukan. Tapi jujur, dia adalah orang yang terlalu penting jadi pengingat atau penasihat sewaktu-waktu kamu sudah bersikap di luar batas. Dia bukan pribadi yang selalu bilang semuanya ‘OK’ karena buat ngejaga perasaanmu, tapi dia akan berterus terang dan blak-blakan soal apa yang harus kamu ubah dalam dirimu.

Pujian memang baik tapi kejujuran yang disampaikan oleh teman semacam ini jauh lebih baik. Dia adalah tipe yang bisa dipercaya dan yang memberitahukanmu soal celana jeans mu yang terlalu ketat, atau potongan rambutmu yang kurang cocok dan bahkan soal kehidupan asmaramu yang kurang baik di matanya.

Teman Sebagai Pendengar Setia


Tipe teman macam ini akan selalu ada di saat-saat yang dibutuhkan, tak peduli sesibuk apapun dia. Dia akan selalu membukakan pintu rumahnya untuk menyambutmu. Bahkan saat dia sedang bekerja, dia akan bersedia berhenti dari aktivitasnya dan mendengarkanmu. Tak hanya mendengar, dia juga membuatmu nyaman karena memanjakanmu dengan segelas kopi atau memberikan pelukan saat dirimu sedang sedih. Kadang dia juga adalah seorang pendoa yang akan mendoakanmu.

Teman Yang Setia dan Mau Berjuang Demi Temannya


Ini adalah tipe teman yang dituliskan oleh Paulus kepada jemaat di Filipi. Dia mau supaya semua orang-orang percaya, hidup saling berdampingan dan berjuang untuk kepentingan bersama [Filipi 1: 27-28]. Tipe teman ini lebih kepada tipe yang mau ambil bagian saat temannya sedang ditimpa masalah.

Teman Yang Bisa Menjaga Rahasia


Karena dia adalah orang yang akan menjaga rahasia temannya sendiri, dia adalah tipe teman yang aling bisa dipercaya diantara teman lainnya. Sekeras apapun orang lain ingin mengorek informasi dari dia, dia akan lebih memilih untuk tidak bersuara. Dia akan menutup rapat semua sisi yang kurang baik darimu atau bahkan siapa orang yang sedang kamu taksir.

Berteman dengan orang lain memang nggak selalu bicara soal selalu merasakan senang bersama, ketawa bersama atau kerap berkumpul dan mencetuskan candaan yang menggelitik setiap orang yang mendengarnya. Berteman itu sesungguhnya adalah gimana kita siap menerima kekurangan dan kelebihan seseorang dan mau belajar bersama untuk saling mengasah dan bertumbuh jadi pribadi yang lebih baik.

Percayalah, pertemanan atau persahabatan yang dibangun dengan dasar mengasihi satu sama lain pasti nggak akan pernah lekang oleh waktu.

No comments