Advertising

Breaking News

5 Hal Yang Harus Kamu Lakukan Ketika Berdoa Kepada Tuhan

Bagi orang kristen, Doa adalah nafas kehidupan. Itu artinya, tanpa berdoa kita akan mati. Mati di sini berbicara secara roh dan bukan secara tubuh.

Namun, tak sedikit dari kita yang mengalami stagnasi dalam berdoa. Beberapa alasan diantaranya, sibuk, capek atau bahkan malas. Ada pula yang mengatakan bahwa ketika ia berdoa sering kali bingung harus berkata apa kepada Tuhan. Oleh sebab itu, di kesempatan kali ini Generasihero akan berikan 5 hal yang harus kamu lakukan ketika berdoa kepada Tuhan.

Berbicaralah Dengan Terbuka dan Jujur


Tuhan kita Maha kuasa dan Maha tahu, jadi percuma juga menutupi segala aib yang kita punya. Dalam berdoa, kamu kudu berbicara dengan jujur dan apa adanya. Dengan kata lain, kita benar-benar telanjang di hadapan Tuhan tanpa ada satu pun yang tertutupi.

Karena sebelum kamu ada di dunia ini, Dia sudah mengenalmu. Yuk berbicara kepada Tuhan layaknya kita berbicara kepada Bapa dan Sahabat kita sendiri.

Lakukan Doa ditempat Sepi


Sejatinya, doa bisa dilakukan dimana pun dan kapan pun. Namun, tempat yang sepi jauh lebih efektif untuk melakukan hal ini. Kamar tidur, kamar mandi, alam terbuka yang sepi bisa kamu gunakan untuk merealisasikan ini. Pasalnya, dengan berdoa di tempat sepi, kita akan fokus kepada Tuhan tanpa harus takut doa kita didengar orang lain ataupun terganggu oleh kebisingan.

Tuhan memang ada dimana-mana, namun sering kali konsentrasi kita terpecah ketika kita berada di tempat yang ramai. Oleh sebab itu, Matius mengajurkan kita berdoa di dalam kamar (tempat sepi).

Jangan Bertele-tele


Doa dengan kata-kata manis dan indah. Ataupun kalimat yang penuh dengan rima dan nada itu sangat bagus, namun jika kamu tidak bakat dalam hal itu, jangan lakukan. Karena banyak orang yang memaksakan diri untuk melakukannya, namun doa yang diucapkan malah berantakan dan bertele-tele.

Tuhan tidak menilai doamu atau memberikan skor untuk doamu. Yang Dia butuh hanyalah hati kita. Untuk itu, jangan mulek dalam berdoa. Jika kamu ingin menyusun kata-kata yang indah untuk-Nya, catat terlebih dahulu lalu ucapkan. Atau kamu bisa membaca kitab Mazmur untuk melakukan itu. Dalam berdoa, kamu bisa mencontoh konsep Doa Bapa kami, yang Tuhan Yesus ajarkan secara langsung.

Biarkan Tuhan Berbicara


Terkadang kita lupa bahwa dalam berdoa ada dua pribadi, yakni kamu dan Tuhan. Jangan egois dalam berdoa, kita juga harus memberikan kesempatan untuk Tuhan. Dia juga ingin berbicara denganmu loh.

Diam dan rasakan kuasa-Nya mengalir dalam hatimu. Jika kamu melakukan doa dengan sungguh-sungguh, saya yakin Tuhan akan berbicara dengan sangat jelas. Yang pasti, Tuhan berbicara dengan cara yang sangat unik.

Dalam hal ini, saya sering menerima ayat alkitab yang isinya adalah jawaban dari doa-doa saya. Namun perlu diingat, Tuhan berbicara kepada kita dengan cara yang berbeda-beda.

Jadwalkan Waktu Doa


Seperti yang saya katakan diatas, bahwa doa adalah nafas kehidupan. Itu artinya, kita membutuhkan Doa untuk tetap hidup. Nah, bagi kamu yang sibuk, entah itu sibuk kerja ataupun sekolah kamu harus membuat jadwal untuk berdoa. Kamu bisa membuat alarm di HP atau membuat komitmen yang kuat dalam dirimu.

Doa yang saya maksud di sini, bukan hanya doa makan dan doa tidur ya. Melainkan doa yang sifatnya pribadi, dimana kamu bisa menceritakan keluh kesahmu dengan sangat gamblang. Pagi dan Malam hari adalah waktu terbaik untuk melakukan itu.

No comments