Advertising

Breaking News

5 Fakta Menarik Tentang Raja Daud, Nomor 4 Mengejutkan!

Siapa yang tidak kenal Raja Daud? Tentu kamu sudah mengenalnya bukan? Sering kita dengar cerita tentangnya saat ibadah sekolah minggu maupun ibadah umum. Beberapa fenomena kehidupan Raja Daud menarik untuk diceritakan. Peristiwa Raja Daud membunuh Goliat, penggembala domba yang perkasa, hingga syair demi syair yang ia lantunkan. Nah, biar makin kenal dengan Raja Daud, kami punya 5 fakta menarik tentannya. Mau tahu apa saja? Yuk baca ulasan berikut ini.

Daud Tidak Langsung Memperoleh Tahta Kerajaan Setelah Saul Mati


Ketika Raja Saul meninggal, bukan Daud yang menggantikannya langsung. Saul digantikan oleh anaknya, Isyboset. Isyboset memerintah Israel selama dua tahun. Sedangkan saat itu Daud menjadi raja atas kaum Yehuda (2 Samuel 2:10). Meskipun Daud telah diurapi oleh Samuel sebagai pewaris Saul, perlu beberapa tahun lagi setelah kematian Saul untuk Daud dinobatkan menjadi raja atas Israel.

Daud Memerintah Dua Kerajaan Israel Sekaligus


Pada zaman Raja Saul dan Daud, Israel dibagi menjadi dua kerajaan, yaitu Yehuda dan Israel. Tujuh tahun setelah Daud memerintah Yehuda, dia dinobatkan menjadi Raja Israel. Daud memerintah kaum Israel selama 33 tahun.

Jadi selama 40 tahun, Daud tercatat sebagai raja. Raja Daud dan anaknya yakni Raja Salomo memerintah atas kaum Yehuda dan Israel. Pengganti mereka berasal dari dinasti Daud. Dasar Alkitabiah mengenai hal ini dapat kamu pelajari dalam 2 Samuel 2:4; 2 Samuel 2:10; dan 2 Samuel 5:3.

Baca Juga : Kisah Mengharukan Dibalik Lagu Kunyanyi Haleluya


Keterkaitan Daud dan Yonatan


Taukah kamu bahwa Yonathan adalah ipar laki-laki Daud? Mikhal, isteri Daud adalah saudara perempuan Yonatan, anak Saul. Hubungan persaudaraan dan persahabatan ini terus berlanjut, bahkan tidak berhenti saat Yonatan terbunuh dalam medan pertempuran. Daud mengambil Mefiboset, anak laki-laki Yonatan, keluarganya, dan semua pekerjanya. Daud bertindak sebagai ayah angkat bagi Mefiboset, anak Yonatan yang cacat kakinya.

Hal yang paling menakjubkan dari kisah ini yaitu saat Daud menunjukkan kasihnya kepada Mefiboset. Mefiboset selaku keturunan Saul memiliki hak dalam menduduki tahta sebagai raja Israel berikutnya. Bisa saja Daud membunuh anak itu supaya pemerintahannya tidak terancam. Namun Daud memegang teguh komitmen persahabatannya dengan Yonatan, komitmen mengenai sumpah persahabatan yang mencakup keturunan mereka. Daud tetap merawat Mefiboset, selaku putra Yonatan, dengan penuh integritas (2 Samuel 9:13; 1 Samuel 20:42).

Nama Kelahiran Daud Mungkin Bukan “Daud”


Penobatan raja Israel dan/atau Yehuda sangatlah rumit. Ketika seorang raja akan mendapat gelar sebagai raja baru, dia diberi mahkota dan dokumen resmi tentang haknya untuk memerintah serta diurapi dengan minyak. Raja baru itu diberi nama penobatan.

Suara sangkakala berbunyi dan semua orang bersorak “Hidup Raja!” Paul Gower, penulis buku The New Manners and Customs of Bible Times (Moody Press, 1987), berpendapat bahwa nama kelahiran Daud mungkin adalah Elhanan. Kemungkinan “Daud” adalah nama yang diberikan kepadanya saat dia dinobatkan menjadi raja (2 Samuel 21:19).

Daud Dilarang Mendirikan Bait Allah


Daud ingin mendirikan bait suci untuk menggantikan Kemah Suci. Keinginan ini sebagai perwujudan hormatnya kepada Tuhan. Namun Tuhan tidak mengijinkan Daud karena ia adalah seorang prajurit dan telah menumpahkan darah banyak orang (1 Tawarikh 28:3).

Salomo, anak Daud, dialah yang akan mendirikan bait suci itu dan pelataran Tuhan. Meskipun Daud tidak diperbolehkan mendirikan bait suci, dia berperan penting dalam proses perencanaan bait suci. Daud mengumpulkan semua persediaan dan pekerja yang dibutuhkan Salomo untuk pembangunan bait suci itu (1 Tawarikh 22).

Bagaimana? Sudahkah kamu mengetahui fakta-fakta tersebut? Lima fakta ini hanya sebagian kecil dari ratusan fakta menarik tentang Raja Daud. Silahkan gali lebih lanjut hal-hal menarik lainnya. Jika kamu ingin mengetahui Daud sebagai penyair, bacalah Mazmur karena dia penulis 72 diantaranya.

Jika kamu ingin mengetahui lebih banyak tentang Daud sebagai raja dan sebagai pejuang, bacalah 1 dan 2 Samuel. Aku yakin kamu akan mengetahui hal menarik lainnya yang mungkin belum kamu ketahui sebelumnya.

Lebih lanjut, kami akan membagikan fakta menarik lainnya tentang nabi-nabi, raja-raja ataupun tokoh-tokoh didalam Alkitab. Karena melalui kisah mereka, kita bisa belajar dan meneladani apa yang baik. Nantikan artikel menarik lainnya, karena artikel terus diupdate jadi jangan sampai ketinggalan. TUHAN YESUS Memberkati.

Baca Juga : 7 Kebiasaan Buruk Yang Dapat Menghancurkan Imanmu

No comments