Advertising

Breaking News

Dalam Menjalin Persahabatan 5 Ayat Alkitab Ini Wajib Kamu Jadikan Pedoman

Hidup terlalu berat untuk dihadapi sendirian. Oleh sebab itu, kamu membutuhkan bantuan dari orang lain, termasuk dari sahabat. Di suatu waktu, sahabat bisa menjelma menjadi orang tuamu, atau bahkan bisa jadi motivator yang terus memberikan dukungan.

Namun pada faktanya menjalin sebuah persahabatan tak seinstan yang dibayangkan. Ada banyak hal yang perlu diperhitungkan dalam menentukan dan menjalin hubungan persahabatan. Nah, 5 ayat alkitab ini bisa kamu jadikan pedoman dalam menjalin persahabatan dengan orang lain.

Amsal 27 : 17


Besi menajamkan besi, orang menajamkan sesamanya.

Jika kamu menjalin sebuah hubungan persahabatan, kamu wajib menguatkan satu sama lain.  Jangan ragu untuk mengingatkan sahabatmu jika dia melakukan kesalahan atau bahkan mengkritik sesuatu yang dia lakukan. Pun begitu sebaliknya, jangan marah jika sahabatmu mengkritikmu atas suatu hal.

Karena melalui hal itu, kamu dan dia bisa saling membangun dan memotivasi sehingga kalian menjadi pribadi yang lebih baik dan bijak dari sebelumnya.

1 Korintus 15 : 33


Janganlah kamu sesat: Pergaulan yang buruk merusakkan kebiasaan yang baik.

Ada banyak tipikal orang diluar sana. Untuk itu kamu kudu selektif dalam memilih teman bahkan sahabat. Ini bukan berarti kamu membenci orang-orang yang berada diluar prinsip kekristenan. namun lebih kepada menghindari cara bergaul mereka.

Sebuah penelitian membuktikan bahwa ‘suatu kebiasaan yang salah, jika diulang-ulang akan jadi suatu hal yang lumrah’. Jangan sampai kebiasaan baikmu dirusak oleh sahabatmu sendiri. Jaga pergaulanmu dan pilihlah sahabat yang tepat.

Amsal 13:20


Siapa bergaul dengan orang bijak menjadi bijak, tetapi siapa berteman dengan orang bebal menjadi malang.

Kitab Amsal juga mengatakan hal yang sama. Jika kamu bergaul dengan orang-orang yang negatif, besar kemungkinan kamu juga akan melakukan apa yang mereka lakukan. Sebaliknya, jika kamu bergaul dengan orang-orang yang positif, besar kemungkinan kamu akan bertumbuh menjadi pribadi yang jauh lebih optimis dalam menjalani hidup ini.

Ibrani 10 : 24


Dan marilah kamu saling memperhatikan supaya kamu saling mendorong dalam kasih dan dalam pekerjaan baik.

Ketika menjalin sebuah persahabatan, kasih adalah hal utama yang harus kamu tunjukan kepada sahabatmu. Kamu dapat merealisasikan kasih dengan banyak cara, seperti melalui perkataan yang membangun, memberi hadiah, memberi bantuan kepadanya atau bahkan memberikan sentuhan fisik seperti pelukan. Nyatakan kasih pada setiap sahabatmu seperti Tuhan Yesus mengasihi kamu.

Yohanes 15 : 12 - 15


Inilah perintah-Ku, yaitu supaya kamu saling mengasihi, seperti Aku telah mengasihi kamu. Tidak ada kasih yang lebih besar dari pada kasih seorang yang memberikan nyawanya untuk sahabat-sahabatnya. Kamu adalah sahabat-Ku, jikalau kamu berbuat apa yang Kuperintahkan kepadamu.

Sesuai dengan firman-Nya, kamu diharuskan untuk saling mengasihi satu sama lain. Tuhan Yesus telah membuktikan kasihNya dengan rela memberikan nyawanya untukmu, sahabatNya. Sekarang giliranmu untuk menyebarkan kasih itu kepada sesama termasuk orang-orang terdekat dan sahabatmu.

No comments