Advertising

Breaking News

Masih Sering Jatuh Ke dalam Dosa Yang Sama?, Inilah Penyebabnya

Dosa merupakan penyakit menular yang mematikan. Mirisnya, semua manusia telah berdosa dan kehilangan kemuliaan Allah. Tetapi sebagai orang Kristen kita wajib bersyukur karena sejak 2000 tahun yang lalu, hidup kita telah ditebus melalui darah Kristus dan terbebas dari dosa.

Meski begitu, faktanya masih banyak dari kita yang tidak memaknai arti pengorbanan Tuhan Yesus diatas kayu Salib dan terus melakukan dosa. Bahkan beberapa dari kita seringkali jatuh dalam dosa yang sama dan merasa sulit untuk melepaskannya. Apakah kamu juga mengalami hal yang sama? Jika iya mungkin ini penyebab mengapa kamu belum bisa lepas dari dosa tersebut.

Kehilangan Kasih Mula-Mula


Ketika kamu percaya dan menerima Tuhan Yesus sebagai Tuhan, tentu kamu akan menyerahkan segala perasaanmu kepada-Nya. Kamu benar-benar cinta mati kepada-Nya. Namun dosa yang kamu lakukan sejatinya menjauhkanmu dari Dia. Dan jika kamu melakukan dosa yang sama lebih dari dua kali, besar kemungkinan kasih mula-mula itu akan pudar.

Roh Kudus yang tadinya begitu kuat dalam dirimu menjadi sangat lemah, karena kamu tidak lagi menempatkan Tuhan sebagai priorotasmu, bahkan tidak ada tempat lagi bagi-Nya di dalam hatimu. Hidupmu akan menjadi sangat hambar, dan Tuhan akan terasa sangat jauh darimu. Lantas apa yang harus kamu lakukan? Mintalah pengampunan dari-Nya, dan undang Dia untuk mengisi hatimu. Kamu harus kembali kepadaNya. Milikilah kasih mula-mula itu dan jaga itu disetiap harimu.

Rasa Takut Akan Tuhan Telah Sirna


Mungkin ketika kamu masih kecil, kamu benar-benar takut kepada Tuhan dan meyakini secara utuh bahwa Tuhan itu ada dimana pun dan kapanpun juga. Tetapi setelah dewasa, justru pada fase inilah kamu sering mengalami dehidrasi iman. Itu sebabnya, mengapa Tuhan Yesus berkata “Biarkanlah anak-anak itu, janganlah menghalang-halangi mereka datang kepada-Ku; sebab orang-orang yang seperti itulah yang empunya Kerajaan Sorga.” (Mat 19 : 14).

Semakin kita dewasa semakin sering kita melakukan dosa. Saking seringnya melakukan dosa, rasa takut akan Tuhan itu hilang. Kalau sudah begini, kamu harus segera kembali ke jalan yang benar. Sadarilah bahwa kamu tidak akan bisa hidup tanpa pertolongan Tuhan. Jadilah seperti anak kecil yang selalu takut akan Tuhan dan bertindak jujur.

Tidak Berkomitmen Secara Benar


Setelah melakukan dosa, kamu akan meminta ampun kepadaNya. Ya, Dia akan mengampunimu. Namun, jika kamu tidak memiliki iman dan komitmen yang benar, kamu akan jatuh kedalam dosa yang sama, lagi dan lagi. Oleh sebab itu, pupuk lah iman yang kuat dari dalam dirimu dan buat komitmen bersama Tuhan bahwa kamu tidak akan melakukan hal buruk itu lagi.

Menganggapnya Sepele


Faktor berikutnya yang mengakibatkan kamu tetap jatuh dalam dosa yang sama adalah kamu menganggap bahwa dosa yang telah kamu lakukan merupakan hal yang sepele. Sobat, dosa adalah dosa. Tak ada dosa besar ataupun dosa kecil, semua sama di mata Tuhan. Dan hukuman dari dosa adalah maut. Jadi jangan anggap remeh setiap dosa.

Berusaha Sendiri


Banyak orang merasa dirinya kuat untuk menaklukan hawa nafsu dan terbebas dari dosa yang telah mengekangnya. Sobat, bebas dari belenggu dosa tak semudah yang kamu pikirkan. Iblis terus mengawasimu dan menyerangmu. Saat kamu melawan Iblis sendirian, besar potensi kamu akan kalah dan jatuh kedalam dosa.

Jangan anggap remeh Iblis. Oleh sebab itu, kamu harus melawannya bersama-sama dengan Roh Kudus. Undang Roh kudus untuk memenuhi hidupmu agar kamu terhindar dari dosa-dosa itu. Kamu juga butuh orang lain untuk membantumu lepas dari dosa tersebut. Kamu bisa menceritakan setiap masalahmu kepada orang-orang yang dapat dipercaya seperti pendeta, kakak rohanimu, sahabat atau orang tuamu sendiri. Mintalah bantuan!

Setiap kita memang selalu melakukan dosa, namun kita dituntut untuk selalu bertumbuh di dalam Tuhan. Jangan buat dosa yang sama. Jangan jatuh di dalam lubang yang sama. Belajarlah dari setiap dosa yang kamu buat. Sehingga pada akhirnya, hidupmu akan memuliakan nama Tuhan. Tuhan Yesus memberkati.
Untuk teman-teman yang sulit melepaskan dosa dan butuh bantuan bisa menghubungi kami di email: hi@generasihero.com.

No comments