Advertising

Breaking News

3 Tips Berpakaian Ketika Pergi Ke Gereja

Perkembangan dunia fashion yang melesat begitu cepat memunculkan beragam model pakaian yang berkelas dan kekinian. Tak kaget bila saat ini semua orang berlomba-lomba untuk tampil nyentrik, khususnya bagi generasi millennial.

Senada dengan hal itu, bagaimana seharusnya kita (baca: orang Kristen) berpakaian ketika pergi ke Gereja? Apakah harus tampil trendi dan kekinian seperti orang-orang lainnya? Atau harus mengenakan baju mahal lengkap dengan perhiasan-perhiasan mewah? 3 Tips berikut ini akan menjawabnya.

Pilih Pakaian Yang Sopan


Tak sedikit anak-anak muda atau ibu-ibu zaman now yang datang beribadah ke Gereja dengan mengenakan kaos, rok mini bahkan hot pants. Alih-alih ingin tampil trendi, hal ini malah menciptakan stigma buruk masyarkat terhadap orang-orang Kristen. Walau tidak semua orang Kristen seperti ini, namun saya rasa jumlahnya juga tidak sedikit.

Dengan cap kurang sopan yang disandangkan masyarakat, bagaimana mungkin  kita dapat memberkati mereka dan menjangkau hati mereka untuk mengenal Tuhan? Tentu sangat sulit sekali.

Heroes, cantik sejatinya tidak identik dengan pakaian yang terbuka alias “kurang bahan”. Cantik yang sesungguhnya justru berasal dari dalam hatimu (Timotius 2 : 9-10).

Gunakan pakaian yang sopan agar ibadahmu menjadi lebih hikmat dan tidak mengganggu orang lain. Perlu diingat, fokus utama kita ketika pergi ke Gereja adalah ibadah. Jadi jadikanlah Tuhan sebagai pusat perhatianmu, bukan dirimu atau orang lain. Ketika menggunakan baju yang sopan, kamu juga sudah menguduskan tubuhmu, seperti yang tertulis pada Roma 12 : 1 “Karena itu, saudara-saudara, demi kemurahan Allah aku menasihatkan kamu, supaya kamu mempersembahkan tubuhmu sebagai persembahan yang hidup, yang kudus dan yang berkenan kepada Allah: itu adalah ibadahmu yang sejati.”

Jangan Berlebihan Menggunakan Perhiasan ataupun Aksesori


Menggunakan perhiasan bukanlah hal yang salah. Beberapa orang memang menggunakan perhiasan untuk menambah rasa percaya diri mereka. Namun, jika dikenakan terlalu banyak hal ini akan menimbulkan kesan yang aneh atau bahkan dipandang sebagai tindakan sombong.

Pilihlah Pakaian Yang Nyaman Bukan Mewah ataupun Trendi


Pakaian yang mewah belum tentu nyaman untuk digunakan. Ketidaknyamanan yang kamu rasakan ketika mengenakan pakaian tentu akan mengganggu proses ibadahmu kepada Tuhan, sehingga kamu akan kehilangan momen-momen berharga dengan-Nya. Jadi pastikan kamu mengenakan pakaian yang nyaman untuk dikenakan bukan yang mahal ataupun yang sedang hits saat ini.

No comments