Advertising

Breaking News

5 Kriteria Calon Istri Yang Tepat Menurut Alkitab

Bagi sebagian orang, mencari seorang pendamping hidup bukanlah sebuah perkara yang mudah. Banyak pertimbangan-pertimbangan dalam memilih pasangan. Banyak diantaranya yang memiliki target atau kriteria tertentu dalam memilih pasangan

Pun kita sebagai wanita, tidak hanya memiliki target yang baik. Namun, kita sendiri juga harus bisa menjadi wanita yang baik.

Lalu bagaimana pandangan Alkitab mengenai calon istri/wanita yang baik ?

Wanita yang jujur


Wanita yang baik pasti memiliki karakter jujur. Jika pasanganmu adalah seorang wanita yang jujur, bisa dipastikan bahwa tidak akan ada yang tersembunyi di antara kalian. Dengan tidak adanya hal yang ditutup-tutupi, masing-masing pihak pasti akan dapat mengenali pasangan dengan baik.

Wanita yang bisa menjaga kehormatannya


Wanita yang baik pasti menjaga kehormatannya. Ia tidak akan mengumbar atau bahkan menjualnya. Selain menjaga kehormatannya sendiri, ia juga harus mampu menjaga kehormatan suaminya nanti. Seperti yang dikatakan Amsal 12:4 "Istri yang cakap adalah mahkota suaminya, tetapi yang membuat malu adalah seperti penyakit yang membusukkan tulang suaminya".

Wanita yang menjaga ucapannya


Wanita yang bijak harus mampu mengendalikan lidahnya. Tidak cerewet, pemarah, atau mengeluarkan kata-kata yang tajam. Bayak kasus KDRT itu terjadi karena mulut istri yang tajam dan menyengat seperti lebah. Jika Amsal 27:15 mengatakan bahwa istri cerewet terus menerus itu dianalogikan dengan tirisan air; besi, tembok, semen, dan beton jika ditirisi terus menerus dengan air pasti akan bocor. Demikianlah suami jika ditirisi terus menerus dengan cerewetan maka bobol juga.

Wanita yang merawat tubuhnya


Merawat tubuh bukan berarti harus memakai make-up selama 24 jam penuh. Tetapi, ia merawat tubuhnya dengan baik dengan cara menjaga kebersihan tubuh. Tidak menggunakan make-up terlalu tebal yang justru kadang malah menimbulkan kerusakan pada kulit. Serta mampu berdandan sesuai kondisi dan situasi.

Wanita yang takut akan Tuhan dan taat beribadah


Amsal 31:30 mengatakan "Kemolekan adalah bohong dan kecantikan adalah sia-sia, tetapi istri yang takut akan TUHAN di puji-puji." Dia bijak karena dia dekat dengan TUHAN. Kesalehan hidupnya menyelamatkan suaminya, doa dan puasanya menjaga keluarganya. Wanita yang baik pasti juga taat beribadah. Ia tidak akan mungkin meninggalkan ibadahnya karena ibadah adalah sebuah kebutuhan bagi orang percaya.

Beberapa poin diatas adalah kualifikasi untuk kita bisa menjadi calon istri yang baik. Yuk berbenah. Apa yang kurang baik, diperbaiki. Apa yang sudah baik, dipertahankan. Biarlah kita dan pasangan kita dapat mencapai kesatuan di dalam Tuhan.

No comments