Advertising

Breaking News

5 Tips Menghadapi Badai Masalah

Masalah bak bumbu penyedap dalam hidup ini. Tanpa masalah hidup terasa hambar, layaknya semangkuk soup tanpa garam. Meski begitu, anggapan tersebut sangatlah kontradiktif dengan beberapa orang yang memandang masalah sebagai ‘momok menakutkan’. Padahal faktanya, setiap orang tidak lepas dari sebuah masalah.

Ada dua pilihan yang tersedia, yang pertama adalah menghadapi masalah dan yang kedua adalah lari dari masalah. Sebagai anak Tuhan yang telah dibekali kekuatan ‘super’ dan perlengkapan senjata Allah, kita tidak dianjurkan untuk menjadi seorang pengecut. Kita harus berani menghadapi sebuah masalah dan menyelesaikannya sampai tuntas! Nah, buat kamu yang tengah menghadapi masalah, berikut adalah 5 tips menghadapinya.

Andalkan Tuhan Yesus


Andalkan-Yesus

Banyak orang yang kalah dari masalah karena mereka mengandalkan kemampuannya sendiri. Kamu tidak mampu melakukan apapun tanpa bantuan dari Tuhan. Tanpa Dia kamu cuma butiran debu, atau butiran Rinso. Oleh sebab itu, wajib hukumnya untuk selalu mengandalkan Tuhan Yesus di semua aspek kehidupan-mu.

Ingat, Daud berhasil menang dari Goliath karena dia mengandalkan kuasa Tuhan bukan kuasa dirinya sendiri, begitupun dengan Daniel yang bebas dari terkaman Singa karena Dia mengandalkan kuasa Tuhan. Masalah sekecil apapun akan terasa sangat berat jika kamu mengandalkan dirimu sendiri. Tetapi masalah sebesar apapun akan terasa sangat ringan jika kamu menghadapinya bersama dengan Tuhan.

Selalu Bersyukur


bersyukur

Ketika keadaan hidup baik-baik saja, bersyukur bukanlah hal yang sulit untuk dilakukan. Namun, Alkitab menganjurkan kita untuk selalu bersyukur, meski keadaan memaksa kita untuk tidak melakukannya. Mengapa? Sebab kebaikan dan kasih Tuhan tidak sebanding dengan masalah yang ada. 

Miliki Iman Yang Kuat


Iman tidak dapat diukur dengan mata jasmani. Iman bicara soal hati. Dan hanya kamulah yang mengerti seberapa besar imanmu kepada Tuhan. Seorang yang rajin pergi ke gereja belum tentu memiliki iman yang besar.

Dalam hal iman, Tuhan Yesus telah memberikan perumpaan bahwa jika kita memiliki iman sebesar biji sesawi kita dapat memindahkan gunung. Bayangkan jika kita memiliki iman sebesar biji durian apa yang dapat kita lakukan? Iman berbicara tentang sebuah keyakinan. Jika kamu yakin bahwa Tuhan selalu ada untukmu, masalah sebesar apapun tidak akan mampu menjauhkan-mu dari-Nya.

Temukan Kekuatan Melalui Firman Tuhan


membaca-alkitab

Ketika menghadapi sebuah masalah kita membutuhkan pengharapan dan kekuatan baru. Banyak cara untuk mendapatkan kekuatan dari-Nya, salah satunya adalah dengan membaca buku paling suci yang Dia wahyukan, tak lain dan tak bukan adalah Alkitab. Ya! Alkitab menyimpan beragam kata-kata penuh makna yang akan memotivasi hidup kita menjadi lebih berkualitas dari sebelumnya. Sebelumnya, Generasihero juga telah menulis ayat-ayat Alkitab yang dapat memberikan kekuatan ketika badai hidup menerpa.

Hadapi! Bukannya Lari!


Tak sedikit orang yang lari dari masalah. Mereka beranggapan bahwa masalah akan hilang jika mereka berhasil menjauh dari masalah yang ada. Bukannya hilang, masalah yang dihadapi justru semakin kacau. Tak cuma itu saja, ketika kamu lari dari masalah, besar potensi masalah yang sama akan datang di masa yang akan datang bahkan lebih rumit dan lebih besar dari sebelumnya. Untuk itu, jangan lari dari masalah. Hadapilah!

Bonus : Bekerjasama lah dan Saling Tolong Menolong


Manusia diciptakan sebagai mahluk sosial, dimana kita harus saling mambantu dan berdampak bagi orang lain. Seperti yang ditunjukan video dibawah ini. Bahwa kebaikan kecil yang kita lakukan akan berbuah besar di masa yang akan datang.

No comments