Advertising

Breaking News

10 Hal Yang Wajib Kamu Katakan Kepada Orang Tua

Apa yang ada dalam benakmu saat kamu ingat orang tuamu? Mungkin kamu ingat hari ibu atau hari ayah.  Mereka adalah sosok super hero yang diberikan Tuhan untukmu. Mungkin pula kamu menangis. Mereka sudah melakukan banyak hal untuk kita sampai kita menjadi seperti sekarang ini. Sudahkah kamu melakukan sesuatu untuk orang tuamu?

Kadang kesibukan menjadi penghalang dan waktu tidak bisa diajak kompromi. Kamu berpikir bahwa hampir tidak ada waktu untuk bikin mereka bahagia.  Sudahkah orang tuamu tahu bahwa kamu sangat menyayangi mereka? Penting lo untuk mengungkapkan itu pada orang tua. Sekecil apapun perhatianmu pasti bisa bikin mereka seneng.

Tapi terkadang bingung, gimana cara ngomong ke mereka. Ini dia tips buat kamu gimana kamu memulainya:

1. Katakan: “aku sayang Ibu, aku sayang Ayah”


Ini penting banget untuk diucapkan supaya mereka tahu betapa kamu mencintai mereka. Katakan “aku sayang Ibu, aku sayang ayah” sembari memeluk atau mencium mereka. Lebih bagus lagi kalau kamu ngasih bunga. Bunga adalah simbol kasih sayang. Tunjukkan kepada mereka bahwa kamu benar-benar sayang mereka.

2. Berterimakasihlah karena sudah memilikimu


Betapa bersyukurnya memiliki orang tua. Mereka menempatkan kita pada prioritas utama. Berterimakasihlah karena mereka sudah merawatmu dan memberi hidup sampai saat ini. Susah senangmu mereka selalu ada untukmu.

3. Berterimakasihlah mereka sudah mendukungmu


Hal terindah dari orang tua tidak hanya karena mereka sudah merawat kita, mereka juga mendukung sepanjang hidup kita. Mereka rela menjadi cheerleaders gratisan atas segala yang kita lakukan. Saat kita berada pada tampat yang jauh pun, dukungan mereka tidak pernah berhenti.

4. Berterimakasihlah mereka sudah mendoakanmu


Doa mempunyai kekuatan luar biasa. Apa kamu menyadari bahwa orang tua tidak jemu-jemu mendoakanmu? Saat kamu sakit, saat mengalami masalah, saat mengikuti tes masuk sekolah, kuliah, bahkan tes masuk kerja, orang tua tidak pernah berhenti berdoa untukmu. Hal kecil maupun besar yang kamu lakukan, doa orang tua selalu ada.

5. Berterimakasihlah atas segala pengajaran hal baik maupun buruk


Biarkan mereka tahu, ajaran mereka sungguh berarti untuk kehidupanmu yang lebih baik. Bayangkan bila orang tua tidak mengajarkan hal baik maupun buruk, akankah kamu berbentuk seperti ini?  Mungkin saja kamu akan menjadi anak yang tidak tahu etika, tidak tahu cara bergaul, atau tidak tahu harus berbuat apa dalam situasi tertentu.

6. Terimakasih sudah membuatmu bertumbuh dengan nilai-nilai


Beritahu mereka, betapa berharganya kamu bisa bertumbuh dengan pengetahuan bagaimana harus bertindak. Berterimakasihlah sudah membesarkanmu dengan nilai-nilai ketuhanan, kamu jadi tahu apa yang diterima dan tidak diterima, apa yang berkenan dan tidak berkenan.

7. Katakan bahwa kamu bahagia memiliki mereka


Ungkapkan betapa senangnya kamu dapat tumbuh dewasa dan dapat berbicara berbagai hal dengan mereka. Biarkan mereka tahu kamu bersyukur mereka selalu ada untukmu tidak peduli apa yang terjadi. Biarkan mereka tahu, mereka telah menjadi orang tua hebat karena hal-hal yang mereka perbuat melebihi orang tua teman-temanmu.

8. Tanyakan apa yang bisa kamu bantu untuk mereka


Tanyakan, rencanakan, dan sempatkan waktu untuk membantu mereka. Kamu bisa membantu mereka mulai hal-hal kecil. Misalnya, membersihkan rumah, kebun, memberi makan ternak, belanja bahan makan, atau membersihkan perabot. Tunjukkan kamu bersyukur bisa membantu mereka.

9. Tanyakan apa yang bisa kamu doakan untuk mereka


Mereka mungkin mempunyai suatu pergumulan dan kamu tidak menyadari itu. Luangkan waktumu untuk mendoakan mereka, baik itu hal kecil maupun besar. Sempatkan dirimu untuk menanyakan kepada mereka. Ada baiknya juga kamu berdoa bersama mereka.

10. Luangkan waktumu untuk bersama mereka


Tentu orang tua rindu untuk menikmati waktu bersama anaknya. Istilah kerennnya sekarang “Quality time”. Apalagi kamu sudah tidak serumah dengan orang tuamu. Setidaknya satu minggu sekali kamu dapat menemui mereka. Ajak mereka ke tempat-tempat hiburan atau sekedar minum kopi bersama. Kamu akan belajar banyak hal dari mereka yang belum kamu ketahui sebelumnya. Meskipun jarakmu hubungan antara orang tua dan anak akan tetap ada bahkan semakin erat.

Masihkah kamu bingung cara memulai untuk mengungkapkan betapa kamu menyayangi orang tuamu? Bertindaklah mulai dari hal-hal kecil. Jangan tunggu nanti atau besok. Hubungi mereka, datangi mereka, dan peluklah mereka dengan erat. Kebahagiaan akan menghampirimu. Semoga hubunganmu dengan orang tuamu bertambah erat. Tuhan Yesus memberkati.

No comments