Advertising

Breaking News

4 Alasan Mengapa Kita Wajib Berdoa Di Tempat Tersembunyi

Matius 6 : 6 Berkata “Tetapi jika engkau berdoa, masuklah ke dalam kamarmu, tutuplah pintu dan berdoalah kepada Bapamu yang ada di tempat tersembunyi. Maka Bapamu yang melihat yang tersembunyi akan membalasnya kepadamu.” Senada dengan firman Tuhan tersebut, sebenarnya apa sih alasan khusus Tuhan mengutus kita untuk berdoa di tempat tersembunyi? Tanpa perlu berlama-lama, berikut adalah ulasannya.

Intensionalitas


Saat kita pergi ke suatu tempat, tentunya kita memiliki sebuah intesionalitas atau keinginan yang kuat untuk melakukan sesuatu di tempat tersebut. Seperti pergi ke kantor untuk bekerja atau pergi ke spa center untuk perawatan diri.

Pun begitu dengan berdoa, ketika kita berdoa di tempat yang tersembunyi, dapat dipastikan bahwa kita memiliki gairah yang besar untuk bertemu dengan Tuhan. Dengan kata lain, waktu yang ada benar-benar dipergunakan sepenuhnya untuk Tuhan dan bukan untuk kegiatan lainnya.

Privasi


Setiap orang tentunya memiliki sebuah privasi atau hal-hal yang bersifat pribadi. Dalam Matius 6 : 6 berkata bahwa kita diperintahkan untuk masuk kedalam kamar dan menutup pintu agar tak ada satupun orang dapat mendengar setiap doa demi doa yang kita ucapkan kepada Tuhan. Sobat, dalam sebuah hubungan privasi adalah hal yang penting, karena sejatinya privasi memupuk kejujuran dan kejujuran mempererat sebuah hubungan.

Keiintiman


Dalam berdoa memiliki keakraban dengan Tuhan adalah hal yang wajib. Namun, hal ini hanya bisa didapat ketika kita berdoa di tempat yang tersembunyi. Dimana kita bisa menceritakan semua isi hati kita kepada Tuhan dengan kebebasan dan tanpa rasa malu sedikitpun. Karena ketika berdoa di tempat yang tersembunyi, kita dapat berbicara dengan Tuhan layaknya anak berbicara kepada bapanya.

Integritas


Sebagai orang kristen kita diharuskan untuk menyematkan sifat integritas dalam diri kita. Dengan kata lain, kita harus menjadi orang yang berkomitmen teguh, dan taat akan kebenaran firman Tuhan. Mengenai bertemu Tuhan di tempat yang tersembunyi, sejatinya khotbah Tuhan Yesus ketika di Bukit adalah patokan utamanya. Ya, Tuhan berbicara tentang bagaimana orang-orang Farisi berdoa di tempat-tempat umum dan dengan nada yang keras, yang mana hal itu dilakukan hanya untuk mendapatkan sebuah pujian.

Tuhan berkata bahwa mereka adalah orang munafik. Sebaliknya, orang yang berdoa di dalam kamar dan menutup pintunya serta mengucapkan kata demi kata hanya untuk Tuhan tanpa ada keinginan mencari sebuah pujian, akan dipuaskan dengan berkat-Nya yang melimpah. Jadi sobat, kita diminta untuk menanamkan sifat integritas, ketaatan, kejujuran dan ketulusan dalam berdoa dengan Tuhan.

No comments