Advertising

Breaking News

Kok Tuhanmu Ada Tiga? Begini Cara Mudah Menjabawabnya

Sebagai warga negara minoritas di negeri tercinta ini, seringkali kita dihadapkan dengan pertanyaan-pertanyaan semacam ini. Entah apa tujuan utama mereka menanyakan hal-hal  tersebut, apakah mereka ingin menyerang keyakinan kita ? atau mereka penasaran dengan ajaran yang kita anut?. Terlepas dari semua itu, faktanya banyak orang Kristen yang masih bingung untuk menjelaskan konsep trinitas kepada mereka yang belum percaya Yesus. Untuk itu mari kita belajar mengenai konsep trinitas bersama-sama.

Pada dasarnya, Tuhan yang kita sembah adalah Esa! Dalam Bahasa Ibrani Esa dituliskan " אחד - 'EKHAD" yang berarti, "pertama", "satu", dan YAKHID yang berarti "tunggal", "satu-satunya", "tunggal", "saja", "hanya", "sendiri" . Gabungan kedua aksara tersebut bermakna "kesatuan". Satu kata yang patut kita garis bawahi adalah Kesatuan.  Apa itu kesatuan? Kesatuan adalah hubungan yang terjalin antara satu unsur dengan unsur lainnya, dengan kata lain ada lebih dari satu unsur yang terkandung.

Sederhananya, Allah yang kita sembah adalah tunggal namun memiliki peranan masing-masing. Seperti halnya saya. Saya adalah seorang Co-Founder di Generasihero.com,  saya juga seorang anak laki-laki kedua di keluarga saya, dan saya juga seorang penulis. Lalu apakah ada tiga pribadi yang berbeda disana? Tentu saja tidak. Faktanya, saya memiliki peranan dan kedudukan yang berbeda. Sebagai Co-Founder saya harus mengelola Generasihero.com dengan baik, sebagai anak saya harus menghormati orang tua dan melakukan kewajiban seorang anak, sebagai penulis saya harus menghasilkan karya untuk dapat dibaca dan dinikmati. Intinya, satu pribadi memiliki tugas dan peranan yang berbeda-beda.

Mari kita berpindah ke ulasan lain. Manusia hidup dari tiga elemen utama yakni roh, tubuh dan jiwa. Pertanyaannya, bisakah manusia hidup dengan roh saja, tanpa tubuh dan jiwa? Atau bisakah manusia hidup dengan tubuh saja tanpa ada roh dan jiwa? Atau bisakah manusia hidup dengan jiwa saja tanpa tubuh dan roh? Saya yakin kamu akan menjawab tidak! Manusia tercipta karena adanya kesatuan yakni roh, tubuh dan jiwa. Begitupun dengan Allah yang menciptakan kita, Allah didalam Yesus, Yesus didalam Allah, Allah didalam Roh Kudus, Roh Kudus didalam Allah, Yesus didalam Roh Kudus dan Roh Kudus didalam Yesus.

Lalu, bagaimana Yesus dan Allah berada di tempat yang berbeda ketika Yesus berada di dunia saat itu? Diluar logika memang, seperti halnya matahari yang terbit di setiap pagi dan tenggelam di malam hari, seperti bumi yang terus berputar, seperti air laut yang tak pernah habis, seperti banyaknya bintang dilangit. Sobat, tidak semua hal tentang Allah bisa kita pahami dengan logika. Karena kuasanya benar-benar diluar logika kita dan otak kita tak sanggup melampaui kuasa-Nya. So, jangan samakan Dia dengan kita manusia.

Apakah kamu sekarang mengerti tentang konsep trinitas? Actually, konsep trinitas begitu kompleks, namun disini saya mencoba menjelaskan secara sederhana agar kamu mudah mengerti dan memahaminya. Oh iya, jika ada beberapa hal yang perlu ditanyakan, silahkan tulis di kolom komentar. God Bless you guys!

No comments