Advertising

Breaking News

Waspadalah, 3 Roh Ini Bekerja “Lembur” di Akhir Zaman

Seperti firman-firman yang sering diberitakan oleh hamba Tuhan, akhir zaman memang semakin dekat. Kakekku berkata, “Sejak kakek masih sekolah minggu, khotbah mengenai akhir zaman yang sudah dekat itu sering diberitakan.” Kakek ku yang notabene sudah tua, telah mendengar kabar ini sejak ia masih kecil. Itu artinya, waktu kedatangan Tuhan yang kedua kalinya sudah lebih dekat lagi.

Iblis tidak akan menyia-nyiakan kesempatan ini begitu saja. Ia akan bekerja keras untuk menjerat orang-orang percaya. Oleh sebab itu kita wajib memasang kuda-kuda yang kuat serta waspada terhadap serangan Iblis tersebut. Alkitab mencatat ada beberapa roh yang bekerja lembur untuk menjauhkan kita dari Tuhan. Kira-kira roh apa saja? Simak informasi berikut ini.

Roh Izebel (Wahyu 2:18-21)


Peran roh izebel adalah untuk merusak setiap rumah tangga anak Allah (hubungan suami istri). Hal semacam ini dapat membuat hubungan suami istri akan hancur/bercerai. Yang jelas-jelas dilarang oleh Allah. Tidak hanya berdampak kepada kehidupan sang suami dan istri, perceraian juga berdampak kepada anggota keluarga tersebut, termasuk anak anak mereka. Kehilangan keluarga dapat membuat anak melarikan diri kepada pergaulan yang salah. Itulah sebabnya, pondasi yang kuat terhadap sebuah hubungan suami-istri sangat dibutuhkan.

Alkitab juga mencatatkan bahwa Roh Izebel merupakan roh penyembahan berhala dan roh perzinahan. Saat ini, dunia menawarkan banyak hal yang membuat kita nyaman (re: lengah) sehingga kita bisa saja melupakan Tuhan. Banyak anak-anak Tuhan yang lebih gemar menghabiskan waktunya dengan gadget daripada doa dan penyembahan. Kita sangat perlu untuk berhati-hati terhadap roh izebel ini.

Roh ini pun sudah masuk kedalam gereja-gereja dengan melumpuhkan semangat pelayanan anak-anak Tuhan dengan ketakutan dan intimidasi. Ya, Ia akan mengintimidasi kita dengan mengatakan “kamu tidak layak” dengan mengingatkan kita akan dosa-dosa di masa lalu. Jika iblis mulai melakukan hal itu (mengingatkan kamu akan masa lalumu), ingatkanlah dia (iblis) akan masa depannya, yaitu dalam neraka kekal.

Roh izebel juga adalah roh egois. Seringkali di dalam gereja, terjadi perpecahan karena keegoisan masing-masing pribadi. Roh ini juga yang membuat kita melayani dengan motivasi yang salah.

Roh Antikristus (1 Yoh 4:3)


Roh antikristus ini justru muncul dari anak-anak Tuhan sendiri yang tidak mengenal Yesus secara pribadi. Atau lebih cocok disebut Kristen KTP atau Kristen yang belum lahir baru. Kegiatan rohani dan aktivitas gereja hanya rutinitas belaka. Roh ini akan bekerja keras supaya kita meninggalkan iman kita. Hati-hati atas setiap berkat akhir-akhir ini. Iblis menawarkan sesuatu yang lebih besar yang mungkin dapat menyita perhatian dan waktu kita sehingga kita lupa terhadap Tuhan.

Roh Babel


Kamu tentu tahu saat Tuhan mengacau-balaukan Bahasa saat Menara babel dibangun. Saat itu, ada roh “aku” Atau “keakuan”. Jika keakuan kita lebih besar dari Tuhan, maka Tuhan akan semakin kecil dalam hidup kita. Yohanes 3: 30 mencatatkan “Ia harus makin besar, tetapi aku harus makin kecil.”

Keakuan juga sama dengan kesombongan. Tahukah kamu bahwa tidak ada orang mabuk yang sadar bahwa ia mabuk. Dosa ini kadang tidak bisa dikenali kapan munculnya. Hal ini baru disadari jika kita merendahkan diri dalam hadirat-Nya. Dan sekarang ini, kesombongan bahkan sudah sampai di dalam gereja. Dalam ranah pelayanan.

Roh babel ini juga akan menghasut setiap orang percaya lebih banyak melakukan aktivitas rohani dibandingkan memerhatikan kehidupan rohaninya sendiri. Banyak anak Tuhan yang lebih gemar memainkan alat musik daripada menyembah.

Mereka lebih gemar mendengar khotbah daripada memiliki saat teduh pribadi. Hal itu tidak lah salah. Namun berhati-hatilah dan waspadalah akan strategi roh babel. Kita harus bisa menempatkan apa yang utama dan apa yang pelengkap.

Lalu bagaimana kita mempertahankan iman kita saat roh-roh jahat menyerang? Efesus 6 :10-18. Gunakan perlengkapan senjata Allah.

Mari kita selalu waspada terhadap tipu muslihatnya. Jangan kendorkan semangat dalam mengiring Tuhan Yesus. Rajin membaca Firman dan tetap berdoa. Yakinlah bahwa Tuhan Yesus selalu menyertai kita. God bless you.

No comments