Advertising

Breaking News

5 Cara Menasihati Seseorang yang Ingin Mengakhiri Hidupnya Dengan Bunuh Diri

Sebagian besar dari kita pasti akan menemui seseorang yang telah memikirkan atau mencoba bunuh diri. Dan juga kebanyakan dari kita mungkin tidak tahu harus berkata atau melakukan apa jika seseorang mengatakan bahwa mereka sedang memikirkan bunuh diri atau telah mencobanya. Mungkin karena beberapa masalah yang akhirnya membuat mereka berniat mengakhiri hidupnya, misalnya: sakit hati, hutang yang besar, sakit kronis, dll.

Faktor-faktor tersebut dapat membuat seseorang mengakhiri hidupnya, karena mereka merasa itu adalah jalan satu-satunya untuk menyelesaikan masalah. Lalu bagaimana seharusnya respon kita sebagai anak-anak Tuhan, jika ada teman atau orang yang tidak dikenal berniat ingin mengakhiri hidupnya ? inilah, cara agar kamu dapat menasihati seseorang tentang bunuh diri dengan meneladani sikap Yesus.

Pastikan Mereka Aman


Kita kudu belajar dari sikap Yesus saat Ia menyelamatkan perempuan yang kedapatan berzinah (Yohanes 8:1-9). Saat itu para ahli Taurat dan orang-orang Farisi bermaksud mencobai Yesus dengan mendatangkan perempuan yang kedapatan berzinah. Lalu, apa respon Yesus ? Ia bahkan tidak ikut menghakimi perempuan itu, tetapi Ia membuat perempuan itu merasa aman, terlindungi dan merasa dipedulikan.

Dengan menggunakan teladan Tuhan tersebut, kita harus memastikan bahwa orang yang ingin melakukan bunuh diri itu aman. Kita tidak boleh menghabiskan waktu untuk berdebat tentang bunuh diri, melainkan membuatnya merasa menjadi seorang yang penting dan patut untuk dilindungi.

Jangan Menghakimi Mereka


Tidak terlepas dari teladan Yesus, kita dapat belajar dari kisah di atas. (Yohanes 8:10-11a). Langkah keduanya adalah tidak menghukumnya atau mulai berkhotbah kepadanya tentang apa yang dia lakukan. Kita tidak perlu berbicara padanya tentang apa yang akan terjadi setelah ia bunuh diri, dimana ia akan dimasukan kedalam neraka  dan menerima hukuman dari Tuhan.

Sobat, hal itu jangan sampai kamu lakukan. Sebab hal itu malah akan menghancurkan kesediaan seseorang untuk mendengarkan apapun yang kamu  katakan. Lalu apa yang harus dikatakan? Katakan saja bahwa Tuhan mengasihi dia dan dia sangat berharga dimata Tuhan. Banyak orang yang mengasihinya, orangtuanya, sahabatnya, dan kamupun juga mengasihinya.

Arahkan Fokus Mereka ke Masa Depan yang Lebih Baik


Masih meneladani sikap Yesus (Yohanes 8:11b). Yesus membiarkan wanita itu pergi dan berpesan agar ia tidak bebuat dosa lagi. Kita harus membiarkan Firman Tuhan secara langsung membuktikan kepada orang tersebut bahwa nasihat yang berpusat pada Kristus sendiri akan berhasil tanpa argumen dari kita.

Ini akan menunjukkan kepada orang yang berniat bunuh diri bahwa kita tidak berada di sana untuk berdebat dengannya, dan dengan cara seperti ini kemungkinan besar dia akan menyadari niat baikmu kepadanya. Jadi, berikan dia pilihan yang lebih baik dan terangkan bahwa dimasa depan masih ada kesempatan untuk memperbaiki segala sesuatu dan mengubah hidup menjadi lebih baik.

Tunjukkan pada Mereka Bahwa Tuhan Dapat Membantu Mereka


Kita sendiri tahu bahwa tidak ada yang mustahil bagi Tuhan. Yesus sendiri memberi kita contoh dalam (Yohanes 8:28-29). Ia menunjukkan kepada orang-orang disekitarnya bahwa Tuhan berkuasa melakukan segala sesuatu. Begitu pula dengan kita, kita juga harus menguatkan orang lain agar ia tahu bahwa ia mempunyai Tuhan yang maha Kuasa.

Ceritakan kebaikan dan kehebatan Tuhan dalam hidupmu kepadanya. Mulai dari hal sederhana seperti bisa bernafas setiap hari, hadiah yang diberikan Tuhan dalam hidupmu dan lain sebagainya.

Teruslah Memuridkan atau Melatih Mereka


Air yang menetes pada satu titik akan melubangi batu jika tetesan terjadi berulang-ulang. Begitu pula dengan kita, kita bisa membuat seseorang mengerti benar bahwa hidupnya berharga dan Allah mempunyai tujuan dalam hidupnya, dengan cara terus menerus membimbingnya dengan tetap berpusat pada firman-Nya.

Itulah ke-5 cara untuk menasihati seseorang tentang bunuh diri. Aku berharap dengan adanya 5 cara ini kita bisa menyelamatkan nyawa yang berharga bagi Tuhan. Tanpa kita sadari ini adalah salib yang harus kita pikul di dalam dunia ini. Tuhan Yesus memberkati.

No comments