Advertising

Breaking News

Bagaimana Cara Berdoa Dikala Kehabisan Kata-Kata ?

“Demikian juga Roh membantu kita dalam kelemahan kita; sebab kita tidak tahu, bagaimana sebenarnya harus berdoa; tetapi Roh sendiri berdoa untuk kita kepada Allah dengan keluhan-keluhan yang tidak terucapkan. Dan Allah yang menyelidiki hati nurani, mengetahui maksud Roh itu, yaitu bahwa Ia, sesuai dengan kehendak Allah, berdoa untuk orang-orang kudus.” (Roma 8 : 26 – 27).

Untuk mengenal dengan seseorang, tentu saja kita memerlukan sebuah komunikasi yang baik. Lalu bagaimana dengan hubungan kita dengan Tuhan? Baikkah? Kita dapat mengenal Tuhan lebih sungguh melalui sebuah komunikasi yakni dengan Doa. Lalu bagaimana jika pada saat-saat tertentu kita ingin berkomunikasi namun kita merasa blank dan kehabisan kata-kata?

Biasanya, kita tidak dapat menemukan kata-kata yang ingin disampaikan saat kita terluka, kecewa, atau patah hati. Mungkin kita kehilangan orang-orang yang kita kasihi, menghadapi sebuah hubungan yang rusak, kehancuran secara finansial, dan sebagainya. Atau bisa saja kita hanya lelah, tak bersemangat, Berurusan dengan depresi atau penyakit. Atau bahkan sejuta kekhawatiran lain yang kita alami.

Aku pun pernah melaluinya. Di saat ingin menyampaikan keluh kesah kepada Tuhan, justru tak muncul satu katapun dipikiran. Terasa tidak dapat menjangkau Tuhan, tulisan maupun lisan. Ironisnya, satu-satunya pribadi yang dapat mengerti pada saat itu seakan tidak dapat diajak bicara.

Tapi sebenarnya, kita tidak perlu memusingkan kata-kata yang akan kita sampaikan kepada Tuhan. Doa, dalam definisi yang paling sederhana, adalah persatuan dengan Tuhan. Memang banyak yang menganggapnya sebagai sebuah percakapan, tapi tidak harus selalu begitu.

Pernahkan kamu duduk diam bersama orang tua, sahabat, atau pasangan ? Menikmati suatu sore yang damai di beranda bersama-sama tanpa ada kata yang dibutuhkan?

Ketika seorang ayah dari temanku meninggal, beberapa orang menatapnya, memberikan pelukan, dan menepuk pelan pundaknya. Mereka tidak mengucapkan sepatah katapun. Namun mereka mengomunikasikan semua hal yang ingin mereka katakan.

Lain kali jika kamu merasa terjebak keadaan tak mampu menemukan kata-kata yang tepat saat berdoa, cobalah untuk memulai sesuatu yang baru. Duduklah dalam keheningan, dan fokuskan pikiran kepada Tuhan. Selain itu, kamu dapat menyanyikan sebuah lagu rohani. Aku yakin, bahwa Tuhan akan menerimanya. Dia akan mengerti bahwa itu adalah doa. Dia tahu apa yang dirasakan hatimu dan apa yang dibutuhkan jiwamu.

Walaupun tanpa kata-kata, kamu telah berkomunikasi dengan Tuhan. Tuhan tahu semua isi hati manusia. Sedalam apapun itu. Tapi, bukan berarti kamu tidak membutuhkan doa meskipun Tuhan mengerti semua yang kamu rasakan dan ingikan. Alkitab mengingatkan, mintalah maka kamu akan diberi, carilah maka kamu akan mendapat, ketuklah maka pintu akan dibukakan. Ayo kita sama-sama belajar untuk bertekun dalam doa. Karena doa adalah nafas orang percaya. Jesus Bless you!

Baca Juga : Merasa Doamu Tak Dijawab? Tuhan Tahu Yang Terbaik

No comments