Advertising

Breaking News

10 Gereja Tua Ini Menjadi Bukti Sejarah Kristen di Dunia

Kristen menjadi salah satu agama terbesar di dunia. Bahkan, hampir 30% penduduk di dunia ini adalah penganut agama Kristen. Tentunya kristen memiliki sejarah yang begitu panjang. Bermula dari Israel, ajaran Yesus disebarkan ke seluruh dunia oleh para Rasul.

Melalui penyebaran inilah banyak bangunan-bangunan bersejarah tercipta. Tak terkecuali sepuluh gereja tua berikut ini. Selain menjadi tempat ibadah , sepuluh gereja ini menjadi bukti keberadaan Kristen di dunia. Kira-kira gereja tua apa saja? Berikut informasinya

Gereja Dura-Europos


DuraEuropos-Church

Dalam daftar gereja tertua di dunia, gereja Dura-Europos adalah gereja Kristen yang paling awal diidentifikasi. Gereja ini terletak di negara Suriah dan diperkiraakan sudah ada sejak tahun 235 M. Penunjukan gereja tertua di dunia memerlukan penggunaan definisi secara hati-hati, dan harus dibagi menjadi dua bagian, yang tertua dalam arti bangunan tertua yang masih ada, dan yang tertua dalam pengertian jemaat gereja Kristen tertua. Bahkan di sini, ada perbedaan antara bangunan gereja lama yang terus digunakan sebagai gereja, dan gereja-gereja yang telah diubah menjadi tujuan lain. Namun, sungguh disayangkan struktur gereja Dura-Europos tidak diketahui setelah diduduki oleh ISIS.

Gereja Megiddo


megiddo01

Pada tahun 2005, arkeolog Israel Yotam Tepper dari Universitas Tel-Aviv menemukan sisa-sisa gereja yang diyakini berasal dari abad ketiga, saat orang-orang Kristen masih dianiaya oleh Kekaisaran Romawi. Beberapa tulang-belulang ditemukan di Penjara Megiddo, yang terletak beberapa ratus meter di sebelah selatan Tel.

Selain itu, ditemukan juga Mosaik besar berukuran 54 meter persegi dengan tulisan Yunani yang menyatakan bahwa gereja tersebut dikuduskan dalam nama "Tuhan Yesus Kristus”.Mosaik ini sangat terpelihara dan dilengkapi gambar geometris, gambar ikan, dan simbol Kristen.

Saint Anthony


Monastery-of-Saint-Anthony-600x450

Saint Anthony adalah sebuah biara Orthodox Koptik yang berdiri di Gurun Timur Mesir. Tersembunyi jauh di pegunungan Laut Merah dan terletak 334 km (207 mil) tenggara Kairo. Ini adalah salah satu biara tertua di dunia yang didirikan oleh para pengikut Saint Anthony. Biara St. Anthony adalah salah satu biara yang paling menonjol di Mesir, karena berhasil mempengaruhi pembentukan beberapa institusi Koptik, dan mempromosikan cara hidup biarawan.

Saint-Pierre-aux-Nonnains Basilica




Saint-Pierre-aux-Nonnains basilica adalah bangunan gereja bersejarah di Metz, Prancis. Gereja ini dibangun pada tahun 380 M yang menjadikannya salah satu gereja tertua di Eropa. Bangunan ini awalnya digunakan untuk kompleks spa Romawi, namun pada abad ke-7 berubah menjadi sebuah Gereja. Selanjutnya, Pada sejak abad ke-16 sampai tahun 1970-an, bangunan itu menjadi gudang. Lalu semenjak tahun 1970an bangunan itu dipulihkan lagi menjadi gereja dan dibuka untuk konser dan pameran.

Gereja Bunda Maria dari Sion


bunda-maria

 Gereja Bunda Maria dari Sion adalah gereja terpenting di Ethiopia. Gereja ini diyakini telah dibangun sejak masa pemerintahan Ezana, kaisar Kristen pertama Etiopia, tepatnya pada abad ke-4 Masehi. Gereja Bunda Maria ini berada di kota Axum di Provinsi Tigray. Sayangnya, lokasi yang kurang kondusif membuat gereja ini sering diserang oleh bangsa lain.

Kehancuran pertamanya diduga terjadi di tangan Ratu Gudit pada abad ke-10. Yang kedua, penghancuran terjadi pada abad ke-16 di tangan Ahmad ibn Ibrihim al-Ghazi, yang kemudian dibangun kembali oleh Kaisar Gelawdewos, dan kemudian dibangun kembali dan diperbesar oleh Fasilides pada abad ke-17.

Katedral Trier


Katedral Trier

Katedral Trier adalah sebuah gereja yang terletak di kota Trier,  Jerman. Ini adalah katedral tertua di negara tersebut. Bangunan ini terkenal karena rentang umurnya yang sangat panjang di bawah berbagai era yang berbeda, masing-masing menyumbangkan beberapa elemen pada rancangannya, termasuk pusat kapel utama yang dibuat dari bata Romawi dengan dimensi  112,5 m x 41 m. Ukuran dimensi ini menjadikannya struktur gereja terbesar di Trier. Sejak tahun 1986 Gereja ini masuk dalam daftar UNESCO sebagai Situs Warisan Dunia.

Gereja Saint Simeon Stylites


Gereja Saint Simeon Stylites

Gereja Saint Simeon Stylites adalah gereja  yang didirikan sejak abad ke 5 dan hingga saat ini masih terawat dengan baik. Letaknya, sekitar 30 km barat laut Aleppo, Syria. Gereja ini dibangun di atas pilar St. Simeon Stylites, seorang biarawan pertapa yang terkenal. Saint Simeon Stylites dikenal sebagai Qalat Seman atau sebagai 'Benteng Simeon' .

Hagia Sophia


Hagia-Sophia-600x450

Hagia Sophia adalah bekas basilika patriarkal Orthodox yang sekarang menjadi museum di Istanbul, Turki. Sejak tanggal pengabdiannya pada tahun 360 sampai 1453, gereja ini berfungsi sebagai katedral Konstantinopel. Gereja ini dibangun atas perintah Kaisar Rowami Timur Yustinianus I.

Biara Saint Catherine, Gunung Sinai


Saint-Catherines-Monastery-Mount-Sinai-600x402

Biara Saint Catherine adalah Gereja Ortodoks dan merupakan Situs Warisan Dunia UNESCO. Menurut laporan UNESCO, Biara Saint Ctherine  ini adalah salah satu biara Kristen tertua di dunia bersama dengan Biara Saint Anthony. Gereja ini terletak di Gunung Sinaiies, kota Saint Katherine, Mesir.

Gereja Kelahiran Yesus  


Gereja-Kelahiran-Yesus

Gereja Kelahiran Yesus di Betlehem adalah salah satu gereja tertua yang terus beroperasi di dunia. Strukturnya dibangun di atas gua yang oleh tradisi ditandai sebagai tempat kelahiran Yesus dari Nazaret, dan dengan demikian tempat ini dianggap suci oleh orang Kristen. Situs ini juga dihormati oleh agama lain.

No comments