Advertising

Breaking News

Makna Sebuah Pengorbanan

Tidak ada kasih yang lebih besar dari pada kasih seorang yang memberikan nyawanya untuk sahabat-sahabatnya (Yoh 15:13)

Suatu kali, ada hamba yang setia pada tuannya dan udah bekerja lebih dari 30 tahun secara tiba-tiba meminta izin untuk keluar dari pekerjaannya. Tentunya, tuannya sangat kaget. Ia bertanya apakah ia memiliki salah sehingga membuat tersinggung hambanya yang setia itu atau hambanya kurang mendapatkan haknya kayak gaji dan fasilitas hidup lainnya.

Ternyata, hamba tersebut keluar bukan karena ketidakcocokan dengan tuannya ataupun perkara kesejahteraan dirinya. Ia keluar karena pengen menggantikan adiknya yang akan dihukum mati bulan depan karena dianggap mencuri.

Ia memilih menggantikan adiknya karena adiknya masih muda dan memiliki dua anak kecil dan istri yang masih membutuhkan dirinya. Sedangkan ia hanyalah orang yang udah tua dan ngga punya siapa-siapa lagi.

Mungkin bagi kita menjadi tanda tanya, apa mungkin ada orang yang mau menggantikan nyawa bagi adiknya padahal memiliki kehidupan yang lebih menyenangkan dibanding sang adik?

Dalam bacaan hari ini, ditekankan, akan adanya kasih yang mengalir dari Bapa jika kita menuruti segala perintah-Nya untuk tetap tinggal dalam kasih. Akibat kita hidup dalam kasih, kita akan mendapatkan sukacita yang penuh yang berasal dari-Nya. Yakinkah kita kalo kita mau berkorban dengan kasih kita akan mendapatkan sukacita besar dari-Nya?

Hari ini, kalo kita diingatkan untuk berkorban, apakah kita udah mengorbankan hidup kita untuk sesama? Tuhan pengen kita yang hidup dalam kasih-Nya ngga cuma berteori tapi juga secara tindakan nyata benar-benar mengasihi sesama.

No comments