Advertising

Breaking News

10 Ayat Ini Berikan Harapan Baru Dikala Masalah Hidup Menerpa


Masalah. Satu kata yang ternyata mampu melumpuhkan banyak harapan manusia. Semangat hidup yang tadinya menggebu-gebu seketika hilang ditelan satu masalah saja. Kenapa ini bisa terjadi? Karena ada banyak orang yang masih memiliki sudut pandang yang keliru mengenai masalah. Sedikit bercerita, tepat sore kemarin ada salah satu teman dekat mengirim sebuah pesan WA kepadaku dan dia mengatakan “Bro, kenapa ya Tuhan berikan masalah kepadaku begitu besar?”Karena lagi sibuk, aku balas dengan bercanda “mungkin masalah yang kecil udah terlalu mainstream bro ”.

Namun, satu jam setelah itu aku merenungkan kembali pertanyaan dari temanku tadi.  Dan aku menemukan satu kesalahan pada pesan yang ia kirim. “Tuhan berikan masalah kepadaku begitu besar?” Kata yang saya tebali adalah kesalahan yang pada kenyataan sering diucapkan manusia. Mengapa? Karena faktanya Tuhan tidak pernah berikan masalah, Tuhan tidak pernah berikan kegagalan, Tuhan tidak pernah berikan penyakit kepada manusia. Dasarnya begini, kita hanya bisa memberi apa yang kita punya. Jika aku punya smartphone, aku bisa memberikanmu sebuah smartphone . Tetapi jika aku saja tidak punya smartphone bagaimana aku bisa memberikan smartphone untukmu?

Begitupun dengan Tuhan, ia tidak pernah memberikan sesuatu yang tidak ia miliki yakni kegagalan, penyakit dan beragam masalah lainnya. Dia hanya izinkan itu terjadi. Untuk apa? Jelas untuk menempamu menjadi pribadi yang lebih baik dan lebih sempurna dari sebelumnya.  Jadi mulai sekarang berhentilah berpikir bahwa Tuhan yang berikan masalah, Dia hanya izinkan itu terjadi. Justru, Dia berikan pengharapan-pengharapan dan jalan keluar untukmu. Sobat jika kamu sedang mengalami masalah yang berat, mungkin 10 ayat ini bisa membangkitkan harapanmu lagi.

Mazmur 147 : 3


“Ia menyembuhkan orang-orang yang patah hati dan membalut luka-luka mereka”

Seperti yang telah dikatakan, Tuhan hanya memberikan hal baik kepada kita. Ketika masalah itu menusukmu dan membuatmu terluka. Tuhan siap membalut luka-luka itu dengan kasih-Nya. Dan percayalah luka-luka itu akan segera kering dan sembuh. Sekali lagi percayalah!

Yesaya 40 : 31


“tetapi orang-orang yang menanti-nantikan TUHAN mendapat kekuatan baru: mereka seumpama rajawali yang naik terbang dengan kekuatan sayapnya; mereka berlari dan tidak menjadi lesu, mereka berjalan dan tidak menjadi lelah”

Ada dua tipe orang saat menghadapi masalah. Yang pertama menyerah dan tenggelam dalam masalah itu dan yang kedua menyelesaikan masalah itu dan bangkit dari keterpurukan. Mana yang kamu pilih? Aku yakin yang kedua. Ketika kamu berani menghadapi masalah sebesar apapun itu, kamu akan naik satu level dan akan terus naik sampai kamu tak merasakan sengat dari masalah-masalah hidupmu.

1 Petrus 5 : 6-7


Karena itu rendahkanlah dirimu di bawah tangan Tuhan yang kuat, supaya kamu ditinggikan-Nya pada waktunya. Serahkanlah segala kekuatiranmu kepada-Nya, sebab Ia yang memelihara kamu.

Masih ingatkah kamu dengan kisah Daud? Ia berhasil mengalahkan raksasa besar bernama Goliath. Karena apa? Karena Daud mengandalkan Tuhan dan bukan kekuatannya sendiri. Sobat Generasihero, kita tidak bisa hidup tanpa Tuhan. Bahkan untuk dapat mengedipkan mata ini, kita membutuhkanNya. Jadi, serahkanlah segala masalahmu kepada pribadi yang kuat yaitu Yesus. Percayalah, Tuhan yang memberikan kekuatan kepada Daud adalah Tuhan yang sama yang akan memberikan kekuatan kepadamu untuk mengalahkan setiap masalah.

Matius 6 : 14-15


“Karena jikalau kamu mengampuni kesalahan orang, Bapamu yang di sorga akan mengampuni kamu juga. Tetapi jikalau kamu tidak mengampuni orang, Bapamu juga tidak akan mengampuni kesalahanmu”

Ayat ini membahas tentang problematika hubungan antar sesama manusia. Seringkali kita menyimpan kemarahan, membenci atau malah sebaliknya kita sering tak dihargai, dihina dan lain sebagainya. Sobat, untuk bisa menyelesaikan masalah itu, kita harus mau mengampuni. Karena sesuai dengan firmannya jika kamu tidak mau mengampuni, Tuhan juga tak akan mengampunimu. Bayangkan betapa seramnya jika Tuhan tak mau mengampuni kita. Jadi mulai dari sekarang jangan ragu untuk mengampuni orang lain. In Fact, mengampuni adalah cara paling efektif dalam menyelesaikan masalah!

Yesaya 41 : 10


“janganlah takut, sebab Aku menyertai engkau, janganlah bimbang, sebab Aku ini Allahmu; Aku akan meneguhkan, bahkan akan menolong engkau; Aku akan memegang engkau dengan tangan kanan-Ku yang membawa kemenangan”

Tuhan berjanji untuk menyertai kita kemanapun kita pergi. Bahkan, Dia juga  menjanjikan sebuah kemenangan untuk kita. Lalu untuk apa kuatir lagi? Kita ada ditangan yang hebat kok guys. Dan perlu dingat, JanjiNya bukan janji palsu karena Tuhan selalu menapati janji-Nya.

Amsal 20 : 22


Janganlah engkau berkata: "Aku akan membalas kejahatan," nantikanlah TUHAN, Ia akan menyelamatkan engkau.

Dalam segala masalah sering kali kita bertindak nekat, lagi-lagi karena alasan sudah tak ada harapan. No guys, itu salah besar. Jangan membalas kejatahan dengan kejatahan. Karena apa yang kau tabur, itulah yang akan kau tuai. Nantikan saja kuasa Tuhan atas hidupmu. Dia akan menyelamatkanmu dan memberikan pengharapan baru.

Filipi 4 : 6 – 7


“Janganlah hendaknya kamu kuatir tentang apapun juga, tetapi nyatakanlah dalam segala hal keinginanmu kepada Allah dalam doa dan permohonan dengan ucapan syukur. Damai sejahtera Allah, yang melampaui segala akal, akan memelihara hati dan pikiranmu dalam Kristus Yesus.”

Satu-satunya akses jalan keluar dari setiap masalah adalah Yesus. None but Jesus! Jadi ketika masalah menimpamu dan kamu merasa ngga mampu lagi, berdoalah dan minta pertolongan dari Dia. Berdoa dapat kamu lakukan dimanapun dan kapanpun, ngga butuh pulsa, ngga butuh internet, kamu bisa terkoneksi dengan Dia hanya dengan menyebut nama-Nya.

Yohanes 3 : 16


“Karena begitu besar kasih Allah akan dunia ini, sehingga Ia telah mengaruniakan Anak-Nya yang tunggal, supaya setiap orang yang percaya kepada-Nya tidak binasa, melainkan beroleh hidup yang kekal”

Ayat ini begitu populer bagi orang Kristen, lalu mengapa masih banyak orang yang menyerah dari masalah hidupnya? Ya, karena mereka tak menghidupi ayat ini, mereka hanya menghafal sebuah tulisan saja.  Yuk mulai dari sekarang kita menghidupi ayat ini dengan sungguh-sungguh , yakni ketika Allah memberikan Yesus, Dia telah memberikan pengharapan dan anugerah besar untuk kita. Sehingga masalah itu takkan terasa berat lagi. Alasannya, karena ada Yesus!

Yohanes 15 : 15


“Aku tidak menyebut kamu lagi hamba, sebab hamba tidak tahu, apa yang diperbuat oleh tuannya, tetapi Aku menyebut kamu sahabat, karena Aku telah memberitahukan kepada kamu segala sesuatu yang telah Kudengar dari Bapa-Ku”

Sejatinya kita sudah diberikan otoritas atau status yang keren dari Tuhan. Untuk apa? Supaya kita percaya diri dalam menghadapi masalah. Selain pengharapan dan janji, Tuhan juga memberikan kita kuasa. So, gunakan kuasa itu mengalahkan setiap masalah!

Amsal 3 : 5-6


“Percayalah kepada TUHAN dengan segenap hatimu, dan janganlah bersandar kepada pengertianmu sendiri. Akuilah Dia dalam segala lakumu, maka Ia akan meluruskan jalanmu. “

Walau kita telah diberikan otoritas yang tinggi, jangan sombong dan mengandalkan diri sendiri. Sebaliknya, kita harus tetap bersandar kepada-Nya. Sebenarnya, Tuhan Yesus telah memberikan kita teladan mengenai hal ini. Dalam setiap tindakan, Dia selalu meminta izin kepada Allah Bapa di Surga dan meminta pertolongan dari-Nya.

Itulah beberapa ayat yang dapat memunculkan harapan yang mungkin telah hilang ditelan masalah. Sebenarnya, ada ratusan bahkan ribuan ayat lagi, namun tak mungkin rasanya membagikan semuanya. Sobat, pada intinya TUHAN YESUS lebih besar dari masalahmu! Jangan kalah dengan masalah! Stay Solid, Gbu!

No comments