Advertising

Breaking News

Kecantikan Yang Sesungguhnya Berasal Dari Dalam Dan Bukan Dari Luar

"tetapi perhiasanmu ialah manusia batiniah yang tersembunyi dengan perhiasan yang tidak binasa yang berasal dari roh yang lemah lembut dan tenteram, yang sangat berharga di mata Allah" - 1 Pet 3 : 4

Kata “cantik” kayak magnet bagi sebagian besar kaum hawa. Supaya disebut cantik, mereka melakukan berbagai perawatan tubuh seperti ngelurusin rambut alias rebonding atau smoothing, ada juga yang melalukan sulam bibir ataupun sulam alis. Sementara dari sisi bentuk tubuh, banyak dari mereka datang ke pusat-pusat pelangsing tubuh.

Apakah ini salah? Tentu tidak. Karena tak bisa dimungkiri sebagian besar orang berpendapat bahwa cantik itu langsing, berkulit putih, hidung mancung, wajah tirus, alis hitam tebal, bibir merah merona serta rambut panjang lurus.

Namun, sesungguhnya persepsi ini tak seharusnya dijadikan patokan utama sebuah kecantikan. Bagaimanapun, wanita yang takut akan Tuhan, berbudi luhur, punya bakat atau kemampuan tertentu, selalu bersyukur dan percaya diri dengan apa yang ia miliki adalah sebuah kecantikan yang sesungguhnya.

Seperti halnya firman Tuhan hari ini yang mengatakan “Biarlah kecantikanmu keluar dari dalam hatimu.” Dengan bermodalkan kecantikan kayak gini sampe tua pun kecantikan kita ngga akan hilang, bahkan sangat berharga dimata Tuhan. Kita tahu kalo wanita-wanita kudus zaman dulu ‘berdandan’ dengan cara itu. Ya, mereka senantiasa menaruh pengharapan kepada Allah dan tunduk kepada suaminya.

Dengan “dandanan” seperti itu, kelak ia bisa “memenangkan” jiwa suaminya yang tidak taat kepada firman Allah. Hal semacam ini ngga bisa dilakuin hanya dengan mengandalkan kecantikan secara lahiriah alias secara fisik. Firman Tuhan juga memperkuat statement ini. Dalam 1 Petrus 3 : 3 mengatakan “Janganlah kecantikanmu hanya dari luar saja, seperti menghias rambut, memakai perhiasan emas ataupun pakian yang indah”.

Pada intinya, kami tak mengatakan bahwa cantik secara fisik itu tidak penting, namun faktanya cantik yang berasal dari dalam hati jauh lebih berharga ketimbang cantik secara fisik. Kini, kita menemukan dua konsep kecantikan  yang berbeda, yang satu bersifat kekal dan yang satu bersifat sementara. Pertanyaannya, kamu lebih mementingkan yang mana? Jawab dikolom komentar ya guys!

No comments