Advertising

Breaking News

10 Kebiasaan Buruk Orang Kristen Yang Harus 'Ditendang'

Entah suka atau tidak suka, semua orang kristen berpotensi menjadi orang munafik. Karena dosa, kita tidak akan pernah menjadi sempurna. Kami pun sebagai penulis artikel rohani seringkali masih tersandung dan terjatuh ke dalam dosa. Lagi dan lagi. Tentu saja tidak ada manusia yang tidak memiliki kesalahan. Namun ternyata, ada beberapa kebiasaan buruk yang jika ditangani dengan tepat dapat memberikan dampak positif. Apa saja kebiasaan buruk yang harus dibuang dari kehidupan kita ? Cekidot.

Mengutuki Dosa Orang Lain


"Mengapakah engkau melihat selumbar di mata saudaramu, sedangkan balok di dalam matamu tidak engkau ketahui?" (Matius 7:3). Ya. Seringkali kita lebih jeli terhadap kesalahan orang lain daripada dosa kita sendiri, karena menganggap bahwa dosa mereka lebih besar dari dosa kita. Sin is sin. Tidak ada dosa kecil atau besar. Menyontek dan membunuh adalah sama. Dosa!

Masing-masing dari kita memiliki kekurangan. Oleh karena itu, kita tidak seharusnya memandang bahwa kesalahan orang lain lebih besar dari kesalahan kita. Mari kita mendorong sesama kita untuk lebih sungguh mengikut Yesus. Bukan justru saling menjatuhkan.

Tidak Tulus


Hal ini sering diungkapkan dalam hal pelayanan. Banyak sekali anak muda yang semangat melayani pekerjaan Tuhan namun dengan motivasi yang salah. Hanya ingin dilihat, hanya ingin dipuji, hanya ingin tenar, dan lainnya. Hal ini seharusnya ditinggalkan. Kita harus melakukan segala hal yang baik di mata Tuhan dengan hati yang tulus. Mau mencurahkan waktu, pikiran, dan tenaga untuk Tuhan dengan tulus. Karena didalam Tuhan, jerih payah kita tidak akan pernah sia-sia.

Mengeluh Tentang Ibadah


"Pujilah Dia dengan tiupan sangkakala, pujilah Dia dengan gambus dan kecapi! Pujilah Dia dengan rebana dan tarian, pujilah Dia dengan permainan kecapi dan seruling!" (Mazmur 150:3-4). Tidak masalah jika kita memuji Tuhan dengan diam dalam doa yang sungguh-sungguh atau kita memujinya dengan nyanyian dan bersuara nyaring.

Setiap orang memiliki cara yang unik untuk memuji dan berkomunikasi dengan Tuhan. Jadi, kita tidak boleh mengeluh jika memang jalannya ibadah tidak sesuai dengan keinginan kita. Daripada menyalahkan worship leader, lebih baik jika kita bergabung dalam pelayanan dan memberikan bantuan atau masukan.

Sering Meninggalkan Ibadah


Ini yang kerap kali dilakukan orang muda. Dengan alasan lelah, banyak kegiatan disekolah, atau bahkan secara terang-terangan menyatakan malas pergi ke gereja. Kita perlu mengingat kembali, Yesus telah lebih dulu melayani, dan inilah giliran kita untuk setia melayaniNya. Dengan setia beribadah, hal itu menandakan kita menghargai apa yang telah Yesus berikan kepada kita. Sekalipun kita tidak dapat membalas segala kebaikanNya. Dia bahkan mengorbankan nyawaNya. Bukankah waktu dan tenaga kita tidak ada apa-apanya dibandingkan apa yang Ia beri bagi kita.

Tidak Mau Berteman Dengan Non-Kristen


Bagaimana orang tidak percaya menjadi percaya jika kita tidak mau berteman dengan mereka ? Tidak salah jika kita memiliki banyak teman non-kristen. Justru disanalah kita harus menjadi saksi-saksi Kristus. Dengan menyaksikan kebaikan dan kasih Tuhan, kita dapat merangkul jiwa-jiwa baru. Mari terus perbarui pengetahuan kita tentang Alkitab dan membagikannya kepada teman-teman kita.

Baca Juga : Apa Yang Harus Dilakukan Jika Agama Kristen Dihina?


Merasa Menjadi Kristen Yang Paling Kristen


Pecaya diri memang salah satu karakter yang baik. Namun, jika kita terlalu percaya bahwa saudara atau saudari kita adalah "bayi-bayi rohani", dan menganggap diri sendiri paling rohani adalah hal yang salah. Sebagai sesama anak Tuhan, kita harus saling membangun. Jika memang ada saudara kita yang baru mengenal Yesus, kita tidak boleh menganggap dia adalah "bayi rohani", tapi kitalah yang harus menjadi mentor saudara kita dalam mengikut Yesus dan bersama-sama bertumbuh dalam iman.

Memecah Persatuan


Beberapa bulan terakhir, banyak isu-isu sara yang muncul. Agama menjadi hal yang paling sensitif. Yesus sudah memperingatkan kita bahwa diakhir zaman, kita anak-anakNya akan dibenci, disiksa, bahkan dibunuh. Alih-alih membela diri dan meneruskan perpecahan, komunitas Kristen harus dapat mempersatukan dan saling menguatkan.

Mengabaikan Orang Yang Membutuhkan


"Dan Raja itu akan menjawab mereka: Aku berkata kepadamu, sesungguhnya segala sesuatu yang kamu lakukan untuk salah seorang dari saudara-Ku yang paling hina ini, kamu telah melakukannya untuk Aku." (Matius 25:40). Jika kita membantu saudara kita yang membutuhkan, sesungguhnya kita melakukannya bagi Allah.

Berpakaian Tidak Pantas


Menjadi seseorang yang fashionable dan mengikuti trand fashion memang tidak ada salahnya. Bahkan sebagian dari kita -kebanyakan wanita- sangat menggandrungi dunia fashion dan memiliki beberapa koleksi pakaian. Hal itu juga tidak salah. Namun, akan sangat salah jika kita sebagai anak muda Kristen tidak mencerminkan karakter Kristus melalui cara berpakaian.

Setiap pakaian memiliki tempat mereka masing-masing. Tidak salah jika memakai hot pants saat berlibur dipantai. Namun, akan sangat tidak sopan jika memakainya di dalam sebuah ibadah. Pakaian yang terlalu ketat, terlalu minim dan transparan terasa sangat tidak sopan jika dipakai saat kita ke gereja. Mari kita menjaga sopan santun kita dalam berpakaian, terlebih jika saat beribadah dimana kita memiliki tujuan untuk menghampiri tahta Allah.

Berkencan Dengan Tekanan Tinggi


Hal ini cenderung menjadi kesalahpahaman umum di antara anak muda Kristen. Hanya karena  berkencan dengan seseorang dari lawan jenis, tidak berarti telah memenangkan Golden Ticket untuk menikahi mereka! Berkencan hanya proses mengenal satu sama lain. Jalani dengan santai dan tidak perlu terburu-buru. Karena belum tentu teman kencanmu akan menjadi pasangan hidupmu.

Itulah beberapa kebiasaan buruk yang harus kita hilangkan dari kehidupan kita. Adakah dari kalian yang masih terperangkap dalam kebiasaan-kebiasaan diatas. Ayo sama-sama kita belajar memperbaiki diri dengan ‘menendang’ kebiasaan buruk yang kita lakukan supaya setiap goal hidup kita yang sudah disiapkan Tuhan dapat tercapai. Supaya setiap orang yang melihat kita juga melihat karakter Kristus dalam hidup kita. So, Adakah yang harus kamu tendang?

Baca Juga : 5 Lagu Rohani Hillsong Ini Bawamu Lebih Dekat Dengan Tuhan

No comments