Advertising

Breaking News

4 Alasan Mengapa Kita Wajib Mempercayai Alkitab

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) Alkitab merupakan kitab suci agama Kristen, terdiri atas Perjanjian Lama dan Perjanjian Baru. Namun, sebenarnya lebih seperti perpustakaan karena terdapat narasi, puisi, surat, lagu dan banyak lagi. Alkitab juga telah ditulis selama ribuan tahun yang lalu oleh sekitar 40 penulis yang berbeda. Saya pikir pantas untuk mengatakan bahwa Alkitab benar-benar istimewa. Lalu apa alasan orang kristen membaca dan mempercayai Alkitab? Berikut ulasannya.

Alkitab Adalah Firman Tuhan


Orang-orang Kristen percaya bahwa Alkitab adalah Firman Allah. Kalian mungkin pernah mendengar hal ini sebelumnya, apakah ini berarti bahwa Tuhan sendiri telah mengambil pena untuk menulis Alkitab sebagai panduan utama hidup dan keselamatan?  Tentu saja tidak, Alkitab ditulis oleh tangan-tangan manusia yang mendapatkan ilham dan himkat dari Tuhan. Alkitab sendiri mengklaim bahwa semua yang tertulis di dalamnya berasal dari Tuhan.

Sejatinya, Alkitab dibuat bukan hanya untuk menceritakan setiap kejadian yang Yesus alami, bukan hanya untuk menceritakan kisah dari para nabi dan murid Tuhan. Melainkan lebih untuk pengajaran, untuk teguran, koreksi, dan untuk pedoman hidup dalam kebenaran.

2 Timotius 3:16 “Segala tulisan yang diilhamkan Allah memang bermanfaat untuk mengajar, untuk menyatakan kesalahan, untuk memperbaiki kelakuan dan untuk mendidik orang dalam kebenaran. ” Jadi kita harus percaya bahwa segala sesuatu di dalam-Nya telah datang dari Tuhan. Sebagai orang Kristen, Alkitab adalah bagian penting bagi iman kita karena dari situlah kepercayaan berasal.

Alkitab Sangatlah Akurat


Pernahkah berpikir seberapa akurat kah Alkitab itu? Seperti yang telah saya katakan, Alkitab berasal dari wahyu Tuhan dan dibuat dengan jujur tanpa ditambah ataupun dikurangi.  Why. 22:18 : Aku bersaksi kepada setiap orang yang mendengar perkataan-perkataan nubuat dari kitab ini: Jika seorang menambahkan sesuatu kepada perkataan-perkataan ini, maka Allah akan menambahkan kepadanya malapetaka-malapetaka yang tertulis di dalam kitab ini”.

Selain itu, setiap nubuat demi nubuatan yang ditulis pasti akan terjadi. Seperti nubuatan Yesaya mengenai kedatangan Mesias di perjanjial lama, hal ini digenapi oleh kedatangan Tuhan Yesus diperjanjian baru. Jadi sudah jelas, Alkitab merupakan pedoman hidup yang dapat dipercaya keakuratannya karna Alkitab merupakan amanat yang agung dan kudus dari Tuhan.

Alkitab 100 Persen Benar


Saya tidak berpikir Alkitab menceritakan seluruh fakta dari setiap topik dalam kehidupan, tapi saya percaya bahwa semua yang dibicarakan Alkitab adalah benar. Pasalnya hingga saat ini, Alkitab menjadi kitab suci paling akurat dan dinamis sepanjang sejarah. Ini bukan sekedar pendapat yang dipegang oleh orang Kristen tetapi juga opini oleh para ilmuwan terkemuka. Berkali-kali Alkitab telah dipelajari secara seksama dalam konteks historis aslinya dan telah terbukti benar adanya. Tentu hal ini memberikan keyakinan besar akan kebenaran Alkitab.

Alkitab Tak Memiliki Kesalahan


Jika kalian percaya bahwa Alkitab adalah firman Tuhan, maka tidak masuk akal bila kalian percaya bahwa Alkitab memiliki kesalahan. Alkitab diilhami oleh Tuhan, oleh karena itu saya percaya bahwa itu benar. Saya tahu bahwa Alkitab tidak selalu mudah dipahami tapi juga tidak berarti penuh dengan kesalahan. Poin utama dan tujuan dari Alkitab adalah untuk mengungkapkan rencana keselamatan Allah, yang digenapi di dalam Yesus Kristus. Terkadang hal-hal dalam Alkitab tidak masuk akal, tapi seharusnya tidak menghentikan kita untuk percaya kepada Tuhan.

Otak dan pikiran manusia sangatlah terbatas, namun kebenaran firman dan rencana Tuhan sangatlah tidak terbatas. Ketika kamu menemukan kesukaran dalam Alkitab , baca saja terus sambil meminta hikmat kepada Roh kudus. Niscaya, kamu akan menerima jawaban dari setiap kesukaran tersebut.

Itulah empat alasan sederhana mengapa kita wajib percaya kepada Alkitab. Sobat, Firman Tuhan bagaikan nafas orang percaya jadi bacalah Alkitab setiap hari. Namun, perlu diingat membaca firman Tuhan bukan menjadi rutinitas saja, melainkan kebutuhan hidup rohani kita.

Baca Juga : 9 Hal Yang Alkitab Katakan Tentang Kasih

No comments