Advertising

Breaking News

5 Cara Tampil Beda dan Jadi Berkat Untuk Dunia

Di zaman yang serba modern ini banyak anak muda berlomba-lomba mengikuti tren yang ada, baik dalam berpakaian, makanan, cara berbicara, tongkrongan bahkan gaya hidup.Jika mereka tidak mengikuti tren yang sedang berkembang, maka mereka akan dianggap ketinggalan zaman atau bisa disebut kuno.

Sebagai anak muda yang mengenal Tuhan, tentunya kita harus cermat dalam mengikuti tren-tren yang ada. Anak-anak muda harus pintar-pintar memilih tren apa yang baik dan apa yang tidak baik bagi mereka, agar tetap berjalan dalam kehendak Tuhan dan tidak menyimpang dari jalanNya.

Lalu bagaimana cara kita untuk tampil berbeda dengan dunia ini? Lakukan hal berikut...

Berpegang pada Firman Tuhan


“Dengan apakah seorang muda mempertahankan kelakuannya bersih? Dengan menjaganya sesuai dengan firman-Mu.”

Maz 119:9

Ayat tersebut mengingatkan bahwa kita harus menjaga nama baik kita sendiri, orang tua bahkan nama baik Tuhan Yesus, sebab kita adalah buku yang terbuka yang bisa mencerminkan bagaimana isi hati kita sendiri. Kalau penampilan kita baik bukan tidak mungkin lagi nama baik kita juga baik.

Hanya dengan kita menuruti perintahNya dan menjauhi laranganNya kita bisa memfilter arus modernisasi yang ada didunia. Nah sobat, mengikuti tren sah-sah saja bagi semua orang tapi kita juga harus ingat firman Tuhan, apakah itu baik buat kita atau malah buruk buat iman dan kehidupan kita.

Mematikan keinginan daging


“Sebab semua yang ada di dalam dunia, yaitu keinginan daging dan keinginan mata serta keangkuhan hidup, bukanlah berasal dari Bapa, melainkan dari dunia.”

1 Yoh 2:16

Pada hakikatnya manusia tidak memiliki kepuasan baik secara batin maupun jasmani, manusia akan selalu kurang dan ingin terus mengikuti perkembangan yang ada. Sekali lagi sobat saya ingatkan bahwa mengikuti tren boleh saja kita lakukan asalkan kita bisa memfilternya. Apalagi dalam hal kenafsuan atau kedagingan, kebanyakan manusia sering memanjakan nafsu mereka dengan kenikmatan yang ada di dunia.

Dan akhirnya mereka akan hidup berfoya-foya dan boros. Salah satu cara yang ampuh untuk kita tampil beda yaitu mematikan keinginan daging kita. Bergaya sih boleh tapi sesuaikan kondisi kantong ya guys.  Jangan sampai dimasa muda kita, kita jatuh dalam arus dunia yang salah.

Mau pikul salib


Salib yang dimaksud disini bukanlah salib yang dipikul Tuhan Yesus sewaktu Yesus menebus dosa-dosa manusia. Salib yang dimaksud adalah setiap kesukaran yang ada di hidup kita masing-masing. Setiap manusia mempunyai salibnya sendiri-sendiri dan pastinya berbeda-beda. Ingat!!! Jangan pernah menganggap enteng salib orang lain, sebab setiap manusia punya porsi kesulitan masalah masing-masing.

Tuhan tidak akan memberikan pencobaan melebihi kekuatan kita, percaya saja bahwa Tuhan akan menolong umatNya. Kawan memikul salib sama saja dengan mematikan hawa nafsu, hanya saja memikul salib adalah tetap mau mengucap syukur meski dalam keadaan susah. Jadi, kalian harus tetap bersyukur dengan apa yang kalian miliki saat ini dengan tidak memaksakan kehendak. Pasalnya banyak anak muda yang menekan orang tuanya karna hanya ingin bergaya kekinian seperti yang lain.

 Menjadi teladan yang baik


“Jangan seorangpun menganggap engkau rendah karena engkau muda. Jadilah teladan bagi orang-orang percaya, dalam perkataanmu, dalam tingkah lakumu, dalam kasihmu, dalam kesetiaanmu dan dalam kesucianmu.”

 1 Tim 4:12

Sebagai anak muda bukan berarti tidak bisa menjadi teladan. Justru selama menjalani masa muda harus mulai bisa menunjukkan bahwa kita adalah teladan yang patut ditiru baik dalam perkataan, tingkah laku, kasih kepada sesama, kesetiaan kepada Tuhan dan dalam kesucian hidup yang berani untuk menolak segala kecemaran yang ada.

Mengembalikan kemuliaan hanya bagi Tuhan


Sobat, kebanyakan anak muda terlena dengan apa yang mereka miliki. Sehingga mereka mencuri kemuliaan Tuhan. Apa yang kita miliki saat ini, apa yang bisa rasakan saat ini bahkan apabila kalian bisa merasakan nikmatnya tren dunia, kembalikan segala kemuliaan buat Tuhan. Sebab hanya Tuhanlah yang layak kita puji dan kita sembah.

Nah... itu tadi sobat beberapa cara ampuh supaya kita tidak serupa dengan dunia, Tuhan juga berfirman bahwa kita harus beda dengan dunia ini. Tetap jaga nama baik Tuhan Yesus dengan bertingkah dan berperilaku sopan sebab seperti yang saya katakan diatas bahwa kita adalah buku yang terbuka, kita adalah surat yang terbuka yang mencerminkan kehidupan kita.

Tetap mensyukuri apa yang kita miliki dan jangan pernah mengada-ada yang tidak ada. Sebab awal dari kebohongan kecil akan tercipta kebohongan yang besar. Tetap jadi dirimu sendiri dan pancarkan terang kemuliaan Tuhan. Pertanyaannya apakah kalian berani tampil beda sobat? Tulis di kolom komentar.

No comments