Advertising

Breaking News

4 Alasan Mengapa Kita Harus Memiliki Karakter Rendah Hati

Rendah hati merupakan satu hal yang unik. Kita kehilangannya tepat saat kita merasa memilikinya. Begitu banyak buku yang membahas tentang kunci hidup sukses dan diberkati, tapi hanya sedikit yang menempatkan kerendahan hati sebagai syarat untuk mencapai kesuksesan sejati. Padahal seharusnya, kita sebagai seorang Kristen harus memiliki kerendahan hati sebagai kunci untuk menemukan kebahagiaan yang sesungguhnya.

Mungkin ada orang-orang di sekeliling kita yang memiliki karakter sombong. Kebanyakan, mereka menyombongkan dirinya melalui fisik yang bagus, wajah yang cantik atau tampan, atau bahkan kekayaan yang mereka miliki. Lantas, mengapa kita harus memiliki karakter rendah hati dan menjauhi kesombongan? Berikut alasannya

Kesombongan itu Berbahaya


Amsal 16 : 18 mengatakan, “Kecongkakan mendahului kehancuran, dan tinggi hati mendahului kejatuhan.” Sudah jelas bukan. Alkitab mengatakan bahwa kesombongan hanya akan membawa kita kedalam sebuah kehancuran. Kisah Daud mengalahkan Goliath menjadi buktinya. Ya, Goliath yang sombong (mengandalkan dirinya sendiri) kalah dengan Daud yang rendah hati dan mengandalkan Tuhan.

Kerendahan Hati Membawa Kepada Kehormatan


“Keangkuhan merendahkan orang, tetapi orang yang rendah hati, menerima pujian.” (Amsal 29 : 23). Jika kita memiliki watak yang sombong, pasti tidak ada seorang pun yang mau bergaul dengan kita. Namun, bukan berarti kita berpura-pura rendah hati untuk mendapatkan pujian dari orang lain.

Kesombongan Dapat Menjauhkan Kita dari Allah


Jika manusia saja tidak mau bergaul dengan orang yang sombong, Allah pun sangat menentang kesombongan. Seperti yang dikatakan 1 Petrus 5 : - 6, “Demikian jugalah kamu, hai orang-orang muda, tunduklah kepada orang-orang yang tua. Dan kamu semua, rendahkanlah dirimu seorang terhadap yang lain, sebab: "Allah menentang orang yang congkak, tetapi mengasihani orang yang rendah hati." Karena itu rendahkanlah dirimu di bawah tangan Tuhan yang kuat, supaya kamu ditinggikan-Nya pada waktunya.” Betapa menakutkannya jika kita jauh dari Allah.

Orang-orang Sombong akan Direndahkan


Matius 23 : 12 mengatakan, “Dan barangsiapa meninggikan diri, ia akan direndahkan dan barangsiapa merendahkan diri, ia akan ditinggikan.” Tidak mau kan direndahkan hanya karena membanggakan “barang pinjaman”?

Itulah beberapa alasan mengapa kita harus memiliki karakter rendah hati dan tidak boleh sombong. Namun perlu diingat, jangan berpura-pura rendah hati untuk mendapat pujian dari orang lain. Dan hati-hati jika kita merasa, “Aku rendah hati, aku enggak sombong.” Saat itu juga kita kehilangan karakter rendah hati itu. Yuk, kita belajar bersama untuk menghilangkan sifat sombong yang ada dalam diri kita. Terus pupuk kerohanian kita supaya Roh Kudus memampukan kita untuk menjadi seseorang yang rendah hati. Dan saat Tuhan datang untuk kedua kalinya, kita didapatinya beriman dengan benar kepada-Nya.

No comments