Advertising

Breaking News

4 Hal yang Bisa Kamu Lakukan Ketika Keluargamu Menyakitimu

Keluarga adalah tempat dimana setiap orang saling bergantung satu sama lain, dan setiap personil keluarga diciptakan untuk saling melengkapi.

Sobat, masing-masing kita pasti berharap memiliki keluarga yang sempurna, namun tak bisa dipungkiri bahwa di dunia ini tidak ada yang sempurna. Masalah demi masalah pasti pernah terjadi di dalam keluarga kita. Yang paling sering terjadi adalah perselisihan antar anggota keluarga, mungkin antara orang tua dengan anak atau anak dengan anak. Mulai dari konflik kecil hingga mungkin konflik yang lebih besar.

Terkadang manusia akan sering menyakiti anggota keluarganya, karena mereka menganggap keluarga adalah tempat dimana orang-orang mengerti sifat dan keadaan mereka. Mungkin hari-hari ini kamu sedang disakiti oleh salah satu anggota keluargamu? Tenang, kami akan membagikan tips agar kamu bisa menghadapi anggota keluarga yang menyakitimu

1. Kenali Perasaanmu Sendiri


depression-women

Hal pertama yang harus kamu lakukan adalah mengenali perasaanmu sendiri. Mengenali perasaan itu penting, karena kamu akan dapat menemukan solusi yang tepat setelah mengenali perasaanmu. Kenali tentang bagaimana rasanya saat kamu berada di dekat orang yang menyakitimu, dan bahkan kamu harus bisa membandingkan perasaan yang kamu rasakan ketika berada di dekatnya sebelum dan sesudah orang itu menyakitimu. Setelah mengenali perasaanmu, kamu bisa lanjut ke tahap yang kedua.

2. Tunjukkan Kebaikanmu


sahabat

Jika kamu berpikir perbuatan baik dapat memperbaiki hubungan dengan orang tersebut, kamu bisa membuka diri dan mulai memperbaiki hubunganmu dengannya. Menunjukkan kasih kepada mereka yang menyakitimu akan membuat mereka berhenti menyakitimu. Hal ini terjadi karena lama-kelamaan dia akan kehabisan alasan untuk menyakitimu.

Tuhan bahkan mengajari kita untuk mengasihi orang yang membenci kita. Dan mungkin saat ini Tuhan ingin kita melakukan perintah-Nya itu.

3. Tetapkan Batas


kritik

Dalam tahap ini kamu berhak membatasi hubungan dengan orang yang menyakitimu, buatlah batas yang wajar untuk melindungi kehidupanmu sendiri. Kamu tidak perlu memberikan akses pribadimu kepada orang yang tidak memikirkan kesejahteraanmu dan bahkan hanya mementingkan kepentingannya sendiri. Hal ini bukan berarti kamu menghindari bertemu, berbicara, atau bertatap muka dengannya. Namun, menetapkan batas yang tegas bahwa dia tidak lagi memiliki akses pribadi yang sama dengan saat sebelum dia menyakitimu.

4. Memaafkan


mengampuni

Tahap terakhir dan yang terpenting adalah memaafkan. Ketika kamu menyadari bahwa seseorang di keluargamu telah menyakitimu, kami menganjurkan agar kamu memaafkan dia. Dengan menetapkan batas kepada dia yang menyakitimu, bukan berarti bahwa kamu tidak mengampuni perbuatannya. Kamu harus bisa memaafkannya, agar kamu terhindar dari pikiran buruk untuk balas dendam sehingga kamu bisa melanjutkan kehidupanmu dengan lebih positif.

Sobat, jika kamu merasa telah disakiti oleh salah satu anggota keluargamu atau bahkan sekelompok dari anggota keluarga besarmu, kamu bisa menerapkan ke-4 hal di atas. Dengan berpegang pada firman Tuhan, kami menganjurkan agar kamu bisa memperbaiki hubungan dengannya. Karena keluarga adalah anugerah dari Tuhan yang harus kita syukuri, begitupun kamu, kamu juga adalah anugerah dari Tuhan yang harus disyukuri oleh keluargamu.

No comments