Advertising

Breaking News

Mantan Perokok, Peminum dan Pengguna Narkoba, Begini Kesaksian Aktor Reza Nangin

Reza Nangin atau kerap disapa dengan Echa adalah seorang aktor , entertainer dan youtuber terkenal di Indonesia. Namanya mulai dikenal setelah berhasil membintangi film berjudul Cinta Tapi Beda yang disutradari oleh Hanung Bramantyo. Namun, kini kita lebih sering melihat wajahnya nongol di salah satu chanel Youtube terkenal, Cameo Project.

Sebelum sukses seperti sekarang ini, ternyata Reza Nangin memiliki masa lalu yang kelam. Reza Nangin lahir dari keluarga yang broken home, sejak kecil ayah dan ibunya tak pernah memperdulikannya. Itulah yang membuatnya tumbuh menjadi pribadi yang ngga kenal kasih dan ngga peduli sama orang lain bahkan dirinya sendiri.

“Gue SD kelas 6 ketahuan ngerokok sama nyokab, begitu ketahuan malah dibolehin. Oh ya udah. Masuk SMP nyobain minum minuman keras trus abis itu obat-obatan. SMA Gue kehidupan malam dan segala macam rupanya. Gue coba, gue jajalinlah” ungkapnya.

Ayahnya adalah seorang pengguna narkoba sementara ibunya pengguna inex. Dari merekalah Reza mengenal obat-obatan terlarang itu, bahkan ia pernah menggunakan inex bersama kedua orang tuanya.

“Bokap nyabu di depan gue, kalo nyokab pengguna inex, gue pernah make inex bareng sama mereka, pas itu gue cuma mikir, gila asyik banget orang tua gue”, kata cowok yang lahir di Jakarta tahun 1984 itu.

Satu hal yang ia ngga punya adalah rumah, ia tidak punya tempat buat cerita, buat curhat, dan buat berbagi. Tak hanya kehilangan father figure saja, melainkan family figure. Ketika kuliah, Reza di drop out karena IP-nya 0,3. Seolah-olah tak ada harapan, tak ada masa depan lagi. Terbesit dalam pikirannya untuk bunuh diri. Namun, puji Tuhan hal itu tak dilakukannya.

“Kalau gue bunuh diri mungkin keluarga gue ga papa, nyokab gue mungkin ga papa, bokap gue mungkin ga papa, tapi yang gue pikirin kenapa-kenapa tuh adik gue, karena adik gue cuman punya gue doang”, ungkapnya.

Reza Nangin

Karena merasa putus asa hidup di Jakarta, ia memutuskan untuk pergi ke Singapura. Disana ia tinggal bersama om dan tantenya dengan tujuan untuk mencari pekerjaan. Tetapi, tak satu pekerjaan pun yang ia dapat.Singkat cerita, ada salah satu teman mengajaknya datang ke sebuah persekutuan doa. Dan untuk pertama kalinya ia ikut ke sebuah persekutuan doa, tapi tujuan utamanya bukan untuk ibadah melainkan untuk mencari makanan di perseketuan doa tersebut, karena setelah persekutuan doa pasti ada makanan yang disediakan.

Dalam persektuan doa tersebut, ia bertemu dengan seorang pendeta. Lalu, secara tiba-tiba pendeta itu datang dan mendekat ke arahnya sambil berkata “Kamu akan dipakai Tuhan luar biasa, kamu akan dipakai Tuhan sampai bangsa-bangsa, kamu akan dipakai Tuhan seperti Yererima”.

Setelah mendengar hal itu, satu pertanyaan yang timbul di hati Reza yakni, siapa itu Yeremia? Karena penasaran dibukalah kitab Yeremia, walau jarang bahkan hampir ngga pernah buka Alkitab, dia sempat dengar nama Yeremia itu ada di Alkitab. Setelah menemukannya, dibacalah Yeremia 1 : 5.

Isinya “Sebelum Aku membentuk engkau dalam Rahim ibumu, Aku telah mengenal engkau, dan sebelum engkau keluar dari kandungan, Aku telah menguduskan engkau, Aku telah menetapkan engkau menjadi nabi bagi bangsa-bangsa."

Firman itulah yang merubahnya hingga saat ini. Tak ada satu orang pun yang pernah mengatakan kepadanya kalau dia berharga, pacaranya, teman bahkan orang tuanya pun ngga pernah mengatakan hal itu. Melalui firman itu, Untuk pertama kalinya ia merasakan sebuah kasih, kasih dari Bapa di Sorga. Setelah itu, ia memutuskan diri untuk bertobat dan menjadi seorang Kristen yang sungguh-sungguh. Dari sanalah kehidupannya mulai diubahkan.

Tak hanya itu saja seisi rumahnya pun di selamatkan. Orangtuanya bertobat, adiknya juga bertobat dan seluruh keluarganya dipulihkan. “Semua ini karena Tuhan”, imbuhnya.

Heroes, dari kesaksian Reza Nangin kita bisa belajar bahwa kasih Tuhan ngga pernah berubah. Ngga peduli siapa kita, dari mana kita berasal, seberapa besar dosa kita, Dia tetap mengasihi kita. Dan lewat kasih-Nya lah kita diselamatkan. Bertobatlah selagi sempat, lakukan hal-hal besar bersama Tuhan.  God Bless You.

No comments