Advertising

Breaking News

7 Tempat Wisata Rohani Kristen Yang Wajib Anda Ketahui

Indonesia adalah surganya tempat wisata, hampir di setiap penjuru negeri ini memiliki tempat wisata yang unik, indah dan menakjubkan. Tak terkecuali tujuh tempat wisata bernuansa religi Kristen berikut ini. Tak hanya indah, tujuh tempat wisata ini memiliki sejarah yang menarik dan sayang untuk dilewatkan. Penasaran tempat wisata apa saja? Berikut informasinya

Gua Maria Loudes

Gua-Maria-Lourdes-Pohsarang


Gua Maria Loudes atau disebut juga dengan Pohsarang terletak di kota Kediri, 130 km dari kota Surabaya. Gua ini menjadi salah-satu tempat wisata rohani Kristen yang paling sering dikunjungi oleh masyarakat di kawasan Jawa Timur. Puji Tuhan saya sudah pernah mengunjungi tempat wisata ini,  karena kebetulan lokasinya tak terlalu jauh dari tempat tinggal saya.

Gua Maria Loudes memiliki area lapang yang sangat luas, di dalamnya terdapat beberapa lokasi yang bisa kamu kunjungi, diantaranya adalah patung Bunda Maria, 12 pancuran air yang melambangkan 12 murid Yesus serta beberapa patung yang menceritakan tentang pengorbanan Tuhan Yesus diatas kayu salib. Tak hanya itu saja, kamu ngga akan pulang dengan tangan kosong karena tempat ini juga menyediakan lokasi penjualan souvenir. Berminat untuk mengunjunginya?

Gereja Blenduk


Gereja-Blenduk

Berikutnya adalah Gereja Blenduk, kadang dieja Gereja Blendug atau seringkali dilafalkan gereja mBlendhug . Gereja Blenduk adalah gereja kristen tertua di Jawa Tengah. Dibangun oleh masyarakat Belanda pada tahun 1753. Bentuk arsitekturnya sangat kental dengan nuansa gereja-gereja barat.

Kubahnya besar, dilapisi perunggu, dan di dalamnya terdapat sebuah orgel Barok. Kini gereja Blenduk di kelola oleh GPIB Imanuel. Asyik rasanya jika bisa berkunjung dan melihat keindahan bangunan yang kokoh tersebut.

Bukit Doa Pinaling


BUKIT-DOA-PINALING

Tempat wisata indah ini dibangun sejak 1995 di kota Manado. Sesuai dengan namanya, bukit ini dibangun dengan konsep rohani. Masyarakatanya juga masih mempertahankan suasana pedesaan yang hening, sepi dan tenang. Para wisatawan akan diajak mengelilingi lokasi sambil di ingatkan tentang perjalanan Tuhan Yesus di dunia.

Jika di total ada 14 titik pemberhentian dan akan finish di tempat pemberhentian terakahir yang dimaknai sebagai kebangkitan Tuhan Yesus. Tak hanya itu saja, di sana juga terdapat air terjun indah yang dikelilingi bebatuan besar.

Graha Santa Maria Annai Velengkani


Graha-Santa-Maria-Annai-Velangkanni

Banyak orang mengira bangunan ini adalah tempat ibadah umat Hindu. Wajar saja sih, karena bentuk arsitekturnya memang mirip dengan Vihara.  Tetapi faktanya ini adalah sebuah gereja Katolik. Graha Santa Maria Annai Velengkani dibangun pada tahun 2001 dengan biaya yang lumayan besar lho yakni 4 miliar rupiah. Keunikan Graha ini terletak pada keaslian arsitektur Indo-Mogul, ornamen serta pewarnaan dilakukan oleh tangan-tangan amatir bermakna kitab suci.

Taman Wisata Iman


Golgota_TWI

Eksotik, menawan, dan penuh nuansa religius itulah kata yang pantas untuk menggambarkan panorama yang terdapat di Taman Wisata Iman Dairi. Dibangun pada tahun 2001 , tempat wisata ini diperuntukan bagi semua umat beragama. Lokasi ini dibagi menjadi lima yang menggambarkan lima agama di Indonesia yakni Kristen, Katholik, Islam, Hindu, dan Budha. Secara tidak lansung, tempat wisata ini mengajarkan kepada kita bahwa toleransi antar umat beragama harus dijaga dan dipertahankan.

Prasasti Salib Besar Pulau Mansinam


pulau-mansinam-4

Papua adalah pulau bersejarah bagi kita umat Kristiani. Pasalnya dipulau inilah ajaran agama Kristen mulai di sebarkan. Di pulau ini tedapat sebuah bangununan salib setinggi 6 meter, lalu adapula prasasti bertuliskan “Soli Deo Gloria” yang menjadi bukti kedatangan Carl William dan Goltlob Geisller. Selain itu ada juga patung Tuhan Yesus setinggi 35 meter, patung ini sekaligus menjadi simbol dimana Kitab Injil masuk ke Papua untuk pertama kalinya.

Larantuka


wisata-rohani-larantuka

Yang terakhir ada tempat wisata bernama Larantuka, tempat wisata rohani yang berlokasi di pulau Flores Timur, NTT. Saat Paskah tempat ini begitu ramai dikunjungi oleh wisatawan. Karena ada perayaan paskah besar-besaran disana. Pada perayaan paskah ini, patung Tuhan Yesus atau Tuan Ma dan patung perawan atau Tuan Ana akan diperlihatkan kepada umat, selain hari paskah kedua patung tersebut tidak diperlihatkan. Ingin rasanya bisa merayakan paskah bersama dengan saudara seiman disana.

Itulah tujuh tempat wisata rohani Kristen yang ada di Indonesia. Sebenarnya masih ada banyak tempat wisata rohani Kristen lainnya, namun karena keterbatasan waktu kami akan membagikannya di kemudian hari. Menurut kamu tempat wisata mana yang paling menarik? Tulis di kolom komentar ya. See you guys. God bless you All.

No comments