Advertising

Breaking News

Dari Mana Simbol Kelinci dan Telur Paskah Tercipta?

Paskah adalah hari raya orang Kristen untuk mengingat pengorbanan, kematian serta kebangkitan-Nya. Paskah juga menjadi bukti kasih Tuhan kepada setiap manusia.  Karena lewat pengorbanan-Nya lah kita di tebus dan diselamatkan. Namun, seiring dengan berjalanan waktu, paskah sering dikaitkan atau disimbolkan dengan telur dan kelinci. Lalu dari mana simbol ini tercipta dan apa maknanya?

Telur


Telur paskah digambarkan sebagai makam Yesus yang kosong, yang pada awalnya di cat dengan merah untuk melambangkan darah Yesus yang tercurah. Sedangkan awal mula berburu telur berasal dari kebiasaan warga Mesir dan Persia kuno yang menghias telur lalu menukarnya dengan teman atau saudara mereka.

Adapula yang menyimbolkan telur sebagai makna kelahiran dan kebangkitan-Nya, itu sebabnya saat gereja mulai merayakan kebangkitan Yesus pada abad ke dua, telur pun jadi simbol paskah yang populer.

Kelinci


Seperti yang dikutip History Channel, belum ada makna jelas mengenai simbol kelinci paskah. Tetapi dizaman kuno kelinci dikenal sebagai simbol kesuburan dan permulaan kehidupan yang baru. Dari situlah kelinci dijadikan simbol paskah yang berfokus pada kebangkitan Yesus dari kubur.

Akan tetapi ada yang berpendapat asal mula kelinci di gunakan simbol paskah erat dengan tradisi festival musim semi yang di gelar di negara Eropa. Karena pada tahun 1700 imigran Jerman yang tingal di Pennsylvania membawa kelinci penyimpan telur yang di sebut ‘Osterhase’ atau ‘Oschter Haws”. Oleh sebab itu, paskah dikaitkan dengan kelinci paskah yang menyimpan telur-telur paskah.

Baca Juga : 5 Cara Baru Rayakan Paskah Tahun Ini, Dijamin Seru!


Sebenarnya, semua ini adalah tentang kebudayaan. Itu tidaklah salah, namun kita harus tetap ingat bahwa makna paskah yang sebenarnya adalah tentang pengorbanan-Nya dan hidup kekal yang akan kita terima.

No comments