Advertising

Breaking News

10 Hal Yang Mungkin Orang Kristen Lupakan Setelah Ibadah di Gereja

Semakin lama, kekristenan semakin sering mengalami masalah. Banyak orang kristen  membuat kehidupan rohaninya masuk ke dalam kotak yang diberi label "Sunday Morning Only". Ya, mereka hanya menggunakannya saat ibadah di hari Minggu digereja. Dan setelah meninggalkan ibadah, kotak itu akan dikembalikan pada raknya. Hal itu tidak seharusnya kita lakukan. Kita tidak boleh mengelompokkan hidup kita menjadi dua kategori, kategori "Yesus" dan kategori "Lainnya".

Seharusnya, Yesuslah yang menjadi pusat kehidupan kita. Paulus mengingatkan "Sebab itu sejak waktu kami mendengarnya, kami tiada berhenti-henti berdoa untuk kamu. Kami meminta, supaya kamu menerima segala hikmat dan pengertian yang benar, untuk mengetahui kehendak Tuhan dengan sempurna," (Kolose 1:9). Dalam kutipan ayat tersebut, dikatakan bahwa Paulus tidak henti-hentinya berdoa. Ia tidak hanya berdoa di hari Minggu. Dan berikut ini 10 hal yang sering dilupakan orang kristen setelah mereka meninggalkan ibadah di hari Minggu.

KESABARAN


Kamu berjalan keluar pintu gereja.   Matahari bersinar, burung-burung bernyanyi, dan kamu tahu ini akan menjadi hari yang indah. Sampai awan kesengsaraan yang disebut "lalu lintas parkir gereja" mengendap di depanmu. Apa yang hatimu katakan saat itu? Apakah ia tersenyum senang? Apakah ia tetap bersyukur? Atau ia justru mengungkapkan kata-kata makian?

Tidak seharusnya hal-hal yang demikian mencuri Roh yang ada di dalam hati kita sehingga kita memaki. Tarik nafas dan tersenyumlah. Tempat parkir yang padat dan sesak adalah tanda bahwa gereja sedang berkembang. Bukankah itu hal baik? Bukankah kita seharusnya bersyukur akan hal itu?  Terlepas dari itu, adapun kejadian-kejadian sederhana lain yang terkadang mengubah kesabaran menjadi sebuah kemarahan. Sobat, kita harus menjaga hati dan kesabaran dalam segala waktu.

DOA


berdoa

Seperti yang telah kami katakan. Doa menjadi salah satu hal yang sering kita lupakan. Kehidupan doa itu berakhir ketika menginjakkan kaki keluar dari pintu gereja. Tuhan adalah pencipta hidup kita. Ia ingin selalu berada dekat dengan kita. Dan hal itu hanya bisa tercapai jika kita memiliki komunikasi yang baik dengan Tuhan. 1 Tesalonika 5:17 mengingatkan "Tetaplah berdoa." yang berarti bahwa kehidupan doa kita harus tetap berjalan. Sekalipun diluar gedung gereja.

Baca Juga : Bagaimana Cara Berdoa Dikala Kehabisan Kata-Kata ?


SUKACITA


Saat tugas dan pekerjaan menumpuk dan dikejar dengan deadline. Tidak tidur sepanjang malam. Seakan-akan tidak ada satu ons-pun sukacita yang tersisa dalam hati kita. Saat tekanan dan masalah datang, terkadang kita lupa bahwa kita memiliki sumber sukacita. Tuhan adalah sumber sukacita kita. Jika kita menempatkan Tuhan ditempat pertama dalam hati kita, yakini bahwa tidak akan ada yang bisa mencuri sukacita dalam hati kita.

PELAYANAN


Aku tahu. Hidup ini begitu sibuk! Antara menyeimbangkan pekerjaan, kehidupan keluarga, tetap sehat, dan mengejar cita-cita, kita sering kali tidak diberi waktu sama sekali. Kita terjebak dalam semua tugas kehidupan sehari-hari sehingga kita lupa bahwa salah satu hadiah terbaik yang bisa kita berikan kepada orang lain adalah waktu kita.

Sama hal nya dengan Tuhan. Tuhan juga menginginkan kita menyisihkan sedikit waktu untuk melayaniNya. Tidak hanya di dalam gereja. Kita juga dapat melayaniNya diluar gereja. Dengan menyaksikan kuasaNya kepada teman-teman, membantu sesama dan banyak hal lainnya.

KASIH


ilovechrist

Kebanyakan dari kita, paling sedikit pasti ada satu orang yang kita tidak sukai. Mungkin itu adalah orang yang sering mengejek kita, seseorang yang pernah membuat hati kita terluka atau bahkan menangis. Seberapa cepat kita lupa bahwa kita harus mengasihi siapapun. Sekalipun seseorang itu melukai kita. "Tetapi Aku berkata kepadamu: Kasihilah musuhmu dan berdoalah bagi mereka yang menganiaya kamu." (Matius 5:44). Mari belajar untuk saling mengasihi dan tidak menyimpan kepahitan dalam hati.

BERSAKSI


Yesus dengan jelas mengatakan "Lalu Ia berkata kepada mereka: "Pergilah ke seluruh dunia, beritakanlah Injil kepada segala makhluk." (Markus 16:15). Namun, kebanyakan dari kita enggan melakukannya. Apalagi diluar gereja. Dan kepada orang-orang diluar Tuhan. Dengan alasan tidak punya waktu, lupa, takut terhadap penolakan, atau bahkan malu menyaksikan cinta Tuhan.

Tapi kita perlu ingat, Tuhan menugaskan kita untuk memberitakan injil kepada semua orang. Memang sebaiknya kita menjalin hubungan baik dengan orang-orang tersebut. Tapi, mulai dari sekarang mari kita memupuk keberanian kita untuk melangkah keluar dan memberitakan tentang Yesus.

DAMAI


Hidup memang bisa menjadi sangat sulit. Dan bagian yang memberatkan adalah Tuhan tidak pernah janji bahwa hidup di dunia ini akan berjalan dengan mudah. Alkitab sering mengatakan bahwa hidup kita akan melalui perjuangan yang berat dan kesulitan yang sangat. Namun, satu hal yang dijanjikan Tuhan, yaitu bahwa kedamaianNya akan tersedia bagi kita. Asalkan kita mau hidup seturut dengan kehendaknya.

MURAH HATI


Hal ini sangat sering kita lakukan. Kita hanya bermurah hati hanya saat ada di gereja. Menunjukkan bahwa kita adalah orang yang baik dan penuh dengan Roh Kudus. Namun, banyak orang Kristen yang menggunakan kemurahan hati hanya sebagai kedok.

Diluar gereja mereka bisa menjadi orang yang sangat kikir. Karakter ini dapat merugikan diri sendiri maupun orang lain. Ketika ada seseorang hendak pergi ke gereja dan mau mengakui bahwa Yesus adalah Tuhan dan Juruselamatnya, sifat kikirmu akan membuat seseorang itu berpikir ulang untuk mengikut Yesus.

ISTIRAHAT


Banyak orang menjadi gila kerja. Dunia yang serba cepat menuntut kita untuk lebih giat dalam bekerja. Ada yang bekerja hingga larut malam bahkan tanpa istirahat! Tuhan memang mengatakan bahwa kita harus bekerja untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari.

Namun bukan berarti harus bekerja non-stop. Tubuh kita perlu istirahat. Dan yang pasti, kita harus memberikan yang terbaik saat kita berjumpa dengan Tuhan didalam ibadah. Bagaimana kita bisa mempersembahkan yang terbaik jika tubuh kita telah lelah bekerja?

ANUGERAH


Kita bisa kehilangan anugrah Allah! Jika kita tidak waspada, saat keluar dari pintu gereja. Kita bisa saja kehilangan anugrah Allah. Efesus 2:8-9 mengatakan "Sebab karena kasih karunia kamu diselamatkan oleh iman; itu bukan hasil usahamu, tetapi pemberian Allah".

Kita selamat hanya oleh anugrah Allah! Sangat berbahaya bukan jika kita kehilangan kasih karunia itu. Oleh karena itu, kita perlu waspada saat mulai keluar dari pintu gereja. Banyak sekali singa yang mengaum-aum menunggu mangsanya. Kita bisa saja terjebak karena pasangan, kedudukan, uang, ketenaran, dan sebagainya. Untuk itu, kita perlu membentengi diri dengan tetap setia datang beribadah, mendengarkan Firman dan melakukannya.

Itulah 10 hal yang sering orang Kristen lupakan ketika keluar dari pintu gereja. Jangan sampai kita melupakan sepuluh hal tersebut. Mari kita terus belajar melakukan Firman dan saling menasehati satu sama lain. Supaya gereja Tuhan dimanapun berada tetap kokoh dan bersatu. Biarlah nama Tuhan yang dipuji dan dipermuliakan!

Baca Juga : 7 Kebiasaan Buruk Yang Dapat Menghancurkan Imanmu

No comments