Advertising

Breaking News

5 Sosok Wanita Hebat Dalam Alkitab

Sebuah quote mengatakan bahwa “dibalik kesuksesan seorang pria pasti ada wanita hebat dibelakangnya”. Terus terang, kami sangat setuju dengan pernyataan tersebut. Ya, Setelah berhasil mengulas artikel mengenai kecantikan seorang wanita, terlintas di pikiran kami untuk mencari sosok-sosok wanita hebat di dalam Alkitab.

Dan kami menemukan ada banyak sekali tokoh wanita luar biasa disana. Karena dirasa sangat banyak, kali ini kami akan membagikan lima tokoh wanita hebat versi Alkitab, tokoh-tokoh lainnya akan kami ulas dilain kesempatan. Mau tahu siapa saja? Berikut informasinya.

Maria


Siapa yang tak kenal Maria? Tentu kita semua mengenalnya. Ya, Maria adalah seorang wanita yang dipilih Allah untuk menjadi ibu dari Yesus. Sebuah panggilan dan anugerah yang luar biasa. Tentu Allah tidak asal memilih, ada banyak faktor yang menentukan mengapa Maria pantas menjadi ibu dari seorang Juru Selamat Dunia.

Beberapa faktor tersebut adalah kesalehan, kerendahatian, dan kesetiaan Maria kepada Allah. Dalam Luk 1 : 38 mengatakan “Sesungguhnya aku ini adalah hamba Tuhan; jadilah padaku menurut perkataanmu itu." Lalu malaikat itu meninggalkan dia.” Perkataannya melukiskan sebuah kesalehan dan kerendahtian seorang wanita kepada Allah. Itu sebabnya Maria lah yang dipilih Allah sebagai ibu yang membesarkan Yesus saat ada di dunia.

Ester


Kita tahu Ester adalah seorang wanita yang diangkat menjadi istri seorang raja Persia. Namun, Raja Persia tersebut tak mengetahui bahwa Ester adalah seorang keturunan Yahudi. Singkat cerita, Raja Persia dan tangan kanannya yakni Haman berencana untuk membunuh bangsa Yahudi.

Lalu melalui hikmat dari Allah, Paman Ester meminta Ester untuk memohon kepada Raja Persia untuk tidak melakukan hal tersebut. Untuk diketahui, walaupun Ester adalah seorang istri Raja, tidak mudah baginya untuk menemui Raja, apalagi mempengaruhi keputusan seorang raja, hukumannya adalah kematian.

Namun, dengan keberanian, kekuatan dan kesetiannya kepada Allah, Ester memberanikan diri untuk menemui raja guna memohon kepadanya. Dan akhirnya Raja Persia membatalkan hal itu sehingga umat Yahudi selamat dari kematian. Sebuah tindakan heroik telah dilakukan oleh Ester. Padahal posisi sebagai seorang istri Raja sudah sangat aman dan nyaman, namun ia memilih untuk tetap membela bangsanya dan taat kepada Allah.

Sara


Sara adalah ibu dari segala bangsa sebab ia adalah istri Abraham. Dulu istri Abraham tersebut bernama Sarai, namun Allah mengubah namanya menjadi Sara, yang artinya “Putri”. Sara adalah seorang istri yang patuh dan tunduk kepada Tuhan dan kepada suaminya.

Hal ini terlihat ketika Sara rela meninggalkan seluruh kepunyaannya untuk pergi bersama Abraham ke tempat yang ia sendiri tak pernah tahu. Dan ketika Allah meminta Abraham untuk meninggalkan segala kepunyaannya, Sarah juga merespon hal itu dengan sebuah ketaatan. Sara bukanlah orang yang sempurna karena ia juga pernah melakukan sebuah kesalahan, namun harus diakui Sara adalah teladan yang baik untuk kamu, para istri.

Abigail


Mungkin beberapa orang Kristen kurang begitu familiar dengan namanya. Namun, tak bisa dimungkiri jikalau Abigail adalah salah satu sosok wanita yang hebat. Kisahnya bisa kamu baca pada 1 Sam 1: 25. Abigail adalah sosok wanita yang pintar, cerdas dan bijaksana. Selain itu dia juga seorang pemberani dan rendah hati.

Abigial menikah dengan seorang pria kaya yang tak bermoral baik bernama Nabal. Singkat cerita, kala itu Daud (Raja Israel) bersumpah akan menghukum Nabal, karena suami Abigail tersebut telah menghina Daud. Namun, dengan keberanian dan kebijaksanaan, Abigail melindungi suaminya dan memohon kepada Daud untuk tidak melakukan hal itu. Bahkan ia berani menggantikan hukuman suaminya.

Hati Daud tersentuh dan Akhirnya Daud mengurungkan niatnya. Abigail membuat langkah iman yang besar untuk melindungi keluarganya. Ia rela melakukan segala sesuatu agar keluarganya selamat. Kami rasa Abigail layak untuk disebut “wonder women”.

Hannah


Hannah benar-benar mengiginkan seorang anak. Tapi apa daya dia adalah seorang wanita yang mandul. Namun, Hannah tak mau menyerah, dia terus berharap dan berdoa kepada Tuhan. Bahkan Hannah berjanji jika Allah memberikannya seorang anak, ia akan mendedikasikan hidup anaknya tersebut untuk Allah.

Dan akhirnya, Tuhan menjawab Doa Hannah tersebut dengan melahirkan seorang anak laki-laki bernama Samuel. Sesuai dengan janjinya, Hannah menempatkan Samuel di bait suci dan mendidik Samuel dengan segala nasihat-nasihatnya. Sampai akhirnya, Samuel bertumbuh menjadi besar dan menjadi salah satu tokoh paling berpengaruh dalam Alkitab.

 

No comments