Advertising

Breaking News

Bagaimana Cara Orang Kristen Berpuasa? Ikuti 13 Langkah Ini

Puasa diartikan sebagai waktu kudus yang diambil orang Kristen dimana mereka menjauhkan diri dari makanan, kesenangan lainnya, dan berfokus pada Tuhan. Bagaimana cara orang Kristen berpuasa dan berfokus pada Tuhan?

Aturan Sebelum Berpuasa



Milikilah Motivasi yang Benar


Ingatlah bahwa puasa bagi orang Kristen merupakan tindakan merendahkan diri di hadapan Tuhan. Berpuasa menjadi salah satu cara untuk memuliakan Tuhan. Hindari motivasi yang salah seperti berpuasa karena ingin menurunkan berat badan, ingin hemat, atau alasan lainnya. Fokuskan tujuanmu hanya pada Tuhan.

Berdoalah Sebelum Puasa


Jangan lupa berdoa sebelum puasa. Akuilah setiap dosamu dan undang Roh Kudus hadir menuntun hidupmu. Ijinkan Tuhan tahu bahwa kamu ingin mengenal-Nya secara pribadi. Akuilah pengorbanan Tuhan di kayu salib. Tuhan yang suci tanpa dosa rela mati demi kita manusia yang berdosa.

Dia bangkit pada hari ketiga, membebaskan kita dari hukuman dosa dan memberikan kita karunia keselamatan. Rendahkan dirimu, mintalah pengampunan dari semua orang yang kamu sakiti dan ampuni orang-orang yang telah menyakitimu. Jangan lupa mohon pengampunan dari Tuhan. Jangan biarkan dendam, cemburu, kesombongan, kemarahan, atau luka menguasai dirimu.

Renungkan Injil dan Sifat Kudus Tuhan Kita


Tuhan kita berkemampuan untuk mengampuni, penuh kekuatan dan kebijaksanaan, Raja Damai, dan mencintai tanpa syarat. Pujilah Tuhan atas segala kemampuannya. Serahkan hidupmu pada Tuhan dan bersyukurlah atas segala karya Tuhan dalam hidupmu.

Tentukan Berapa Lama Kamu Berpuasa


Kamu dapat berpuasa untuk tidak makan 1 kali makan, 1 hari, 3 hari, atau satu minggu . Tuhan Yesus dan Musa berpuasa selama 40 hari. Namun itu bukan berarti kita juga harus berpuasa 40 hari juga. Tidak masalah jika kamu tidak mampu berpuasa 3 hari kamu mengambil puasa 1 hari. Mulailah dengan waktu yang pendek bila kamu belum pernah berpuasa. Kamu juga bisa berdoa dan meminta Roh Kudus menungkapkan berapa lama kamu harus berpuasa.

Perhatikan Jenis Puasa Yang Akan Kamu Jalani


Ada berbagai macam jenis puasa yang dapat dijalankan oleh umat Kristen. Ada beberapa orang yang berpuasa untuk tidak makan makanan tertentu saja. Kamu akan menemukan panggilan Roh Kudus tentang kamu harus puasa pada jenis yang mana.

Minumlah Cukup Air Sebagai Penunjang Kehidupan


Perhatikan: Mutlak puasa menahan diri dari makanan padat dan cair—contohnya jus—namun air penting untuk hidup sama seperti bernafas. Orang dapat meninggal bila mengalami dehidrasi karena terlalu lama tidak mengkonsumsi air.

Aturan Selama Berpuasa 


wanita-berdoa

Lakukan Sate (Saat Teduh)/ Ibadah Pagi


Sembah dan pujilah Tuhan. Baca firman Tuhan dan renungkan bahwa Tuhan akan memampukanmu memahami firman-Nya dalam hidupmu. Berdoalah untuk kehendak Tuhan yang harus kamu lakukan dan mintalah bimbingan Roh Kudus. Mintalah Tuhan untuk memimpinmu dan menyebarkan kemuliaan-Nya dalam dunia ini.

Jadilah Pendoa Berjalan


Berjalan-jalanlah sambil berdoa dan saksikan ciptaan Tuhan yang menakjubkan. Mintalah kepada Tuhan supaya kamu mampu untuk selalu bersyukur.

Berdoalah Bagi Kesejahteraan Orang Lain


Berdoalah bagi pemimpin gereja supaya mampu memberitakan firman Tuhan sesuai kehendak-Nya, sehingga keluarga dan teman-temanmu tumbuh lebih dekat kepada Tuhan. Berdoalah juga bagi pemerintah untuk datang kepada Tuhan dan memimpin sesuai kehendak Tuhan.

Aturan Sesudah Puasa



  1. Hindarilah makan terlalu banyak. Kembalilah makan secara teratur sesuai kebiasaanmu.

  2. Tambahkan salad pada hari pertama berbuka puasa.

  3. Esoknya, tambahkan kentang panggang, jangan tambahkan garam maupun minyak.

  4. Pada hari ketiga, tambahkan sayuran kukus. Setelah itu, tambahkan makanan sedikit demi sedikit kedalam makananmu.


Tips



  • Ambil waktu untuk berdoa secara pribadi. Serahkan semua kepada Tuhan. Ingatlah untuk berdoa dalam segala hal dan jangan khawatir tentang apapun.

  • Bila sewaktu-waktu kamu tidak sengaja makan sewaktu berpuasa, berhentilah makan dan kembali berpuasa. Hal ini bisa saja terjadi karena kamu sudah terkontrol dengan kebiasaan makanmu.

  • Untuk memulai, mungkin kamu mencoba membutuhkan sekitar 1 minggu atau lebih. Makan makanan yang tidak terlalu berat dan jangan makan makanan yang bergula dan mengandung kafein. Dua hari sebelum berpuasa, kamu hanya boleh makan sayur dan buah, sambil hanya minum air putih. Hal ini akan mempersiapkan pikiranmu untuk tidak terlalu bergantung lagi dengan makanan favoritmu dan mengontrol nafsu makanmu.

  • Bagi mereka yang minum jus selama berpuasa: semangka segar, anggur, apel, wortel, dan sayuran hijau sangat menyehatkan. Hindarilah jeruk dan jus asam lainnya.



  • Bangun di pagi hari, minumlah segelas jus buah segar non asam.

  • Tengah hari, minumlah secangkir jus sayuran segar.

  • Pukul 3 sore, minumlah segelas teh herbal, pastikan tidak mengandung kafein.

  • Malam hari, minumlah kaldu sayuran. Cara membuatnya: rebus beberapa wortel atau campuran sayuran. Jangan ditambahkan garam atau minyak.

  • Letakkan kitab suci di sekitar rumah sebagai pengingat bahwa kamu sedang berpuasa dan mengapa kamu berpuasa. Ganti makanan dan makanan ringan dengan doa.

  • Apabila kamu sudah mempunyai anak, jelaskan puasa kepada mereka.


Peringatan



  • Pastikan untuk beristirahat

  • Puasa tidak boleh digunakan sebagai metode pengendalian berat badan atau kamu akan kehilangan banyak makna spiritual di dalamnya.

  • Hindarilah makan terlalu banyak atau terlalu lahap saat kamu berbuka

  • Kamu mungkin akan pusing saat berpuasa, segera membuat jus

  • Bila kamu mengalami gangguan makan dalam apapun, kamu tidak diharuskan untuk berpuasa.

  • Waspadai kehilangan banyak elektrolit dan kerusakan jaringan. Ikuti saran dokter dalam kamu berpuasa.

  • Jangan bermegah saat berpuasa. Matius 6:17 Tetapi apabila engkau berpuasa, minyakilah kepalamu dan cucilah mukamu. Jangan memberitahukan kepada siapapun juga bila kamu berpuasa. Bapa di surgalah yang akan melihatmu.

No comments