Advertising

Breaking News

Apakah Merokok Itu Dosa? Ini Jawabannya

Rokok adalah salah satu benda yang dapat membuat penikmat nya kecanduan. Penikmat rokok yang sering kita sebut dengan “perokok” ini juga selalu mempunyai alasan agar mereka bisa menyumpal mulut orang-orang yang menasihati mereka tentang bahaya merokok.

Tidak sedikit juga orang Kristen yang menjadi perokok aktif. Kebiasaan ini berawal dari coba-coba hingga akhirnya mereka kecanduan merokok. Lalu apa jawaban Alkitab tentang merokok? Apakah itu dosa? Mari simak informasi berikut ini

Berdasarkan firman Tuhan, banyak ayat yang menghimbau agar kita menjaga kekudusan tubuh kita karena pada dasarnya tubuh kita adalah bait Allah. seperti  dalam (1 Korintus 6:19-20).

“Atau tidak tahukah kamu, bahwa tubuhmu adalah bait Roh Kudus yang diam di dalam kamu, Roh Kudus yang kamu peroleh dari Allah, dan bahwa kamu bukan milik kamu sendiri? Sebab kamu telah dibeli dan harganya telah lunas dibayar: Karena itu muliakanlah Allah dengan tubuhmu!”   

Dengan beralaskan ayat tersebut, mari kita simpulkan. Apakah merokok adalah tindakan memuliakan nama Tuhan? Jawabannya adalah Tidak. Kenapa? Karena merokok akan membuat tubuh kita rusak. Banyak riset telah membuktikan bahwa rokok sangat berbahaya bagi tubuh manusia. Walaupun efeknya tidak instan tapi lama kelamaan rokok akan mengakibatkan kerusakan organ-organ vital seperti paru-paru, dan juga jantung. Dengan merokok berarti kita telah mengabaikan perintah Yesus Kristus untuk memuliakan nama-Nya melalui tubuh kita.

Lantas pantaskah pengikut Yesus menjadi perokok?

Kita telah ditebus dengan darah yang mahal, dan tugas kita selanjutnya adalah mempersembahkan tubuh kita sebagai alat memuliakan Tuhan Yesus Kristus. Seperti dalam (Roma 12:1)

“Karena itu, saudara-saudara, demi kemurahan Allah aku menasihatkan kamu, supaya kamu mempersembahkan tubuhmu sebagai persembahan yang hidup, yang kudus dan yang berkenan kepada Allah: itu adalah ibadahmu yang sejati.”

Apakah bisa kita menganggap merokok itu dosa? Bisa. Karena firman Tuhan dengan tegas telah menghimbau agar kita mempersembahkan tubuh dan hidup kita secara kudus dan tidak bercela kepada Tuhan.

Memang banyak orang yang tidak setuju dengan hal ini dan menarik fakta bahwa banyak juga makanan dan minuman yang berakibat buruk bagi kesehatan kita. Misalnya : kafein, minuman bersoda, junk food, dll. Kecanduan terhadap hal-hal yang berdampak buruk bagi kesehatan kita juga adalah dosa.

Memang benar, orang Kristen seringkali bersikap tidak adil dengan mencela dosa yang satu tetapi menghalalkan dosa yang lainnya. Namun, apakah hal ini akan membuat merokok sebagai sesuatu yang benar?

Alasan lain yang sering mendukung kebiasaan merokok adalah fakta bahwa tidak sedikit juga orang-orang yang rohani juga perokok. Seperti pengkhotbah ternama berkebangsaan Inggris, C.H. Spurgeon. Apakah dia dipakai Tuhan dengan sangat hebat? Tidak bisa diragukan lagi bahwa dia adalah pengajar Firman Tuhan yang fantastik.

Tetapi dengan kebiasaan merokoknya, apakah itu berarti bahwa semua kebiasaan Spurgeon memuliakan Allah? Tidak.

Tidak bisa dipungkiri lagi bahwa merokok itu dosa. Namun aku tidak menyatakan bahwa semua perokok tidak diselamatkan.

Merokok juga tidak membuat seseorang kehilangan pengampunan dari Tuhan jika ia bersedia mengaku dosanya kepada Allah. (1 Yoh 1:9)

Yakobus  4:17

“Jadi jika seorang tahu bagaiamana ia harus berbuat baik, tetapi ia tidak melakukannya, ia berdosa.”

Dengan berdasarkan Firman Allah, dengan yakin aku menyatakan bahwa merokok itu dosa yang harus ditinggalkan dan dapat dilalui dengan pertolongan Tuhan.  Jika kamu tidak mampu meninggalkan rokok, bagaimana mungkin kamu bisa meninggalkan dosa lainnya?

No comments